Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Mengajar Bil Qolam

a. Strategi Pengajaran Secara Umum:
  1. Pengenalan Bunyi Huruf Yang Berharakat.
  2. Pengenalan Nama Huruf Yang Berharakat.
  3. Lagu: Tahqiq, (Tartil Lagu 4 PIQ).
  4. Qiroah Wal Kitabah Dengan Cara Taqrir ( Pengulangan) Wat Ta’wid (dan menjadi biasa)

b. Strategi Pengajaran Secara Khusus:
  1. Untuk karakter yang di atas garis
  • Guru mengenalkan suara huruf/bacaan karakter dengan benar secara urut sesuai kitab.
  • Guru menuntun suara karakter secara berulang minimal 3x lalu ditirukan oleh semua murid 3x.
  • Jika masih ditemukan murid mengucapkan suara karakter kurang tepat, menyerupai kepan-jangan atau kurang maka guru hurus mengulanginya lagi hingga murid tersebut mengucapkan suara karakter dengan sempurna dan benar.
2. Untuk yang dua huruf:
  • Guru menuntun bacaan karakter dengan tahqiq dan mengulanginya 3x
  • Murid menirukan bacaan guru 3x
3. Untuk yang tiga huruf:
  1. Guru menuntun bacaan per-tiga hurufnya dengan tahqiq dan mengulanginya 3x lalu ditirukan oleh semua murid 3x.
  2. Guru menuntun bacaan per-tiga hurufnya dengan tartil pakai lagu 4 dan mengulanginya 3x lalu ditirukan oleh semua murid 3x.
  3. Guru menuntun bacaan karakter perbaris dengan tartil pakai lagu 4 dan mengulanginya lalu ditirukan oleh semua murid.

4. Untuk karakter yang di bawah garis
  • Guru mengenalkan nama karakter dengan benar
  • Guru menuntun pengucapan nama karakter secara berulang minimal 3x lalu ditirukan oleh semua murid 3x.18

Posting Komentar untuk "Strategi Mengajar Bil Qolam"