Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Berguru Ii

Jejak Pendidikan- faktor guru, kualitas pembelajaran juga dipengaruhi oleh karakteristik kelas antara lain:

a. Besarnya Kelas
Banyak sedikitnya jumlah penerima didik yang belajar di dalam kelas. Ukuran yang biasa digunakan yaitu ratio guru dengan peserta didik. Pada umumnya digunakan ratio 1:40, artinya satu orang pendidik mengajari 40 penerima didik. Semakin banyak jumlah penerima didik yang harus diajar seorang pendidik dalam satu kelas maka semakin rendah kualitas pembelajaran yang dihasilkan, demikian pula sebaliknya.

b. Suasana Belajar
Suasana berguru yang demokratis akan menunjukkan peluang mencapai prestasi berguru yang optimal, dibandingkan dengan suasan belajar yang kaku, disiplin yang ketat dengan otoritas ada pada pendidik. Seorang pendidik harus memberi kesempatan pada peserta didiknya untuk menunjukkan komentar atau tawaran wacana pelajaran yang sedang berlangsung. Kaprikornus bukan hanya pendidik yang mengajar tapi penerima didik juga bisa saling mengajar antara satu dengan yang lainnya. Peserta didik juga akan merasa bahwa dirinya dianggap mampu dalam berargumen wacana bahan pembelajaran yang sedang berlangsung.

c. Fasilitas dan Sumber Belajar
Banyak kita jumpai bahwa guru merupakan satu-satunya sumber belajar di dalam kelas, sehingga suasana ibarat itu kurang menunjang kualitas pembelajaran, sehingga prestasi berguru yang dicapai tidak maksimal.

Selain dari beberapa faktor di atas, kualitas pembelajaran juga dipengaruhi oleh karakteristik forum pendidikan tersebut. Karakteristik tersebut berkaitan dengan disiplin, perpustakaan yang tersedia dengan buku-buku yang memadai, letak geografis, lingkungan lembaga pendidikan, estetika dalam arti forum pendidikan memberikan rasa nyaman, kepuasan belajar, bersih, rapi, dan teratur.

Melihat pemaparan di atas sanggup kita ambil kesimpulan bahwa setidaknya ada tiga poin penting dalam kualitas berguru yang dapat mempengaruhi prestasi berguru seseorang, antar lain kompetensi guru (pendidik), karakteristik kelas, dan karakteristik sekolah (lembaga pendidikan).

Posting Komentar untuk "Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Berguru Ii"