Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Konsep Lebih Banyak, Lebih Sedikit, Sama, Dan Tidak Sama Kelompok A

Jejak Pendidikan- Konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama, dan tidak sama sudah sanggup diperkenalkan pada anak kelompok A. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 tahun 2014 wacana Standar Isi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak terdapat indikator anak usia 4-5 tahun mengenai belajar memecahkan dilema yaitu:


  1. Mengenal benda menurut fungsi.
  2. Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik.
  3. Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mengetahui konsep banyak dan sedikit.
  5. Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri.
  6. Mengamati benda dan tanda-tanda dengan rasa ingin tahu.
  7. Mengenal contoh aktivitas dan menyadari pentingnya waktu.
  8. Memahami posisi/kedudukan dalam keluarga.

Salah satu yang disebutkan dalam indikator pencapaian perkembangan anak yaitu anak usia 4-5 tahun sudah sanggup memahami konsep banyak dan sedikit. Dalam mengenalkan konsep banyak, sedikit, sama, dan tidak sama, anak harus bisa untuk membilang dan mengerti konsep “lebih banyak dari angka satu”. 

Hal ini sesuai dengan Carol Seefeldt dan Barbara A. Wasik (2008: 393) bahwa dikala anak sedang berhitung maka anak sedang menyebarkan kesadaran wacana “lebih banyak”, “kurang banyak”. Untuk mengenalkan konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama, dan tidak sama pada anak usia 4-5 tahun sanggup memakai benda kasatmata sehingga anak mendapat pengalaman eksklusif terkait dengan benda kasatmata tersebut.

Posting Komentar untuk "Mengenal Konsep Lebih Banyak, Lebih Sedikit, Sama, Dan Tidak Sama Kelompok A"