Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Dampak Chalk Scribble Di Coreldraw

Apa dampak  Chalk Scribble?
Efek  Chalk Scribble ialah dampak Coretan Kapur, menyerupai pada waktu sekolah dulu sudah tidak aneh lagi kita selalu disuguhi coretan atau goresan pena kapur di papan tulis dalam proses berguru mengajar.

Pada kesempatan kali ini kita membahas cara menciptakan dampak tersebut dengan CorelDRAW, sesuai dengan request teman di KPCI, pola gambarnya ini.


Cara membuatnya sanggup ikuti tutorial berikut:

1. Siapkan gambar papan tulis, untuk latihan sanggup copy gambar dibawah ini dan paste-kan di area kerja CorelDRAW, atau jikalau kepingin gambar yang ukuran lebih besar sanggup copy disini, atau mungkin kepingin model lain sanggup cari di mbah Google dengan kata kunci "Chalkboard"


2. Begitu juga dengan Brush, kita harus menyiapkan dulu yang harus disimpan sebagai artistic Media, file sudah saya siapkan dengan nama file "chalk_scribble" dalam format .cmx bisa download disini, dan masukkan di C:/ Program Files > Corel CorelDRAW Graphics Suite... > Draw > Custom Media Strokes > Splash_Splatter, atau sanggup juga di Import ke area kerja CorelDRAW kemudian di simpan sebagai Artistic Media caranya sanggup intip disini.


Apabila memiliki aplikasi Adobe Ilustrator kita sanggup memdapat lebih banyak variasi brush coretan kapur alasannya saya juga mengambil dari situ hehehe...


3. Langkah selanjutnya, ketik teks, apa saja sesuai selera, contohnya kita ketik kata "Kapur" memakai jenis font "Atelas Personal Use Only" klik Text tool di Toolbox arahkan mouse diatas


4. Langkah selanjutnya, hapus warna dengan klik pilihan X di Color pallete dan klik kanan pada warna (warna apa saja) untuk memberi warna pada outline atau garisnya, kemudian pada keyboard tekan tombol Ctrl+Q untuk mengubah teks menjadi kurva, selanjutnya pada sajian Effects > pilih Contour dan atur menyerupai dibawah ini dan tekan Ctrl+K untuk memisahkan dampak Contour dari objek teks.


5. Kalau dibedakan berdasarkan warna yang kuning ialah objek teks aslinya yang sudah diubah menjadi kurva dan warna hijau ialah objek hasil contour, dalam hal ini hanya warna hijau saja yang kita pakai, warna kuning di delete.


6. Selanjutnya, seleksi objek teks yang warna hijau tadi, dan pada Menu Effects > pilih Artistic Media, sehingga muncul docker window dan cari brush "chalk_scribble" yang telah kita simpan tadi pada langkah nomor 2 dan klik pada brush-nya untuk mengaplikasikan pada objek teks yang warna ouline hijau tadi.


7. Warna aslinya hitam dan klik pada pilihan warna putih di Color Palette 


8. Sehingga alhasil menyerupai gambar dibawah ini.


9. Atau sanggup kita ubah menjadi warna putih agak abu-abu, langkahnya sama menyerupai langkah nomor 7


10. Atau warna yang lain. Selesai


Demikian agar bermanfaat hingga final hayat.

Posting Komentar untuk "Membuat Dampak Chalk Scribble Di Coreldraw"