Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keterampilan Dasar Mengajar Guru

Jejak Pendidikan- Guru merupakan satria tanpa tanda jasa yaitu seseorang yang mengabdikan diri kepada negara untuk mencerdaskan anak bangsa, sedangkan mengajar yaitu proses penyampaian atau penerusan pengetahuan. Menurut Saud (2012: 55) guru yang profesional yaitu guru yang sanggup melaksanakan kiprah mengajarnya dengan baik. Salah satu kiprah mengajar guru yaitu menerapkan keterampilan mengajar untuk kelancaran proses pembelajaran secara efektif dan efisien.

Menurut Setiani dan Donni (2015: 18) guru yang paripurna yaitu guru yang menguasai keterampilan dasar mengajar secara baik. Guru harus menguasai keterampilan dasar mengajar dalam proses pembelajaran. Menurut Mukminan, dkk (2013: 208) keterampilan dasar mengajar yaitu kecakapan atau kemampuan pengajar dalam menjelaskan konsep terkait dengan materi pembelajaran. Jadi, seorang pengajar harus memiliki persiapan mengajar, antara lain harus menguasai materi pembelajaran, bisa menentukan strategi, metode dan media, penguasaan kelas yang baik, serta menentukan sistem evaluasi yang tepat.

Selanjutnya berdasarkan Asril (2010: 67) bahwa keterampilan dasar yaitu keterampilan standar yang harus dimiliki setiap individu yang berprofesi sebagai guru. Sesuai dengan pendapat Suryono dan Hariyanto (2011: 212) bahwa keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang mengajar pada hakikatnya terkait dengan tafsiran sejauh mana kemampuan para guru bisa di dalam menerapkan aneka macam variasi metode mengajar.

Pendapat di atas menjelaskan bahwa seorang guru memerlukan pemahaman perihal latar belakang pengetahuan penerima didik, lingkungan pembelajarannya, dan tujuan pembelajaran untuk menentukan metode yang akan dipakai ketika mengajar. Selanjutnya berdasarkan Djamarah (2005: 99) keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan yang mutlak harus guru punyai dalam mengoptimalkan kiprahnya di kelas.

Guru sebagai pendidik harus menguasai keterampilan dasar mengajar dalam melaksanakan tugasnya, maka guru dituntut untuk menguasai seluruh keterampilan yang ada dalam keterampilan dasar mengajar. Menurut Saud (2012: 55-56) keterampilan guru dalam proses mencar ilmu mengajar antara lain;
  1. keterampilan membuka dan menutup pelajaran,
  2. keterampilan menjelaskan,
  3. keterampilan bertanya,
  4. keterampilan memberi penguatan,
  5. keterampilan memakai media pembelajaran,
  6. keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil,
  7. keterampilan mengelola kelas,
  8. keterampilan mengadakan variasi, dan
  9. keterampilan mengajar perorangan dan kelompok kecil.


Selanjutnya berdasarkan Karwati dan Donni (2014: 80-88), terdapat 9 komponen keterampilan dasar mengajar guru, antara lain:
  1. Keterampilan Membuka Pelajaran
  2. Keterampilan Bertanya
  3. Keterampilan Memberi Penguatan
  4. Keterampilan Mengadakan Variasi (Stimulus Variation)
  5. Keterampilan Menjelaskan
  6. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
  7. Keterampilan Mengelola Kelas
  8. Keterampilan Pembelajaran Perseorangan (Individual)
  9. Keterampilan Menutup Pelajaran (Closure Skills)

dapat kita simpulkan dari pendapat para andal di atas, bahwa keterampilan dasar mengajar guru yaitu kemampuan guru dalam menguasai pembelajaran ketika melaksanakan proses pembelajaran penerima didik sehingga pembelajaran terealisasi secara efektif dan efisien. Peneliti dalam penelitian ini mengambil salah satu keterampilan dasar mengajar, yaitu keterampilan mengadakan variasi (stimulus variation) untuk diteliti.

Posting Komentar untuk "Keterampilan Dasar Mengajar Guru"