Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Acara Belajar

Jenis-jenis acara siswa yaitu meningkatkan jumlah siswa yang terlibat aktif belajar, meningkatkan jumlah siswa yang bertanya dan menjawab, meningkatkan jumlah siswa yang saling berinteraksi membahas bahan pembelajaran.
Beberapa acara mencar ilmu berdasarkan Djamarah (2000: 8) sebagai berikut:

a. Mendengar

Mendengar yaitu salah satu acara belajar. Setiap orang yang mencar ilmu disekolah niscaya ada acara mendengar. Ketika seorang guru memakai metode ceramah, maka setiap siswa diharuskan
mendengarkan apa yang guru sampaikan.

b. Membaca

Aktivitas membaca yaitu acara yang paling banyak dilakukan selama mencar ilmu disekolah atau diperguruan tinggi, membaca disini tidak mesti membaca buku belaka, tetapi juga membaca majalah, dan lain-lain.

c. Menulis atau Mencatat

Menulis atau mencatat merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari acara belajar. Dalam pendidikan tradisional kegiatan mencatat merupakan acara yang sering dilakukan. Walaupun pada waktu tertentu seseorang harus mendengarkan isi ceramah, namun ia tidak sanggup mengabaikan duduk kasus mencatat hal-hal yang dianggap penting.

d. Memandang

Memandang yaitu mengarahkan penglihatan kesuatu objek. Aktivitas memandang bekerjasama dekat dengan mata alasannya dalam memandang itu matalah yang memegang peraran penting. Tanpa mata mustahil terjadi acara memandang sanggup dilakukan.

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Acara Belajar"