Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Benda Konkret

Jejak Pendidikan- Benda aktual sanggup ditemukan di lingkungan sekitar dan sangat erat dengan anak. Menurut Sungkono (2007: 29) benda orisinil sanggup dikelompokkan menjadi benda orisinil alami dan benda orisinil buatan manusia. Benda orisinil alami merupakan benda yang benar-benar orisinil dari alam sedangkan benda orisinil buatan insan merupakan benda orisinil yang dibentuk oleh insan dan bentuknya sudah berubah dari aslinya. Benda orisinil alami dan benda orisinil buatan insan sanggup dipakai sebagai media pembelajaran yang efektif untuk anak. Benda tersebut sama-sama menawarkan imbas yang baik untuk meningkatkan pengetahuan anak.

Benda-benda aktual mempunyai macam yang sangat bervariasi. Menurut Degeng dalam Sungkono (2007: 28) menyebutkan bahwa benda aktual diklasfikasikan menjadi dua ialah objek dan specimen. Objek merupakan benda yang benar-benar orisinil menurut benda itu hidup sedangkan specimen merupakan benda yang mewakili benda orisinil yang dirangkai sesuai dengan keadaan aslinya.

Menurut Sungkono (2007: 28) bahwa specimen dikelompokkan menjadi dua yaitu:

  1. Specimen benda hidup menyerupai aquarium, kebun binatang, insectarium, terrarium, dan kebun percobaan yang ditanami sebagai percobaan.
  2. Specimen benda mati menyerupai herbarium (bagian flora yang dikeringkan), batuan mineral, awetan dalam botol.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas maka sanggup disimpulkan bahwa benda aktual sanggup dibedakan menjadi benda orisinil alami dan benda orisinil buatan. Benda orisinil alami merupakan benda orisinil yang benar-benar orisinil dari alam sedangkan benda orisinil buatan merupakan benda yang dibentuk oleh insan serupa dengan bentuk aslinya. Benda aktual yang akan dipakai untuk mengenal konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama, dan tidak sama memakai benda aktual orisinil buatan manusia.

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Benda Konkret"