Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Garis Pinggir Mengelilingi Objek Dengan Contour Dua Lapis Di Coreldraw

Pertanyaan lagi di KPCI... kali ini ihwal garis pinggir yang mengelilingi objek, pertanyaannya menyerupai ini:
Cara buat line pada goresan pena kya gini gmna ya? Udah coba buat pkai contour tpi gagal truz, sya pkai corel x4. Tlng bimbinganya master.. Mksh..
Contoh gambarnya ini:


Jawab:
Sebenarnya itu membuatnya memang pakai perintah Contour tool, tapi ada yang luput dari langkah kerja sampeyan ialah mengatur banyaknya lapisan contour (nama fiturnya Contour steps) prejengannya menyerupai ini:


1. Ok.. misal sampeyan ketik apasaja dengan Text tool tentunya.


2. Ubah jenis font, contohnya kita ganti dengan 'Master Of Break'



3. Selanjutnya ubah teks tersebut menjadi kurva dengan langka sebagai berikut, Break Apart (Ctrl+K) > Convert To Curves (Ctrl+Q > Weld, lalu hilangkan warna hitam dengan klik pilihan tanda (X) di Color Palette dan klik kanan pada warna hitam untuk menampilkan outline, kesannya menyerupai gambar dibawah ini.


4. Ini langkah yang penting, pada sajian Effects > pilih Contour atau dapat dengan Contour tool di Toolbox, isi pada kolom 'Contour steps' angka 2, lalu untuk mengatur jarak contour isi pada kolom 'Contour offset' misal angka 3 dan klik Apply maka kesannya menyerupai gambar berikut.


5. Langkah selanjutnya (pakai shortcut lebih mudah) Break apart (Ctrl+K) > Ungroup (Ctrl+U) > Combine (Ctrl+L) dan kesannya menyerupai gambar dibawah ini, garis pinggir akan lebih luwes.



6. Selesai..


Demikian biar sukses... 

Posting Komentar untuk "Membuat Garis Pinggir Mengelilingi Objek Dengan Contour Dua Lapis Di Coreldraw"