Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Menciptakan Tutorial

Nah... ini ada pertanyaan yang agak nyleneh dari sobat kita di KPCI yaitu perihal cara menciptakan tutorial.

Sebelum membahas lebih jauh kita harus tau "apa tutorial?", tutorial yaitu bimbingan mencar ilmu oleh seorang pengajar yang biasa disebut tutor, guru, instruktur, kyai, ustad, dsb. Untuk bahan bimbingan dapat dalam bentuk buku, diktat, brosur, e-book, video, atau dapat secara online dalam bentuk artikel tutorial yang di posting di blog atau website, atau dalam bentuk video yang dapat upload di youtube.

Untuk menciptakan tutorial kita juga membutuhkan gambar dan untuk mendapat gambar atau image sesuai impian kita dapat memakai Software Snagit untuk capture gambar atau image dari internet atau dari komputer, lalu mengeditnya sesuai kebutuhan.

Dalam menciptakan tutorial akan lebih gampang dan efisien bagi kita dalam bentuk video, alasannya yaitu kita hanya membuatnya sekali saja, namun dapat dipakai kapan pun dan dimana pun, baik offline maupun online, lalu siapapun yang menemukan video tutorial kita akan dapat mencar ilmu berulang-ulang dari video tutorial yang kita buat.

Untuk merekam video kita dapat memakai software Camtasia, selanjutnya kita edit terlebih dahulu dengan memakai Camtasia Studio sebelum menguploadnya ke youtube atau situs social media lainnya.

Di bawah ini yaitu link download Software yang biasa saya gunakan untuk menciptakan tutorial dan video tutorial, sayangnya tidak gratis bro... hehehe...








Demikian biar membantu...

Posting Komentar untuk "Tutorial Menciptakan Tutorial"