Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Belajar

Jejak Pendidikan- Proses mengajar bukanlah aktivitas memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa tetapi suatu aktivitas yang memungkinkan siswa merekonstruksi sendiri pengetahuannya dan memakai pengetahuan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh alasannya itu guru sangat diharapkan untuk membantu berguru siswa sebagai perwujudan kiprahnya sebagai perantara dan fasilitator. Menurut Djamarah (2011: 15) ciri-ciri berguru ada enam, yakni sebagai berikut:
  1. Perubahan yang terjadi secara sadar.
  2. Perubahan dalam berguru bersifat fungsional.
  3. Perubahan dalam berguru bersifat positif dan aktif.
  4. Perubahan dalam berguru bukan bersifat sementara.
  5. Perubahan dalam berguru bertujuan dan terarah.
  6. Perubahan meliputi seluruh aspek.


Sedangkan Menurut Slameto (2010: 3) Ciri-ciri perubahan tingkah laris dalam pengertian berguru yakni :
1) Perubahan terjadi secara sadar
Ini berarti bahwa seseorang yang berguru akan menyadari terjadinya perubahan itu akan mencicipi telah terjadi adanya perubahan dalam
dirinya. Misalnya ia menyadari bahwa pengetahuannya bertambah.

2) Perubahan dalam berguru bersifat fungsional
Sebagai hasil belajar, perubahan yang terjadi dalam diri seseorang berlangsung secara berkesinambungan, tidak statis. Satu perubahan yang terjadi akan mengakibatkan perubahan berikutnya dan akan berkhasiat bagi
kehidupan ataupun proses berguru berikutnya.

3) Perubahan dalam berguru bersifat positif dan aktif
Dalam perbuatan belajar, perubahan-perubahan itu senantiasa bertambah
dan tertuju untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian makin banyak perjuangan berguru itu dilakukan, makin banyak dan makin baik perubahan yang diperoleh. Perubahan yang bersifat aktif artinya bahwa perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya melainkan alasannya perjuangan individu sendiri. 

Hal ini sejalan dengan berdasarkan Jihari (2008: 245) menyatakan bahwa ada beberapa ciri-ciri berguru yakni berguru sanggup mencari makna yang diciptakan murid dari apa yang telah mereka lihat, mereka mendengar dan mereka rasakan, dan berguru sanggup melaksanakan aktivitas mengumpulkan fakta. rasakan, dan berguru sanggup melaksanakan aktivitas mengumpulkan fakta.

Berdasarkan pendapat di atas sanggup disimpulkan bahwa berguru tidak hanya berkenaan dengan jumlah pengetahuan tetapi juga meliputi seluruh kemampuan individu. Dengan demikian, maka ciri-ciri berguru juga dapat dirumuskan yakni harus memungkinkan terjadinya perubahan sikap pada diri individu. Perubahan tersebut tidak hanya pada aspek pengetahuan atau kognitif saja tetapi juga meliputi aspek sikap dan nilai serta keterampilan.

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Belajar"