Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efektivitas Dalam Pembelajaran

Jejak Pendidikan- Efektifitas dalam suatu pembelajaran merupakan tugas penting dalam proses pembelajaran. Menurut Mohamad Jauhar, pembelajaran sanggup dikatankan efektif (effective berhasil guna) jikalau mencapai target atau minimal mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Di samping itu, juga penting yaitu banyaknya pengalaman dan hal gres yang “didapat” siswa. Guru pun diharapkan memperoleh “pengalaman baru” sebagai hasil interaksi dua arah dengan siswanya.
 dalam suatu pembelajaran merupakan tugas penting dalam proses pembelajaran  Efektivitas dalam Pembelajaran

Untuk mengetahui keefektifan sebuah proses pembelajaran, maka pada setiap final pembelajaran perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi yang dimaksud disini bukan sekedar tes untuk siswa, tetapi semacam refleksi, perenungan yang dilakuakan oleh guru dan siswa, serta didukung oleh data catatan guru. Hal ini sejalan dengan kebijakan penilaian berbasis kelas atau penilaian authentic yang lebih menekankan pada penilaian proses selain penilaian hasil belajar. Di satu sisi guru menjadi pengajar yang efektif karena:
  1. Menguasi bahan yang diajarkan
  2. Mengajar dan mengarahkan dengan memberi contoh.
  3. Mengharagai siswa dan memotivasi siswa. Disisi lain, siswa menjadi pembelajar yang efektif dalam arti:
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan atau kompetensi yang diperlukan.
  • Mendapat pengalaman yang gres yang berharga.

Rujukan:
  1. Umi Fatonah, Efektifitas Pembelajaran PAI pada aktivitas kelas akselerasi di SMUN 8 Yogyakarta, (Skripsi Fakultas Tarbiyah UIN Suka, 2003),
  2. Mohamad Jauhar, Implementasi Paikem; Pembelajaran Aktif, (Jakarta: Prestasi Pustaka Karya, 2011).

Posting Komentar untuk "Efektivitas Dalam Pembelajaran"