Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Abbasiyah, Safawi Dan Mughal

BAB I
PENDAHULUAN
  1. LATARBELAKANG MASALAH
            Awal kekuasaan dinasti Abbas ditandai dengan pembangkangan yang dilakukan oleh dinasti Ummayyah di Andalusia(Spanyol). Di satu sisi, al-Rahman bargelar sebagai Amir(jabatan kepala wilayah saat itu), sedangkan di sisi yang lain, ia tidak tunduk pada khalifah yang ada di Baghdad. Perkembangan al-rahman terhadap bani Abbas menyerupai dengan pembangkangan yang dilakukan oleh Muawiyah terhadap Ali bin Abi thalib
Awal kekuasaan dinasti Abbas ditandai dengan pembangkangan yang dilakukan oleh dinasti Umm Makalah Abbasiyah, Safawi dan mughal
http://fahrizal91.blogspot.co.id/
            Tiga kerajaan besar yaitu kerajaan Turki Usmani yang dibuat dan dipimpin yang pertama sekali oleh Usman Ibn Erthogrol(usman I). Turki Usmani berkuasa sekitar 7 era dengan 37 sultan. Dinasti Safawi berjalan tidak stabil lantaran serangan dari Mongol dan campurtangan Turki. http://fahrizal91.blogspot.co.id/ Oleh lantaran itu, kelompok yang tidak puas mencoba mengubah contoh kekuasaan dengan melaksanakan gerakan-gerakan. Salah satunya yaitu gerakantarekat  Safawiyah. Setelah meninggal Zahirudin Babur sebagai raja bugal, jabatannya digantikan oleh anaknya Nasyirudin Humayun dan pada zamannya(1556-1605) dinasti Mugal mencapai puncak kejayaan.

  1. RUMUSAN MASALAH
1)      Kapankah dinasti Abbsiah berdiri? Dan apa saja perkembangan umat Islam pada masa itu?
2)      Bagaimanakah sejarah berdirinya kerajaan islam Turki Usmani,Safawi, dan Mugal? Dan bagaimanakah sejarah kejayaan dan kemunduran dari tiap kerajaan itu masing-masing?

  1. MANFAAT PENULISAN
1)      Untuk mengetahui sejarah berdiri dan perkembangan umat islam pada masa dinasti Abbasiah.
2)      Untuk mengetahui sejarah berdiri, dan puncak kejayaan serta kemunduran dari kerajaan islam Turki Usmani, Safawi, dan Mugal.
  
BAB II
PEMBAHASAN
  1. DINASTI BANI ABBASIAH
  1. AWAL BERDIRINYA BANI ABBASIAH
Kekuasaan dinasti bani Abbasiah yaitu melanjutkan kekuasaan dinasti bani Ummayyah. Dinamakan dengan daulah Abbasiah lantaran para pendiri dan penguasa dinasti ini yaitu keturunan Abbas paman Nabi Muhammad SAW. Dinasti ini didirikan oleh Abdullah al-Saffah. Dia dilahirkan di Humaimah pada tahun 104 H. Dia dilantik menjadi khalifaah pada tanggal 3 Rabiul Awal 132 H. Kekuasaan dinasti Abbasiah berlangsung dari tahun 750-1258 M.[1]

  1. PENDIRIAN DAN KEMAJUAN DINASTI ABBASIAH
Abu al-Abbas al-Saffah (750-754 M.) yaitu pendiri dinasti bani Abbas. Akan tetapi, lantaran kekuasaannya sangat singkat, bubuk ja’far al-Mansur yang banyak berjasa dalam membangun pemerintah dinasti bani Abbas. Pada tahun 762 M, Abu Mansur memindahkan ibukota dari Damaskus ke Hasyimiah, kemudian di pndahkan lagi ke baghdad akrab dengan ibukota Persia. Oleh lantaran itu, ibukota pemerintahan dinasti bani abbas berada di tengah-tengah bangsa persia.[2]
  1. PERKEMBANGAN ILMU AGAMA
a.       Kalam Mu’tazilah
Pada zaman dinasti Abbasiyah fase imbas persia pertama, aliran Mu’tazilah yang dirintis oleh Ibn Atha pada zaman Umayyah diteruskan oleh murid-muridnya dan dikembangkan. Tokoh Mu’tazilah kedua yaitu Amr Ibn Ubaid(699-757 M.)
b.      Hadis dan Fiqih: Abu Hanifah, Malik, dan al-Syafi’i
Diantara ulama yang lahir pada zaman Ummayyah dan meninggal pada zaman Abbasiah yaitu Abu Hanifah(80-150 H.). Tidak berbeda dengan pemerintahan bani umayyah, bani Abbas juga melaksanakan kekerasan terhadap al-Bayt, menyerupai tidakan yang dilakukan oleh al-Mansur terhadap Zakiah. http://fahrizal91.blogspot.co.id/ Abu Hanifah diminta oleh al-Mansur untuk menjadi hakim, namun ia menulak tawaran tersebut dan jadinya ia dipenjara dan dicambuk, dan meninggal pada tahun 150 H, karya yang dinisbahkan kepadanya yaitu al-Fiqh al-Akbar.[3]
  1. KEMUNDURAN DINASTI BANI ABBASIAH (850-1194 M.)
a.       Perpecahan Internal
Kemunduran dinasti bani Abbas ditandai dengan adanya pertikaian internal Dinasti Abbas. Sebelum meninggal Harun al-Rasyid telah menyiapkan dua anaknya yang menjadi putra mahkota untuk menjadi khalifah al-Amin dan al-Mu’min. Al-Amin diberi hadiah berupa wilayah belahan Barat, sedangkan Al-Mu’min diberi hadiah berupa wilayah belahan Timur. Setelah Harun al-Rasyid meninggal (809 M), al- Amin putra mahkota tertua, tidak bersedia membagi daerahnya dengan al-Mu’min. Oleh lantaran itu, pertempuran dua saudarapun dimulai yang jadinya dimenangkan oleh al-Mu’min. Setelah perang usai, al-Mu’min berusaha untuk menyatukan kembali wilayah dinasti bani Abbasiah. Untuk keprluan itu, ia didukung oleh Tahir(panglima militer), sebagai imbalannya ia diankat sebagai panglima tertinggi tentara bani Abbasiah. Juga sebagai gubernur Khurasan (820-822 M.). Kemudian Al-Mu’min digantikan oleh al-Mu’tashim (833-842 M.) pengganti berikutnya yaitu al-Wasiq (842-847 M,) dan al-Mutawakkil (847-861 M).[4]
  1. TIGA KERAJAAN BESAR
  1. TURKI USMANI DI ISTANBUL HINGGA MUSTAFA KEMAL
Dinasti Usmani berasal dari suku Qayigh Aghuz yang dipimpin oleh Sulaiman Syah. Untuk menghindari serangan dari Mogol, maka mereka pindah ke Syam. Sulaiman Syah dan pasukannya mengalami musibah, yaitu hanyit di sungai Efrat lantaran banjir bandang (1228 M). Kecelakaan itu mengakibatkan suku tersebut terpecah menjadi dua bagian. Kelompok yang melanjutkan perjalanan di pimpin oleh anak Sulaiman Syah yaitu Erthogol Ibn Sulaiman Syah, dan sebagiannya lagi kembali kedaerah asalnya. Erthogrol dan pengikutnya kemudian bergabung dengan sultan Ala’ al-Din II. Al-hasil mereke berhasil memetahkan serangan Bizantium. Sultan memberi hadiah kepada Erthogrol yaitu sogud (wilayah yang berbatasan dengan Bizantium). [5] Setelah Erthogrol meninggal, ia digantikan oleh anaknya Usman yang dikenal dengan Usman I.
a.       Kemajuan Ilmu Pengetahuan
Dalam menjalankan pemerintahan, pemerintah Turki Usmani memakai dua gelar sekaligus: khalifah dan sultan. Khalifah sebagai simbol penguasa duniawi dan sultan yaitu simbol penguasa spiritual (agama)[6]. Secarac praktis, pimimpin Turki Usmani mempunyai dua pembantu utama: pertama,mufti atau syakh al-Islam yang berwenang mewakili pemimpin Turki Usmani dalam melaksanakan wewenang spiritual; dan kedua, shadhr al-A’zham (perdana menteri) yang berwenang mewakili pemimpin Turki Usmani dalam melaksanakan wewenang duniawi.
b.      Pembaharuan di Turki Usmani
Kekalahan militer Turki Usmani di Lepanto (1571 M) dan kegagalan dalam menaklukkan Wina (1683 M) merupakan tanda pergeseran kekuatan. Militer kristen di Eropa lebih berpengaruh dibandingkan dengan militer Turki Usmani. Perjajian Kucuk Kaynarca (1774 M) memperkuat dugaan bahwa militer, teknologi, dan manajemen Eropa lebih maju dibandingkan dengan Turki Usmani. Solusi yang harus ditempuh yaitu Turki harus mengadopsi kemajuan yang telah dicapai Eropa. Yang kemudian melahirkan gerakan pembaharuan di Turki.
  1. DINASTI SAFAWI(1501-1732) DI PERSIA HINGGA KHUMAINI
Nabi Muhammad SAW. Telah mengirim surat kepada Raja Kisra dari dinasti Sasan di Persia (8H/630 M). Islam masuk ke Persia pada zaman khalifah Abu Bakar dan berhasil menaklukkan Qadisiah, ibu kota dinasti Sasan melalui Persia, tentara islam melanjutkan penaklukan lagi ke India. Dinasti Umayyah kemudian menaklukkan wilayah –wilayah di Persia sehingga luas daerahnya hampir menyamai wilayah raja Persia yang sebelumnya ditaklukkan Iskandar Agung.
a.       Pendirian Dinasti Safawi
Safi al-Din (pendiri tarekat Safawiyah) berdasarkan satu riwayat keturunan Musa al-Kazmi, imam ketujuh Syi’ah Itsna ‘Asyariah. Tarekat ini mengubah gerakan keagamaan menjadi gerakanpolitik. Gerakan politik yang pertama dilakukan oleh Isma’il Ibn Haidar (1501 M) dengan menaklukkan Anatolia(ketika itu berada dibawah kekuasaan Qara Qayunlu dan Aq Qayunlu dari Turki). Isma’il Ibn Haidar (Isma’il I) yaitu khalifah pertama dinasti Safawi. Isma’il mengklaim dirinya sebagai titisan para imam Syi’ah, [7]
b.      Kemajuan Dinasti Safawi
Safawiah mengakibatkan Syi’ah sebagai mazhab resmi negara. Pada zaman Khudabanda (1666 M) Isfahan mempunyai 162 masid, 48 perguruan, 162 caravansaris, dan 273 tempat pemandian umum yang hampir seluruhnya didirikan oleh Abbas I dan penggantinya Abbas II.[8]
c.       Kemunduran dan Akhir Dinasti Safawiah
Setelah Abbas I, dinasti Safawi mengalami kemunduran. Sulaiman, pengganti Abbas I, melaksanakan penindasan dan pemerasan terhadap ulama sunni dan memaksakan pedoman Syi’ah kepada mereka. Tindasan semakin parah terjadi pada masa sultan Husain pengganti Sulaiman[9]. Penduduk Afgan(bagian dari Iran) dipaksa untuk memeluk Syi’ah dan ditindas. Penindasan ini melahirkan pemberontakan yang dipimpin oleh Mahmud Khan(Amir Kandahar) sehingga berhasil menguasai Herat, Masyhad, dan kemudian merebut isfahan (1772 M). Setelah itu, Safawi diserang Turki Usmani dan Rusia. Wilayah Armenia dan wilayah Azerbaijan direbut oleh Turki Usmani. Sedangkan wilayah propinsi bahari Kaspia di Jilan Mazandaran, dan Asterabad direbut oleh Rusia.

d.      Khumaini:Revolusi 1979
Revolusi 1979 merupakan selesai dinasti Pahlevi dan melahirkan pemimpin Iran baru,yaitu Khumaini, ulama kharismatik, yang mengakibatkan Iran menganut sistem republik dan islam Syi’ah sebagai agama negara. Khumaini berjasa dalam membentuk negara republik Islam Iran dengan Syi’ah sebagai mazhab negara[10].
  1. DINASTI MUGAL DI INDIA HINGGA TERBENTUKNYA BANGLADES
a.       Berdirinya Dinasti Mugal (1526-1857 M)
Ibrahim Lodi (cucu sultan Lodi), sultan Delhi terakhir, memenjarakan sejumlah aristokrat yang menentangnya. Hal itu memicu pertempuran antara Ibrahim Lodi dengan Zahiruddin Babur(cucu Timur Lenk) di Panipazh (1526 M). Ibrahim terbunuh dan kekuasaannya dipegang oleh Babur, semenjak itulah dinasti Mugal di India, dan Delhi dijadijan ibu kota.[11]
Setelah mninggal, Zahiruddin diganti oleh anaknya, Nashrudin Humayun (1530-1556 M) kemudian diganti oleh anaknya, Akbar Khan (1556-1605 M). Pada zamannya dinasti Mugal mencapai puncak kejayaan.
b.      Hubungan Hindu-Islam dan Respon Umat Islam terhadap Kekuasaan Inggris
Pada zaman penjajahan Inggris, India terdapat dua partai politik besar: partai Kongres yang dipimpin oleh Jawaharlal Nehru.anggota partai ini terdiri atas orang-orang Hindu dan Muslim; dan Liga Musalim India, partai yang dibenruk untuk mewadahi bunyi umat islam. Dua partai ini tidak pernah satu visi lantaran kepentingan yang berbeda.
Pada tahun 1857 M, terjadi revolusi multiny, puncak perkawanan islam terhadap inggris. Revolusi ini dipicu oleh perilaku inggris yang tidak menyertakan Islam dan Hindu dalam parlemen. Revolusi ini kemudian mendorong Inggris untuk merangkul umat Hindu dan mengucilkan umat islsm.
c.       Negara Bangladehs 91971 M)
Umat Islam sudah menginjakkan kakinya di Bengal pada tahun 711 M. Pemerintah(dinastu) Islam yang menguasai Bengak yaitu Mahmud Gaznawi (1001 M). Kemudian kesultanan Bengal dikuasai oleh Delhi. Pada tahun 1341 M Bengal melepaskan diri dari Delhi. Dan menyatakan merdeka dibawah pimpinan Syamsudin Ilyas. Akan tetapi, kemudiaan Bengal dikuasai oleh Inggris (1747 M). Ketika merdeka dari Inggris, Bengal disatukan dengan Pakistan.


BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Dinasti Abbasiah didirikan oleh Abdullah al-Saffah. Dia dilahirkan di Humaimah pada tahun 104 H. Dan puncak kejayaannya berada pada masa Harun al-Rasyid.
Dinasti Usmani berasal dari suku Qayigh Aghuz yang dipimpin oleh Sulaiman Syah. Dinasti ini populer dibawah pimpinan Usman(cucu Sulaiman Syah).
Dinasti safawi didirikan oleh Safi al-Din, dan Isma’il Ibn Haidar sebagai khalifah pertama. Dan masa kejayaan dicapai pada masa Abbas I dan Abbas II.
Zahiruddin Babur yaitu Raja pertama Mogul dan masa keemasan mereka dicapai pada masa kekuasaan cucunya Akbar Khan(1556-1605 M).
B.     SARAN
Ilmu sejarah memang sulit kita ketahui perihal kevalitannya. Untuk mengetahui perihal kebenaran dalam sebuah sejarah kita haruslah mecarinya secara mendetail, oleh lantaran itu, makalah ini masih jauh dari kesempurnaannya, maka penulis sangat mengharapkan kritikan yang berupa embel-embel dan sifatnya membangun untuk kesempurnaan dimasa yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA
Mubarok,Jaih. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005.
Suwiro, Sejarah Sosial Pendidikan. Jakarta : Kencana, 2008.
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2004.
Supriyadi. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: 2008.




[1]Badri Yatim, sejarah Peradaban Islam, (Bandung: Pustaka Setia), h. 98  
[2] Jaih Mubarok, Sejarah Peradaban Islam, (Bandung:  Bani Quraisy,  2005), h. 118               
[3] Ibid, h. 122
[4]Ibit, h. 126
[5] Suwiro, Sejarah Sosial Pendidikan, (Jakarta: Kencana,2008) h. 142
[6]Ibit, h. 147
[7]Dedi Supriyadi, Sejarah Paradaban Islam, (Bandung: Pustaka Setia) h. 128
[8] Suwiro, op, cit.. h 157.
[9] Badri Yatim, op, cit.. h 211
[10]Jaih Mubarok, op,cit.. h 208
[11]Ibit, h 210 

Posting Komentar untuk "Makalah Abbasiyah, Safawi Dan Mughal"