Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Jejak Pendidikan- Prestasi berguru yang sanggup dicapai oleh seseorang sanggup dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu faktor utama kemampuan yang dimilikinya. Faktor kemampuan besar sekali pengaruhnya terhadap prestasi berguru yang dicapai. Hal ini menyerupai yang dikatakan oleh Clark bahwa hasil belajar peserta didik di sekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan penerima didik dan 30% dipengaruhi oleh lingkungannya.

Dilihat dari pendapat tersebut dapat kita ketahui bahwa faktor dari dalam seseorang lebih banyak berpengaruh terhadap sebuah pencapaian prestasi dibandingkan dengan faktor yang dating dari luar.

Motivasi belajar, minat dan perhatian, perilaku dan kebiasaan belajar, ketekunan, faktor fisik dan psikis juga menjadi faktor yang berpengaruh pada prestasi berguru seseorang. Beberapa faktor tersebut juga menjadi perhatian para jago pendidikan untuk diteliti, hingga sejauh mana pengaruh yang diberikan dari faktor-faktor tersebut pada prestasi berguru seseorang. Prestasi berguru yang sanggup diraih juga tergantung pada keadaan lingkungan sekitar. Artinya masih ada faktor lain yang berada diluar diri. 


seseorang tersebut yang sanggup memilih dan mensugesti prestasi belajar yang dicapai. Salah satu lingkungan berguru yang paling dominan mempengaruhi prestasi berguru pada forum pendidikan pendidikan adalah kualitas pembelajaran.

Kualitas pembelajaran ialah tinggi rendahnya proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tinggi rendahnya suatuproses berguru mengajar sanggup dipengaruhi oleh banyak hal seperti bagaimana seorang pendidik memberikan bahan pada penerima didiknya. Seorang pendidik dengan sejuta cara atau metode mengajar akan menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik, alasannya pendidik yang kreatif akan mendpatkan perhatian dari penerima didiknya.

Pendapat ini sejalan dengan teori berguru di sekolah (Theory of school learning) dari Bloom yang menyatakan ada tiga variabel utama dalam teori belajar disekolah yaitu karakteristik individu, kualitas pembelajaran, dan hasil berguru penerima didik.

Sedangkan Caroll beropini bahwa prestasi belajar yang dicapai penerima didik dipengaruhi oleh lima faktor yaitu bakat belajar, waktu yang tersedia untuk belajar, waktu yang dipergunakan siswa untuk menjelaskan pelajaran, kemampuan individu, dan kualitas pembelajaran. Empat faktor yang pertama berkenaan dengan kemampuan individu dan faktor yang terakhir ialah faktor diluar individu. Kedua faktor diatas memiliki korelasi lurus dengan prestasi belajar seseorang. Artinya semakin tinggi kemampuan seseorang dan kualitas pembelajaran maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang akan diraih.


Rujukan:
  1. Benyamin Bloom sebagaimana dikutip oleh Nanan Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2000).
  2. Caroll sebagaimana dikutip oleh Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2000).

Posting Komentar untuk "Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar"