Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Ilustrasi Proyeksi Isometrik Dengan Coreldraw

Proyeksi Isometrik ialah sebuah metode untuk representasi visual dari benda 3 dimensi dalam 2 dimensi, atau bahasa gampangnya ialah gambar yang awalnya 2 Dimensi seolah-olah nampak ibarat gambar 3 dimensi dan perlu diketahui isometrik tidak mengenal perspektif jadi tidak ada titik mata atau titik hilang. Kalau sudah biasa dengan aplikasi 3 dimensi kita tidak perlu repot-repot, misal kita memakai AutoCad, begitu mudahnya kita membuatnya.

Sebagai rujukan gambar dibawah ini, untuk membuat tampilan isometrik kita tinggal memilih tampilan dilihat dari sisi sebelah mana dengan tekan tombol perintah SW Isometric, SE Isometric, NE Isometric, NW Isometric:



dan untuk membuat objek 3 dimensi, kita memakai perintah Extrude, dan misal kita akan memisah menjadi beberapa objek kita cukup tekan perintah Explode, dan objek akan terpisah, dibawah ini objek yang sudah terpisah apabila digeser ke samping

Ok, tutorial kali ini kita bahas bagaimana cara membuat Ilustrasi Proyeksi Isometrik memakai CorelDRAW, langkahnya sebagai berikut;

CARA PERTAMA

1. Langkah awal kita membuat grid isometrik dulu, sebelum memulai kita aktifkan dulu hidangan Snap To Objects atau dapat dengan cara tekan tombol Alt+Z di keyboard, selanjutnya aktifkan hidangan  Object Manager yaitu pada hidangan Window > pilih Object Manager, lalu pada Object Manager pilih Guides;



2. klik tahan geser (istilah pada komputer disebut drag) layer Guides dan tempatkan dibawah Layer 1 dan lepas, sehingga posisi Guides terletak dibawah Layer 1;


3. Dobel klik pada warna outline biru dan ubah dengan warna yang agak terang, contohnya biru muda semoga tidak begitu besar lengan berkuasa pada pekerjaan kita.



4. Selanjutnya kita membuat grid isometrik, untuk membuatnya kita memanfaatkan objek polygon 6 sudut, klik hidangan Polygon tool di Toolbox pada Property Bar > Points or sides isi dengan angka 6, lalu arahkan mouse ke area kerja CorelDRAW, sambil menekan tombol Ctrl di keyboard drag kearah diagonal (kanan bawah) sehingga akan terbentuk objek segi enam yang panjang setiap sisinya sama, pada Object Manager terlihat ibarat ini;



5. Hasilnya gambar ibarat dibawah ini, tampilan gambar akan terlihat warna biru;


6. Kita masih bekerja pada layer Guides. Pada Menu Edit pilih Duplicate atau Ctrl+D di keyboard untuk memalsukan objek polygon segi 6, dan geser salah satu node kedalam dengan Shape tool di Toolbox;



7. Geser hingga pada posisi center, sehingga membentuk objek polygon 6 sudut dan didalamnya ada segitiga berjumlah 6;



8. Objek tersebut ilustrasinya ibarat ini, yaitu setiap sudut memiliki dimensi 60 derajat, yang nantinya sebagai patokan membuat grid yang mengacu pada sumbu X, Y, Z

9. Langkah selanjutnya Combine atau Ctrl+L di keyboard kedua objek tersebut, dan gandakan memakai perintah Transformations, hingga membentuk grid sesuai dengan kebutuhan, hasilnya ibarat gambar dibawah ini;


10. Setelah selesai, klik pada icon pencil (Lock or Unlock) untuk mengunci objek grid yang telah kita buat;


10. Selanjutnya kita sudah dapat berkreasi membuat gambar isometrik diatas grid yang sudah kita buat tersebut dengan Freehand tool sebagai alat menggambar, sebagai rujukan ibarat dibawah ini;


11. Atur warna sesuai dengan gelap terang, seperti kita atur dengan arah dimana cahaya datang;


12. Buat juga objek-objek yang lain sesuai dengan kreativitas panjenengan;


13. Sehingga jikalau disusun akan menghasilkan gambar tampilan 3 dimensi, padahal kita menggambar 2 dimensi, tampilannya ibarat gambar dibawah ini;


14. Apabila kita sudah simpulan dalam menggambar desain 3d isometrik tersebut, kita bisa, menghapus grid atau cukup disembunyikan saja, dengan cara klik pada icon mata sehingga yang sebelumnya melek menjadi merem;



Demikian cara menggambar objek isometrik memakai grid,

CARA KEDUA

kita juga dapat membuat objek isometrik tanpa memakai grid, dengan cara ibarat dibawah ini, perintah yang digunakan ialah Transformations, letaknya pada Menu Arrange/Object > Transformations, suatu misal kita akan membuat objek kubus, langkahnya sebagai berikut:

1. Untuk tampak kiri kita buat objek kotak dengan Rectangle tool di Toolbox untuk membuat bujursangkar (kotak sama sisi) sambil pencet tombol Ctrl di keyboard;


2. Kecilkan 86.062%  (sumbu: y) dengan perintah Transformations > Scale and mirror



3. Atur kemiringan 30° dengan perintah Transformations > Skew



4. Putar objek -30° dengan perintah Transformations > Rotate



5. Buat objek lagi yang sama untuk tampak atas dan kanan, detailnya ibarat dibawah ini;


6. Ketiga objek tersebut jikalau digabung menjadi satu karenanya akan ibarat gambar dibawah ini;


7. Cara diatas juga berlaku untuk objek-objek yang lain ibarat lingkaran, poligon dsb:


 8. Bahkan objek yang lebih spesifik, sebagai rujukan ibarat gambar dibawah ini, prosesnya sesuai dengan urut nomor;


Detail jadinya ibarat gambar dibawah ini;



9. Demikian semoga bermanfaat, salam vector. Dibawah ini ialah rujukan gambar vector memakai metode proyeksi isometrik;

    source image: Eucol

Posting Komentar untuk "Cara Menciptakan Ilustrasi Proyeksi Isometrik Dengan Coreldraw"