Standar Tajwid Yang Berkualitas Berdasarkan Metode Bil-Qolam
Jejak Pendidikan- Dalam pembelajaran metode Bil-Qolam, mempunyai standar isi atau dasar kualitas yang menjadi suatu pola bagi metode Bil-Qolam. Acuan dasar dalam pengajaran metode Bil-Qolam bertujuan semoga penerima didik atau santri bisa mencapai sasaran yang diinginkan sesuai dengan dasa-dasar ilmu Tajwid yang telah disusun menjadi sasaran kualitas dari metode Bil-Qolam. Standar kualitas yang dimiliki metode Bil-Qolam ada dua adalah standar Tajwid dan standar Fashoha yang dipaparkan sebagai brikut:
Dalam segi Fashohah proses penerapanya tidak membutuhkan klarifikasi teori secara terpisah melainkan bersamaan dengan praktek. Karena segi Fashohah sudah masuk dalam klarifikasi dasar-dasar Tajwid. Komponen-komponen Fashohah meliputi:
a. Tajwid
Dari segi dasar Tajwid proses penerapannya yaitu, metode Bil-Qilam melakukan dengan cara teori terlebih dahulu lalu diteruskan dengan praktek secara eksklusif atau dengan kata lain, teori dan praktek dilakukan secara bersamaan sehingga para murid sanggup memahami dengan mudah, serta bisa mengucapkannya dengan baik dan benar berdasarkan kaidah Tajwid, yang meliputi:- Makhorijul Huruf
- Ahkamul Huruf
- Sifatul Huruf
- Ahkamul Mad Wal Qoshor
b. Fashohah
Dalam segi Fashohah proses penerapanya tidak membutuhkan klarifikasi teori secara terpisah melainkan bersamaan dengan praktek. Karena segi Fashohah sudah masuk dalam klarifikasi dasar-dasar Tajwid. Komponen-komponen Fashohah meliputi:- Alwaqfu Wal Ibtida’
- Muro’atul Huruf Wal Harokat.
- Muro’atul Ayat Wal Kalimat
- Adabut Tilawah.
Posting Komentar untuk "Standar Tajwid Yang Berkualitas Berdasarkan Metode Bil-Qolam"