Glosary Supervisi Akademik
ISTILAH | MAKNA |
Analytical Observer Teacher | Dimaknai dengan guru yang mempunyai abstaksi tinggi tetepi komitmenya rendah |
Antisipatif, | artinya bisa menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi. |
Berkesinambungan | (supervisi akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh Kepala sekolah). |
classroom-conference | yaitu percakapan individual yang dilaksanakan di dalam kelas dikala murid-murid sedang meninggalkan kelas (istirahat). |
causal-conference | Yaitu percakapan individual yang bersifat informal, yang dilaksanakan secara kebetulan bertemu dengan guru |
Demokratis, | artinya supervisor dihentikan mendominasi pelaksanaan supervisi akademik |
Dimensi | |
Direktif | Pendekatan direktif itu yaitu Suatu kegiatan yang dilaksanakan secara teratur dan terpola pada setiap induvidu maupun kelompok dan apabila tidak dilaksanakan akan menerima sanksi. |
Drop-out Teacher | Dimaknai dengan tipe guru dengan kwadran abstraksi rendah dan komitmen juga rendah |
Humanis | artinya bisa membuat hubungan kemanusiaan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh humor |
Kompeten | adalah ketrampilan yang diharapkan seseorang yang ditunjukkan oleh kemampuannya untuk dengan konsisten menawarkan tingkat kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan spesifik |
Kreatif dan Inovatif | Kreatif dan inovatif yaitu karakteristik personal yang terpatri berpengaruh dalam diri seorang wirausaha sejati. |
Kolaboratif | Kolaborasi adalah bentuk kerjasama, interaksi, kompromi beberapa elemen yang terkait baik individu, forum dan atau pihak-pihak yang terlibat secara eksklusif dan tidak eksklusif yang mendapatkan akhir dan manfaat |
Konstruktif | artinya menyebarkan kreativitas dan penemuan guru dalam menyebarkan proses pembelajaran |
Kooperatif | artinya ada kolaborasi yang baik antara supervisor dan guru dalam menyebarkan pembelajaran. |
Kekeluargaan | artinya mempertimbangkan saling asah, asih, dan asuh dalam menyebarkan pembelajaran. |
observational visitation | Yaitu percakapan individual yang dilaksanakan sesudah supervisor melaksanakan kunjungan kelas atau observasi kelas. |
office-conference | Yaitu percakapan individual yang dilaksanakan di ruang kepala sekolah atau ruang guru, di mana sudah dilengkapi dengan alat-alat bantu yang sanggup dipakai untuk menawarkan klarifikasi pada guru. |
Objektif, | artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen. |
Professional Teacher | Dimaknai guru dengan kemampuan abstarksi tinggi dan mempunyai komitmen tinggi |
Praktis, | artinya gampang dikerjakan sesuai kondisi sekolah. |
Refleksi | Kilas balik dari suatu proses pembelajaran dikaitkan dengan pengalaman dirinya terhadap kiprah yang sudah dilakukan. |
Realistis, | artinya menurut kenyataan sebenarnya. |
Sistematis, | artinya dikembangan sesuai perencanaan aktivitas supervisi yang matang dan tujuan pembelajaran |
Terpadu, | artinya menyatu dengan dengan aktivitas pendidikan. |
Unfocused Teacher | Dimaknai guru yang memilki komitmen tinggidan abstraksi rendah |
Sumber http://prakarya-indramayu.blogspot.com
Posting Komentar untuk "Glosary Supervisi Akademik"