Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadis Wacana Media Pembelajaran

Jejak Pendidikan- Hadis yang membahas mengenai media pembelajaran yaitu sebagai berikut.
خَطَّ النَّيبُِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْيه وَسَلَّمَ خَطَّا مُرَبعََّا وَخَطَّ خَطَّا يفِ الْوَسَي طخَايرجًا يمنْهُ, وَخَطَّ خُطَطًا يصغَارًا إيلََ هَذَا الَّ يذى يفِ الْوَسَ يطيمنْ جَانيبييه الَّ يذى يفِ اْلوَسَ يط, فَ قَالَ: هَذَا اْي لإنْسَانُ, وَهَذَاأَجَلُهُ يُ مُيْطًا بييه أَوْقَدْ أَحَاطَ بييه وَهَذَا الَّ يذي هُ وَخَايرجٌ اَمَلُهُ وَهَ يذيه الُْْطَطُ الي صغَارُ اْلأعْرَاضُ,فَيإنْ أَخْطَأَهُ هَذَا ن هََشَهُ هَذَا وَإينْ أَخْطَأَهُ هَذَا ن هََشَهُ هَذَا.
Nabi saw. menciptakan gambar persegi panjang, ditengah-tengah ditarik suatu garis hingga keluar. Kemudian dia menciptakan garis pendek-pendek di sebelah garis yang ditengah-tengah seraya bersabda: “ini yaitu manusia, dan persegi panjang yang mengelilinginya yaitu ajal. Garis yang di luar ini yaitu cita-citanya, serta garis yang pendek-pendek yaitu hambatan-hambatannya. Apabila ia sanggup menghadapi kendala yang satu, maka ia akan menghadapi kendala yang lain. Dan apabila ia sanggup mengatasi kendala yang lain, maka ia akan menghadapi kendala yang lain lagi.” (H.R Bukhari)
Beliau menjelaskan garis lurus yang terdapat di dalam gambar yaitu manusia, gambar empat persegi yang melingkarinya yaitu ajalnya, satu garis lurus yang keluar melewati gambar merupakan harapan dan angan-angannya sementara garis-garis kecil yang ada di sekitar garis lurus dalam gambar yaitu peristiwa alam yang selalu menghadang insan dalam kehidupannya di dunia.

Dalam gambar ini dia menjelaskan wacana hakikat kehidupan insan yang mempunyai harapan, angan-angan dan keinginan yang jauh ke depan untuk menggapai segala yang ia inginkan di dalam kehidupan yang fana ini, dan kematian yang mengelilinginya yang selalu mengintainya setiap ketika sehingga menciptakan insan tidak bisa menghindar dari bulat ajalnya, sementara itu dalam kehidupannya, insan selalu menghadapi aneka macam peristiwa alam yang mengancam eksistensinya, jikalau ia sanggup terhindar dari satu musibah, peristiwa alam lainnya siap menghadang dan membinasakannya dan seandainya ia terhindar dari seluruh musibah, kematian yang niscaya tiba suatu ketika akan merenggutnya.

Hadis ini memberikan kepada kita bahwa Rasulullah saw. seorang pendidik yang sangat memahami metode yang baik dalam memberikan pengetahuan kepada manusia, dia menjelaskan suatu isu melalui gambar biar lebih gampang dipahami dan diserap oleh nalar dan jiwa.

Dari klarifikasi mengenai isi kandungan hadis di atas, dikisahkan wacana Rasulullah saw. menggambar persegi empat dan menciptakan garis-garis lurus ketika dia memberikan ajarannya kepada sahabat-sahabatnya. Hal ini berarti Rasulullah saw. memakai sarana gambar-gambar tersebut untuk memberi perumpamaan dan mempermudah dalam memberikan isi bahan yang diajarkannya. Jika kita hubungkan dengan dunia pendidikan, hadis tersebut berkaitan dengan salah satu komponen dalam pendidikan yakni media pembelajaran. Pengertian media pembelajaran itu sendiri yaitu segala sesuatu yang dipakai sebagai sarana mempermudah dalam proses penyaluran ilmu pengetahuan kepada penerima didik.

Sumber:
  1. Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Riyadhus Shalihin, (Semarang: Toha Putra, 1992).
  2. Ahmad Sunarto, Terjemah Riyadhus Shalihin, (Jakarta: Pustaka Amani, 1999).

Posting Komentar untuk "Hadis Wacana Media Pembelajaran"