Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laboratorium Ipa

A. Latar Belakang
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan yang telah diperbaharui dengan PP Nomor 13 Tahun 2015 wacana Perubahan Kedua PP Nomor 19 Tahun 2005 mensyaratkan setiap sekolah mempunyai ruang laboratorium. Selanjutnya dipersyaratkan bahwa tenaga kependidikan di setiap sekolah sekurang-kurangnya terdiri atas kepala sekolah/madrasah, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga kebersihan sekolah/madrasah.
Laboratorium ialah merupakan suatu daerah melaksanakan percobaan dan penyelidikan. Tempat yang dimaksudkan sanggup merupakan suatu ruangan tertutup, kamar atau ruangan terbuka, kebun misalnya. Secara terbatas, laboratorium sanggup dipandang sebagai suatu ruangan yang tertutup dimana suatu percobaan dan penyelidikan dilakukan (Depdikbud, 1997). Umumnya ruangan dalam hal ini ialah daerah berlangsungnya acara pembelajaran secara praktik yang memerlukan peralatan khusus yang tidak gampang dihadirkan di ruang kelas.
Salah satu laboratorium yang dipersyaratkan dalam standar sarana dan prasarana SMP/MTs secara eksplisit disebutkan Laboratorium IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 wacana Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) pada bab lampiran mengatur bahwa sebuah SMP/MTs sekurang-kurangnya mempunyai ruang laboratorium IPA.
Laboratorium IPA merupakan salah satu akomodasi sekolah daerah guru dan penerima didik melaksanakan acara pembelajaran IPA melalui praktikum. Kegiatan ini sangat penting untuk menyebarkan pendekatan saintifik sesuai dengan Kurikulum 2013. Laboratorium IPA juga mempunyai peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan alam yang berkembang sangat pesat dikala ini sebagai modal untuk menyebarkan kompetensi penerima didik dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Dengan demikian, laboratorium IPA mempunyai tugas yang sangat strategis dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan proses berguru mengajar (PBM) IPA dengan melalui pelaksanaan acara praktikum untuk mewujudkan tujuan pendidikan yakni pribadi yang utuh yang memahami dan terampil.

Dwonload Lengkap : Panduan Laboratorium IPA


Sumber http://prakarya-indramayu.blogspot.com

Posting Komentar untuk "Laboratorium Ipa"