Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bidang Bimbingan Belajar

Jejak PendidikanMenurut Prayitno (2004: 65) Kegiatan bimbingan dan konseling secara keseluruhan meliputi empat bidang yaitu bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan berguru dan bimbingan karier. Penelitian ini membahas kemandirian berguru siswa yang menyangkut pada layanan bimbingan dan konseling pada bimbingan belajar. Bimbingan berguru yaitu bidang pelayanan yang membantu penerima didik menyebarkan kemampuan berguru dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah dan berguru secara mandiri.

Layanan bimbingan berguru diberikan kepada siswa untuk sanggup membentuk kebiasaan berguru yang baik, menyebarkan rasa ingin tahu dan menumbuhkan motivasi untuk menyebarkan ilmu pengetahuan. Sedangkan berdasarkan Sukardi (2008: 62) layanan bimbingan berguru yaitu layanan yang bimbingan dan konseling yang memungkinkan penerima didik menyebarkan diri berkenaan dengan perilaku dan kebiasaan berguru yang baik, bahan berguru yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta banyak sekali aspek tujuan dan aktivitas berguru lainnya, sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi, dan kesenian. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan berguru yaitu bimbingan dalam hal menemukan cara berguru yang tepat, menentukan jadwal studi yang sesuai dan dalam mengalami kesulitankesulitan yang timbul dalam belajar.

Pelayanan bimbingan berguru di Sekolah Menengah Pertama bertujuan membantu siswa mengenal, menumbuhkan dan menyebarkan diri. Sikap dan kebiasaan yang baik untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan, sesuai dengan jadwal berguru di Sekolah Menengah Pertama dalam rangka menyiapkan melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi dan berperan serta dalam kehidupan masyarakat.

Tujuan Bimbingan Belajar
Secara umum siswa merupakan individu yang sedang dalam proses perkembangan, maka tujuan bimbingan berguru yaitu membantu siswa supaya mencapai perkembangan yang maksimal. Selain tujuan secara umum diatas, secara lebih khusus tujuan bimbingan berguru yaitu supaya siswa bisa menghadapi dan memecahkan masalahmasalah belajar. Dalam konteks kemandirian, tujuan bimbingan berguru yaitu supaya siswa sanggup bangun diatas kaki sendiri dalam belajar. Adapun tujuan dari bidang bimbingan berguru yaitu:
  1. Agar siswa bertanggung jawab menilai kemampuannya sendiri dan memakai pengetahuan mereka secara efektif bagi dirinya
  2. Agar siswa menjalani kehidupan secara efektif dan menyiapkan dasar kehidupan masa depannya sendiri
  3. Agar semua potensi siswa berkembang secara optimal meliputi semua aspek pribadinya sebagai individu yang potensial.


Dari uraian di atas, sanggup disimpulkan bahwa tujuan layanan bimbingan berguru yaitu untuk mengarahkan siswa supaya mempunyai perilaku tanggung jawab, dan bisa memakai potensi dalam dirinya secara maksimal, dan bisa menghadapi dan memecahkan problem belajarnya dengan tidak bergantung kepada orang lain.

b. Fungsi Bimbingan Belajar
  1. Membantu siswa memperoleh citra yang objektif dan terang perihal potensi, watak, minat, sikap, dan kebiasaannya supaya ia sanggup menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan
  2. Membantu siswa untuk mendapat pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuannya dan membantu siswa untuk menentukan cara yang efektif dan efisien dalam menuntaskan bidang pendidikan yang telah dipilihnya supaya tercapai hasil yang diharapkan
  3. Membantu siswa untuk memperoleh citra yang terang perihal kemungkinan-kemungkinan dan kecenderungan-kecenderungan dalam lapangan pekerjaan supaya ia sanggup melaksanakan pilihan yang sempurna diantara lapangan pekerjaan tersebut. Di samping itu, membantunya untuk mendapat kemajuan yang memuaskan dalam pekerjaannya sambil memperlihatkan pertolongan secara maksimal terhadap masyarakat.


Fungsi bimbingan berguru yaitu sebagai berikut:
  1. Mengorientasikan para siswa kepada sekolah
  2. Membantu siswa untuk merencanakan pendidikannya di sekolah menengah
  3. Membantu para siswa untuk mengenal minat dan kemampuan masing-masing
  4. Mengorientasikan para siswa kearah dunia kerja
  5. Membantu siswa untuk memecahkan kekerabatan antara siswa wanita dan laki-laki
  6. Membantu siswa berlatih menuntaskan tugas-tugas atau pekerjaan (Hamalik, 2010: 196).



Dapat disimpulkan bahwa tujuan layanan bimbingan berguru yaitu untuk mengarahkan siswa supaya mempunyai perilaku tanggung jawab, dan bisa memakai potensi di dalam dirinya secara maksimal. Kemandirian berguru termasuk bidang bimbingan berguru yang tujuannya yaitu mengarahkan siswa untuk lebih sanggup bangun diatas kaki sendiri dalam menjalani proses pembelajaran.

Posting Komentar untuk "Bidang Bimbingan Belajar"