Strategi Mengajar Bil Qolam
a. Strategi Pengajaran Secara Umum:
b. Strategi Pengajaran Secara Khusus:
4. Untuk karakter yang di bawah garis
- Pengenalan Bunyi Huruf Yang Berharakat.
- Pengenalan Nama Huruf Yang Berharakat.
- Lagu: Tahqiq, (Tartil Lagu 4 PIQ).
- Qiroah Wal Kitabah Dengan Cara Taqrir ( Pengulangan) Wat Ta’wid (dan menjadi biasa)
b. Strategi Pengajaran Secara Khusus:
- Untuk karakter yang di atas garis
- Guru mengenalkan suara huruf/bacaan karakter dengan benar secara urut sesuai kitab.
- Guru menuntun suara karakter secara berulang minimal 3x lalu ditirukan oleh semua murid 3x.
- Jika masih ditemukan murid mengucapkan suara karakter kurang tepat, menyerupai kepan-jangan atau kurang maka guru hurus mengulanginya lagi hingga murid tersebut mengucapkan suara karakter dengan sempurna dan benar.
- Guru menuntun bacaan karakter dengan tahqiq dan mengulanginya 3x
- Murid menirukan bacaan guru 3x
- Guru menuntun bacaan per-tiga hurufnya dengan tahqiq dan mengulanginya 3x lalu ditirukan oleh semua murid 3x.
- Guru menuntun bacaan per-tiga hurufnya dengan tartil pakai lagu 4 dan mengulanginya 3x lalu ditirukan oleh semua murid 3x.
- Guru menuntun bacaan karakter perbaris dengan tartil pakai lagu 4 dan mengulanginya lalu ditirukan oleh semua murid.
4. Untuk karakter yang di bawah garis
- Guru mengenalkan nama karakter dengan benar
- Guru menuntun pengucapan nama karakter secara berulang minimal 3x lalu ditirukan oleh semua murid 3x.18
Posting Komentar untuk "Strategi Mengajar Bil Qolam"