Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif

Jejak PendidikanTerdapat beberapa faktor yang menghipnotis perkembangan kognitif pada anak usia dini yang perlu dipahami dengan baik biar sebagai orang renta dan guru sanggup mengantisipasi kalau nampak kendala dalam perkembangan kognitifnya. Faktor yang menghipnotis perkembangan kognitif memiliki peran yang besar bagi anak serta orang renta maupun guru untuk mengetahui apakah faktor yang menimbulkan seorang anak mengalami perkembangan kognitif yang sesuai dengan harapan, perkembangan kognitif yang berjalan sangat cepat, maupun perkembangan kognitif yang yang berjalan lambat pada anak.

Menurut Sujiono (2006 : 25) Faktor-faktor yang menghipnotis perkembangan kognitif dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut:

1. Faktor hereditas atau keturunan
Diungkapkan bahwa taraf intelegensi seorang anak sudah ditentukan semenjak anak tersebut dilahirkan.

2. Faktor lingkungan
Perkembangan anak sangat ditentukan oleh faktor lingkungan dimana kawasan ia berada.

3. Kematangan
Tiap organ badan manusia, baik fisik maupun psikis dapat dikatangan telah matang kalau ia telah mencapai kesanggupan menjalankan fungsinya masing-masing.

4. Pembentukan
Pembentukan ialah segala keadaan di luar diri anak yang mempengaruhi perkembangan intelegensinya.

5. Minat dan Bakat
Minat mengarahkan perbuatan pada suatu tujuan. Sedangkan bakat diartikan sebagai kemampuan bawaan, sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih biar sanggup terwujud.

6. Kebebasan
Kebebasan sanggup diartikan sebagai kebebasan insan dalam berpikirPerkembangan kognitif yang terjadi pada insan sepanjang hidupnya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendukung antara lain faktor keturunan, faktor lingkungan, kematangan, pembentukan, minat dan bakat, serta faktor kebebasan. Masing-masing orang mempunyai faktor tersendiri yang menghipnotis perkembangan kognitifnya yang sanggup berjalan dengan cepat ataupun lambat.

Sedangkan berdasarkan Piaget dalam Yanuarita (2014 : 70) Pertumbuhan mental mengandung dua macam proses yaitu perkembangan dan belajar. Perkembangan ialah perubahan struktur sedangkan berguru ialah perubahan isi. Proses perkembangan kognitif dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu:

1. Hereditas
Hereditas tidak hanya menyediakan kemudahan kepada anak yang baru lahir untuk beradaptasi dengan dunianya, lebih dari itu, hereditas akan mengatur waktu jalannya perkembangan pada tahuntahun mendatang.

2. Pengalaman
Pengalaman dengan hereditas fisik merupakan dasar perkembangan struktur kognitif .dalam hal ini sering kali disebut sebagai pengalaman fisis dan kecerdikan matematis.

3. Transmisi Sosial
Transmisi sosial dipakai untuk mempresentasikan pengaruh budaya terhadap ola berpikir anak.

4. Ekuilibrasi
Ekuilibrasi merupakan suatu keadaan dimana pada diri setiap individu akan terdapat proses ekuilibrasi yang mengintegrasikan ketiga faktor tadi, yaitu hereditas, pengalaman, dan transmisi sosial.

Berdasarkan pendapat dari beberapa hebat di atas sanggup disimpulkan bahwa terdapat banyak faktor yang menghipnotis perkembangan kognitif pada anak. Hal tersebut tidak sanggup diabaikan oleh orang renta serta guru. Faktor-faktor yang menghipnotis perkembangan kognitif sanggup menjadi dasar untuk mengetahui lantaran dimana terdapat anak yang memiliki perkembangan yang cepat ataupun lambat.

Posting Komentar untuk "Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif"