Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen-Komponen Pembelajaran Membaca Al-Quran

Jejak Pendidikan- Untuk membuat proses berguru mengajar yang lebih optimal, maka diharapkan komponen-komponen yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya, yaitu :

1) Tujuan Pembelajaran
Tujuan dalam proses berguru mengajar merupakan komponen pertama yang harus ditetapkan yang berfungsi sebagai indikator keberhasilan pengajaran. Dalam tujuan ini terhimpun sejumlah norma yang akan ditanamkan dalam anak didik. Sehingga berhasil atau tidaknya tujuan pembelajaran sanggup diketahui dari penguasaan anak didik terhadap materi yang diberikan selama proses berguru mengajar berlangsung.

2) Bahan pelajaran (Materi)
Bahan pelajaran yaitu substansi yang akan disampaikan dalam proses berguru mengajar. Hendaknya materi pelajaran diubahsuaikan dengan kondisi tingkatan murid yang akan mendapatkan pelajaran.

3) Metode
Metode yaitu suatu cara yang dipakai untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam aktivitas berguru mengajar metode diharapkan oleh guru dan penggunaannya bervariasi sesuai tujuan yang ingin dicapai.

4) Alat
Alat yaitu segala sesuatu yang sanggup dipakai dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Ada dua macam alat dalam pembelajaran yaitu alat material yang mencakup papan tulis, gambar, video dan sebagainya serta alat non material berupa perintah, larangan, nasehat dan lain-lain.

5) Evaluasi
Evaluasi dilakukan untuk melihat sejauh mana materi yang telah disampaikan kepada siswa dengan metode tertentu dan sarana yang ada sanggup mencapai tujuan yang telah dirumuskan.


Sumber:
  1. Saiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).
  2. B.Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997).

Posting Komentar untuk "Komponen-Komponen Pembelajaran Membaca Al-Quran"