Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp 2019 Ktsp Dan Jawabannya

Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 KTSP dan Jawabannya. Tidak sanggup dipungkiri lagi bahwa kebutuhan akan latihan soal USBN semakin meningkat. Sedangkan soal - soal yang dibagikan di internet tidak mencukupi kebutuhan tersebut

Bagaimana tidak, USBN Sekolah Menengah Pertama gres diadakan 2 tahun terakhir di negara Indonesia. Walau diselenggarakan sebagai pengganti UAS, akan tetapi materi dari jenis Ujian tersebut pastinya mengalami perbedaan.

Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 KTSP dan Jawabannya

 Tidak sanggup dipungkiri lagi bahwa kebutuhan akan latihan soal USBN semakin meningkat Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 KTSP dan Jawabannya

Di latihan soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 yang Soal Prediksi bagikan kali ini, kurikulum dari kisi - kisi terkait yang dijadikan pola yakni KTSP/kurikulum 2006. Materinya pun disesuaikan, jadi bagi sobat yang sekolahnya sudah memakai K13, bisa mengunjungi artikel kami yang satu ini.


Rincian soal yang bisa sobat kerjakan di artikel ini admin jadikan sama dengan apa yang akan sobat kerjakan di USBN SMP/MTs tahun 2019 kelak. 40 soal pilihan ganda, dan tambahan 5 soal uraian. Penilaian dari hasil usbn kelak di lakukan oleh guru mata pelajaran bahasa indonesia terkait di sekolah sobat. Hasil tersebut akan jadi pertimbangan guru dalam memilih lulus tidaknya sobat.

Dan untuk para kalangan yang ingin mendapatkan soal ini dalam bentuk dokumen, admin juga sudah menyediakan link download dengan format berbentuk PDF yang bisa sobat unduh secara gratis disini.
Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 KTSP dan Jawabannya Pdf, DOWNLOAD


Soal Pilihan Ganda

1. Bacalah kutipan teks berikut!
Yowis Ben merupakan sebuah film drama komedi terbaru 2018 yang berasal dari Indonesia. Film ini disutradrai oleh Fajar Nugros dan Bayu Skak sebagai co-sutradara. Tidak hanya sebagai sutradara, Bayu Skak juga merangkap sebagai penulis naskah film. Yowis Ben terinspirasi dari film Uang Panai yang rilis di Makassar dengan memakai bahasa setempat. Dari situlah Bayu Skak mengambil ide untuk memakai full bahasa Jawa dalam obrolan film ini. Film Yowes Ben mengambil latar kota Malang yang tepatnya berada di Museum Angkut, Alun-Alun kota Malang, Gereja Hati Kudus dan Kampung Warna-Warni.

(Sumber:https://www.sinopsisfilm.co.id/yowis-ben.html)
Makna kata terinspirasi pada teks di atas adalah...
A. menerima keinginan
B. telah diilhami
C. menggandakan model
D. mendapatkan respon

Jawaban : B

2. Bacalah kutipan teks gosip berikut!
Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Daryanto, meminta masyarakat tidak membebankan pendidikan abjad hanya ke sekolah. Menurut ia keluarga dan masyarakat juga punya tanggung jawab yang sama. 
"Harus bergerak serentak, bahu-membahu dan berimbang dari tri pusat pendidikan, yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat," ujar ia di Jakarta, Minggu (18 Februari 2018), menyerupai dilansir Antara.
Dengan demikian, kata Daryanto, tanggung jawab pendidikan bukan dibebankan kepada sekolah semata. Pergerakan awal justru dimulai dari lingkungan keluarga.
"Interaksi kasih sayang murid dengan orang tua, sanak saudara, dan kakek nenek itu juga menentukan. Setelah itu, gres kondisi lingkungan masyarakat pun harus menunjang," katanya.Ia menyebut perihal prinsip saling asah, asih, dan asuh dalam dunia pendidikan yang harus sanggup terealisasi dengan baik.... (Sumber: http://news.liputan6.com)

Informasi tersurat kutipan teks gosip tersebut adalah...
A. Pendidikan abjad merupakan tanggung-jawab praktisi pendidikan.
B. Pendidikan abjad merupakan tanggung-jawab sekolah sebagai forum pendidikan.
C. Pendidikan abjad merupakan tanggung-jawab keluarga, sekolah, dan masyarakat.
D. Pendidikan abjad merupakan tanggung-jawab orang tua, saudara, dan kakek neneknya.
Jawaban : C


3. Cermatilah paragraf berikut! 
(1) Senyawa radikal bebas sanggup diproduksi di dalam tubuh sebagai hasil dari proses metabolisme aneka macam jenis makanan. (2) Semakin jelek kualitas kuliner tersebut maka radikal bebasnya pun juga semakin tinggi. (3) Radikal bebas juga sanggup masuk ke dalam tubuh dari polusi yang semakin tinggi di lingkungan. (4) Untuk mengatasi hal tersebut, mengkonsumsi beras merah yang mengandung zinc yakni cara termudah yang sanggup dilakukan. (Sumber: https://www.google.co.id )
Kalimat utama paragraf di atas ditunjukkan nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Jawaban : A

4. Bacalah teks berikut!
(1) Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. (2) Selain itu, ada yang layak minum, tetapi dengan catatan habis dicermati lagi proses produksinya. (3) Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum. (4) Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang terkontaminasi lantaran bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus. (5) Bahkan, ada AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal bau AMDK tersebut masih satu tahun lebih. (Sumber: https://pelajaranformalsdsmpsma.blogspot.co.id )


Makna AMDK gelas yang tidak layak minum pada kalimat nomor satu paragraf di atas yakni ...
A. Standar SNI untuk AMDK gelas boleh melebihi asal batas waktu kedaluwarsanya masih lama.
B. Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar.
C. Kandungan koloni pada AMDK gelas tidak akan berubah semenjak dari pabrik hingga konsumen.
D. AMDK gelas yang bila diminum akan berbahaya lantaran kemasannya rusak atau sudah kadaluarsa.

Jawaban : D

5.Cermati kutipan teks berikut!
Mengkudu (Morinda Citrifolia) pada umumnya mempunyai ciri-ciri yang khas. Tinggi pohonnya berkisar antara 4-6 meter dengan batang bengkok-bengkok. Daunnya tebal mengkilap dengan ukuran besar-besar, tebal, dan tunggal. Bunganya tersusun beragam serta tumbuh diketiak daun penumpu yang berhadapan. Permukaan buahnya berbintik-bintik dan berkutil dengan bentuk menyerupai terbagi-bagi dalam sekat-sekat segi banyak (poligonal). ( Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu )
Gagasan utama paragraf di atas adalah...
A. Ciri-ciri umum mengkudu.
B. Bentuk buah mengkudu berbintik-bintik.
C. Daun mengkudu tebal, berukuran besar-besar, dan mengkilap.
D. Tinggi pohon mengkudu antara 4-6 meter dengan batang bengkok-bengkok.
Jawaban : A

6. Bacalah kutipan teks berikut!
Kasus wabah difteri yang terjadi di penghujung tahun 2017 disebut sebagai insiden luar biasa (KLB). Difteri yang terjadi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satunya lantaran pengidap difteri tidak hanya terjadi pada belum dewasa saja, tetapi juga orang dewasa. Dalam catatan, korban difteri paling muda berumur 3,5 tahun dan usia paling bau tanah 45 tahun. Difteri bukanlah penyakit baru. Difteri sudah ada semenjak ratusan tahun kemudian dan telah mewabah di banyak negara. Penyakit masa kemudian ini muncul pada tahun 1920-an dan 1930-an.
Simpulan isi kutipan teks tersebut yakni ...
A. Wabah difteri menyerang usia belum dewasa dan cukup umur secara merata.
B. Difteri disebut juga penyakit masa kemudian yang mewabah di banyak negara.
C. Difteri muncul jauh sebelum tahun 1920-an dan 1930-an.
D. Wabah difteri menyerang orang-orang usia lanjut.
Jawaban : A

7. Bacalah kutipan teks berikut!
Aesop populer di seluruh dunia lantaran dongeng yang ditulisnya. Cerita tersebut biasanya mengisahkan binatang-binatang dengan nasihat. Cerita menyerupai ini biasa disebut fabel. Siapa bahwasanya Aesop, tidak ada yang tahu secara pasti. Menurut cerita, ia yakni seorang budak yang hidup pada zaman Yunani Kuno, sekitar tahun 620-560M.
Informasi yang sesuai dengan isi kutipan tersebut yakni ...
A. Aesop dikenal sebagai penulis dongeng fabel yang produktif.
B. Aesop seorang budak yang hidup pada zaman Yunani Kuno.
C. Ceritanya berkisah perihal hewan dan tumbuhan.
D. Aesop populer di seluruh dunia lantaran ia hidup pada zaman Yunani Kuno.
Jawaban : B



8. Cermatilah teks berikut!
Kacang hijau merupakan salah satu komoditas pertanian yang penting. Dilihat dari pemanfaatannya, kacang hijau sanggup dijadikan obat untuk mengurangi resiko kanker, anemia, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, mengatasi diabetes, menjaga kesehatan jantung, menguatakan tulang, mengurangi keluhan pasca menopouse, dan sangat mempunyai kegunaan bagi ibu hamil.
Selain itu, banyak produk kecantikan yang memakai kacang hijau untuk materi lulur, masker wajah, dan lain sebagainya. 

Ringkasan isi teks di atas adalah...
A. kacang hijau mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan
B. kacang hijau sanggup dijadikan obat untuk mengurangi resiko kanker, anemia
C. kacang hijau sanggup dipakai untuk materi lulur dan masker wajah
D. kacang hijau merupakan salah satu komoditas pertanian yang penting
Jawaban : A

9. Proses inovasi foto copy bukan kerena ditunjang oleh kemudahan yang memadai, melainkan lantaran ketekunan.

Alasan kesalahan penggunaan ejaan yang tepat pada kata bercetak miring kalimat di atas adalah...
A. kata foto copy masih memakai bahasa asing, seharusnya diganti foto kopi
B. kata foto copy masih memakai bahasa asing, seharusnya diganti photo copy
C. kata foto copy masih memakai bahasa asing, seharusnya diganti fotokopi
D. kata foto copy masih memakai bahasa asing, seharusnya diganti photocopy
Jawaban : A

10. Bacalah kutipan teks berikut!
Novel Laskar Pelangi ini mempunyai gaya bahasa yang cukup menarik untuk dibaca. Selain itu, menunjukkan kenyamanan para pembaca ketika menyimak setiap alur ceritanya. Kisahnya menunjukkan pelajaran yang patut diteladani, terutama dalam aspek moral dan sosial. Novel ini di dalam ceritanya juga menanamkan sikap selalu bersyukur atas apa yang ada dan diberikan oleh-Nya. Meski beberapa kata memakai bahasa tempat yang tidak semua orang mengerti, novel ini tetap menunjukkan wawasan bagi pembaca.


Keunggulan kutipan teks tersebut yakni ...
A. Rangkaian kalimat yang dipakai dalam resensi novel Laskar Pelangi terkesan menggurui pembaca.
B. Penggunaan bahasa santun dan kata-katanya bermakna lugas tidak membingungkan pembaca.
C. Pemilihan kata yang dipakai kurang menarik sehingga menciptakan pembaca menjadi bingung.
D. Kelebihan dan kekurangan resensi novel Laskar Pelangi, disampaikan dengan cara tidak konsisten.
Jawaban : B


11. Bacalah penggalan cerpen berikut! 
Dulam Akhmad, salah seorang pekerja yang haus akan gosip aktual. Ia pun semakin canggih dalam berkarya. Semua ia kerjakan atas perintah bos atau memang kebetulan ia mendapatkan gosip lebih dulu dan disetujui dalam rapat. 
Ia rajin memasuki pelosok-pelosok tempat yang bobrok. Didekatinya para fakir miskin, dibujukinya semoga mau menceritakan kisah suka sedih kehidupan mereka. Dulam selalu menjadi topik di antara koleganya. “ Pakar kemiskinan” julukannya. Ia menerima gosip yang gres dengan segar. Tulisannya enak dibaca lantaran ia pandai memberi bumbu yang lezat. Bos kantor senang korannya maju, iklan bertambah, semua orang ingin punya koran mereka. (Dikutip dari: Rayni Massardi, Pembunuh, Kompas, Jakarta, 2005)
Makna kata ‘haus’ pada kalimat pertama teks cerpen tersebut adalah....
A. berasa kering kerongkongan dan ingin minum
B. semua pekerjaan ingin dikuasainya sendiri
C. selalu rindu serta ingin mencari gosip yang gres dan hangat
D. merasa tidak pernah bosan bekerja keras
Jawaban : C


12. Cermatilah kutipan teks dongeng anak berikut!
Kisah Seorang Penjaja Koran
Menjelang pukul lima pagi, Seorang anak penjual koran berjulukan Ipin mengayuh sepedanya di tengah jalan yang masih lengang. ia telah hingga di tempat biro koran dari beberapa penerbit.
Ketika Ipin sedang mengacu sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut yakni sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Ipin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan merasa ketakutan lantaran akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom di mana-mana. Ipin khawatir benda itu yakni bungkusan bom. Namun pada akhirnya, ia mencoba membuka bungkusan tersebut. Tampak di dalam bungkusan itu terdapat sebuah kardus.
“Wah, apa isinya ini?’’tanyanya dalam hati. Ipin segera membuka bungkusan dengan hati-hati. Alangkah terkejutnya ia, lantaran di dalamnya terdapat kalung emas dan tambahan lainnya. “Wah apa ini?”tanyanya dalam hati. “Milik siapa, ya?” Ipin membolak-balik cincin dan kalung yang ada di dalam kardus. Ia makin terperanjat lagi lantaran ada kartu kredit di dalamnya atas nama Edison. Kasihan sekali Pak Edison , rupanya ia telah kecurian.”gumamnya dalam hati.
Apa yang diperkirakan Ipin itu memamg benar. Rumah Pak Edison telah kemasukan maling tadi malam. Karena pencuri tersebut terburu-buru, bungkusan tambahan yang telah dikumpulkannya terjatuh. Ipin dengan segera memberitahukan Pak Edison. Ia menceritakan apa yang terjadi dan ia temukan. Betapa senangnya Pak Edison lantaran tambahan milik istrinya telah kembali. Ia sangat bersyukur, tambahan itu jatuh ke tangan orang yang jujur.
Sebagai ucapan terima kasihnya, Pak Edison menunjukkan modal kepada Ipin untuk membuka kios di rumahnya. Kini Ipin tidak lagi harus mengayuh sepedanya untuk menjajakan koran. Ia cukup menunggu pembeli tiba untuk berbelanja. Sedangkan untuk mengirim koran dan majalah kepada pelanggannya, Ipin digantikan oleh saudaranya yang kebetulan belum mempunyai pekerjaan. Itulah final dari sebuah kejujuran yang akan mendatangkan kebahagiaan di kehidupan kelak. 
( Diambil dari http://syahrularrizal.blogspot.co.id dengan sedikit pengubahan)
Informasi tersurat dari teks dongeng di atas adalah...
A. Keluarga Edison menunjukkan modal kepada Ipin untuk membuka kios di rumahnya sebagai ucapan terima kasih.
B. Kehidupan Ipin berganti dari penjaja koran menjadi bos koran dan mempekerjakan banyak orang.
C. Betapa sedihnya Pak Edison lantaran tambahan milik istrinya telah dicuri maling.
D. Ipin memang anak yang rajin dan mempunyai sifat jujur serta terpuji.
Jawaban : A

13. Bacalah penggalan cerpen berikut!

Pagi ini ibu menyuruhku berbelanja sedikit lebih banyak. Ada warga asing yang datang. Home stay. Orang Jepang. Sebetulnya dari mana pun itu, saya tak peduli. Ada atau tidaknya orang gres di sekitarku, saya tak pernah menghiraukan. Toh mereka pun tak akan mencicipi keberadaanku. Hari-hariku selain membantu ibu kuhabiskan di dalam kamar, menatap lambaian pepohonan kelapa dari balik jendela. 
( Senyum untuk Dewi oleh Enola)
Penggalan cerpen di atas merupakan kepingan alur....
A. perkenalan
B. konflik
C. penurunan konflik
D. penyelesaian
Jawaban : A


14. Cermati penggalan novel berikut!
....
Melihat orang ramai di sawah Midun, Kacak sangat iri hati. Bencinya kepada Midun semakin berkobar. Apalagi mendengan sorak sendau gurau orang di sawah Midun. Amat sakit hati Kacak. Hatinya sangat panas, hingga mengakibatkan maksud jahat.
....
( Dikutip dari: Novel Sengsara Membawa Nikmat, Tulis Sutan Sati)
Latar penggalan novel di atas adalah....
A. sawah, ramai 
B. panas, ramai
C. panas, dengki
D. sawah, panas
Jawaban : A

15. Cermati teks puisi berikut! 
(1) Pergi ke pasar membeli kardus
(2) Jangan lupa jua membeli ketan
(3) Menuntut ilmu jangan hingga putus
(4) lantaran ilmu bekal masa depan

Bagian isi pada puisi di atas ditunjukkan oleh larik nomor....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (1), (2), (3), dan (4)
Jawaban : C

16. Cermatilah pengggalan dongeng pendek berikut!
Aku berlari secepat yang kubisa, berusaha tak menghiraukan tanda biru kehitaman yang ada di kakiku. Samar-samar kudengar seseorang meneriakkan namaku dari belakang. Suara orang itu seakan memotivasiku untuk berlari lebih cepat. Hari ini, materi olahraga yang diujikan yakni lari jarak 100 meter. Untuk mengambarkan bahwa saya baik-baik saja, saya harus bisa berlari dengan kecepatan yang baik, rata-rata 17 detik kurasa.
(sumber: https://.ilmubindo.com)
Makna simbol tanda biru kehitaman pada teks dongeng tersebut adalah....
A. tahi lalat
B. luka gores 

C. gambar tato
D. luka memar
Jawaban : D

17. Bacalah kutipan dongeng berikut!
“Boleh kami tahu nama Bapak siapa?” Tanya Laila sopan. “Apakah artinya sebuah nama?” Bapak itu menantangnya. “Mungkin... alasannya tak ada yang abadi, Pak. Kemarin lahir, hari ini tumbuh dan esok punah. Satu-satunya yang bisa dikekalkan dan dikenangkan, hanyalah nama,” lanjutnya.
Bapak itu tersenyum sebelum akhirnya berlalu. Sayup terdengar ia berbisik sehalus desir angin.
Amanat kutipan dongeng tersebut yakni ...
A. Kenangan pahit dan manis teringat selamanya.
B. Perbuatan yang baik, hasilnya juga baik.
C. Jangan pernah takut untuk berbuat kebaikan.
D. Jika ditanya oleh seseorang sebaiknya menjawab.
Jawaban : D

18. Perhatikan teks dongeng berikut!
Raden Abimanyu terkepung prajurit Korawa. Kesatria Pandawa itu bertempur tanpa bala bantuan. Raden Abimanyu terdesak dan gugur di medan Kurusetra. Di badannya tertancap puluhan anak panah dari para prajurit Kurawa. Dewi Subadra terdiam dengan tatap mata sendu ketika mendengar kabar anak semata wayangnya itu.
( Sumber: https://zuhriindonesia.blogspot.co.id: dengan sedikit pengubahan )
Maksud kalimat bercetak miring yakni ....
A. Dewi Subadra bergembira lantaran kematian bala tentara Kurawa.
B. Dewi Subadra hendak maju berperang melawan Kurawa.
C. Dewi Subadra bersedih lantaran kematian anak tunggalnya.
D. Dewi Subadra menatap prajurit Korawa yang berjumlah ribuan.
Jawaban : C

19. Cermati kalimat berikut!
Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam letak geografis jumlah penduduk dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan katanya.

Penggunaan tanda baca untuk kalimat tersebut yakni ...
A. “Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan,” katanya.
B. “Sumber daya ekonomi, terkini bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan,” katanya.
C. “Sumber daya ekonomi terkini, bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan?” katanya.
D. “Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan!” katanya.
Jawaban : A

20. Cermatilah penggalan dongeng pendek berikut!
Takdir memang selalu punya cara yang tak terduga semoga selalu tampak mengejutkan. Tanpa firasat apa-apa, orang miskin itu mendadak mati. Anak-anaknya hanya melamun memandangi mayatnya yang terbujur menyedihkan di ranjang. Sementara istrinya terus menangis, bukan lantaran sedih, tapi lantaran resah mesti beli kain kafan, nisan, hingga harus bayar lunas kuburan. Seharian wanita itu pontang-panting cari utangan, tetapi tetap saja uangnya tak cukup buat biaya pemakaman.
”Bagaimana, mau dikubur tidak?”
Para pelayat yang sudah usang menunggu mulai menggerutu. Karena merasa hanya bikin susah dan merepotkan, maka orang miskin itu pun tetapkan untuk hidup kembali.
(diakses: www.zuhriindonesia.blokspot.co.id)
Akibat konflik pada teks dongeng pendek tersebut adalah...
A. orang miskin itu mendadak mati
B. uangnya tak cukup untuk biaya pemakaman
C. orang miskin itu tetapkan hidup kembali
D. istri orang miskin pontang-panting cari utangan
Jawaban : C

21. Cermatilah kutipan dongeng berikut!
Cerita 1
“ Kau harus membawanya kembali!” Erza berteriak kalang kabut.
Aku gugup. Bingung. Tak tahu apa yang harus kuperbuat, sedangkan insan dengan wajah setengah simpanse itu memandang sekeliling. Manusia purba itu menemukanku ketika saya menelitinya dan tanpa kusadari ia mengikutiku. Manusia purba itu akan mati kalau tidak kembali dalam waktu 12 jam.

(Sumber: Titik Harsiati, dkk. Buku Bahasa Indonesia Kelas VII) 
Cerita 2
Setelah Dani dan kedua temannya menyebutkan semua sikap baik yang pernah mereka lakukan, tiba-tiba pintunya terbuka.
“ Buuuummm...!”
Seakan ada asap tebal yang mengangkat mereka kembali ke dunia nyata. Dan tanpa diduga, mereka bertiga telah berada di area Candi Trowulan, Mojokerto. ....

(Sumber: Titik Harsiati, dkk. Buku Bahasa Indonesia Kelas VII) 
Pola pengembangan kedua kutipan dongeng anak di atas yang tepat adalah...
A. Cerita 1 kepingan orientasi dikembangkan dengan pengenalan konflik.
Cerita 2 kepingan komplikasi dikembangkan dengan melompat pada zaman yang berbeda.
B. Cerita 1 kepingan orientasi dikembangkan dengan pengenalan konflik.
Cerita 2 kepingan resolusi dikembangkan dengan sebab-akibat yang unik.
C. Cerita 1 kepingan komplikasi dikembangkan dengan mengubah latar cerita.
Cerita 2 kepingan resolusi dikembangkan dengan sebab-akibat yang unik.
D. Cerita 1 kepingan orientasi dikembangkan dengan pengenalan latar cerita.
Cerita 2 kepingan resolusi dikembangkan dengan lompatan waktu.
Jawaban : B

22. Cerita 1
Ia tertinggal sendirian. Ibu, ayah, serta kakaknya sudah pergi. Ia tidak mengikuti nasihat-nasihat mereka. Ia menangis matanya basah. Nasihat yang hanya didengar tanpa diindahkan. Tak henti-henti ia merutuk pada diri sendiri. Inikah akibatnya. Lamunannya terhenti kala seorang polisi menyuruhnya berteduh di pos jaga.
....

Cerita 2 ....
Kemudian, sang semut berterima kasih pada kupu-kupu dikarenakan telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai hewan yang hebat dan terpuji. Mendengar kebanggaan itu kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku yakni kepompong yang dulu kau ejek,” kata si kupu-kupu.
Ternyata kepompong yang dulu ia ejek sudah menyelamatkan dirinya.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua dongeng di atas yakni ....
A. Teks 1: bentuk narasi, dipengaruhi bahasa daerah
Teks 2: bentuk narasi, tidak dipengaruhi bahasa daerah
B. Teks 1: bentuk narasi, memakai bahasa sehari-hari
Teks 2: bentuk narasi, memakai bahasa kias
C. Teks 1: bentuk narasi, terdapat kata sandang
Teks 2: bentuk narasi, terdapat majas
D. Teks 1: bentuk narasi tanpa dialog
Teks 2: bentuk narasi dengan dialog, terdapat kata sandang
 
Jawaban : D

23. Cermati kutipan teks berikut!
(1) “Tentu saja, Nona. Semua kendaraan beroda empat keluaran terbaru mempunyai fitur itu.” Jawaban yang sama. (2) “Bagus. Sekarang kau terbang, saya memerintahkanmu!” (3) “Nona, saya harus memperingatkanmu. Memaksa kendaraan beroda empat taksi untuk terbang yakni tindakan pelanggaran protokoler keselamatan penumpang. (4) “Baiklah, kalau begitu saya ikuti kemauanmu,” jawab Nona. (5) Nona pun tak jadi memaksa taksi untuk terbang.
Bukti tabiat tokoh Nona penurut pada kutipan dongeng tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) 
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
Jawaban : D

24. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Ini uang upah menyapu yang kau berikan padaku tempo hari," terperinci Yusa dengan tersenyum di bibirnya. Dipandangnya Sam dengan pandangan berpijar.
"Aku tahu sekarang, mengapa kau pelit jajan. Aku pun merasa amat sayang bila harus jajan dengan uang ini. Karena ...."
"Itu uang ajaib!" potong Sam.
"Ya. Uang ini mengandung nilai perjuangan!" cetus Yusa pasti.
Sam mengangkat alisnya tinggi. Lantas tersenyum sendiri.
"Uang ini akan kujadikan modal," lanjut Sam mengagetkan Yusa.
"Modal?"
"Tentu kutambahi dengan uang tabungan dari dalam celengan. Akan kubelikan ayam. Aku ingin beternak. Agar sering-sering mempunyai uang ajaib." tegas Sam sambil tertawa. Yusa juga.
Matahari semakin terik. Namun, rasa haus terlupakan begitu saja. Mereka berjalan ke luar kelas.

Komentar yang tepat perihal cerpen di atas adalah...
A. Tokohnya mempunyai abjad yang menarik dan penuh semangat.
B. Latar dongeng mengambil tempat di sebuah desa yang damai.
C. Temanya terlalu sederhana dan tidak masuk akal.
D. Dilihat dari urutan peristiwanya, dongeng tidak mempunyai alur
Jawaban : A


25. Bacalah kutipan teks berikut! 
Dari penelitian medis, memang terdapat beberapa kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirsak yang sanggup mendapatkan amanah untuk membasmi kanker. Penelitian lebih lanjut mengenai daun sirsak masih terus dikembangkan dan menjadi salah satu yang paling dinantikan dalam dunia medis. [...] Namun harus diperhatikan cara yang benar untuk memakai daun sirsak ini sebagai obat semoga menunjukkan manfaat yang maksimal untuk tubuh manusia.


Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut yakni ...
A. Manfaat daun sirsak untuk kanker masih dalam perdebatan yang sangat panjang.
B. Belum ada yang mengambarkan daun sirsak bermanfaat mengobati kanker.
C. Secara garis besar, penyakit kanker hingga ketika ini sulit disembuhkan.
D. Beberapa pasien mencoba daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker.
Jawaban : D

26. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini.
(2) Di Harau ini banyak keindahan yang memukau.
(3) Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah
(4) Lembah Harau, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter.
(5) Tinggi tebing-tebing tersebut mencapai 500 meter lebih.
Urutan kalimat-kalimat di atas semoga menjadi teks laporan yang padu adalah....
A. (1), (2), (3), (4), (5)
B. (2), (3), (5), (1), (4)
C. (3), (5), (1), (4), (2)
D. (4), (2), (3), (5), (1)
Jawaban : D

27.Perhatikan petunjuk berikut!
Menghilangkan Rasa Sakit lantaran Tertusuk Duri
(1) Ambillah sebatang sereh kemudian memarkan sedikit!
(2) […]
(3) Lalu bakarlah di atas api hingga cukup panas!
(4) […]
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang dan duri tersebut akan keluar dengan sendirinya!
Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut sanggup dilengkapi dengan kalimat ...
A. (2) Sereh yang sudah cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit!
(4) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
B. (2) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
(4) Tempelkan sereh yang cukup panas tadi, pada kepingan kaki Anda yang tertusuk duri!
C. (2) Tempelkan batang sereh yang sudah dipanaskan tadi! 
(4) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!
D. (2) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit di kaki hilang dengan sendirinya!
(4) Batang sereh dicelupkan ke dalam minyak kelapa sebelum dibakar!
Jawaban : D

28. Cermatilah kutipan puisi berikut!
Kemarau
Kemarau menjulurkan lidahnya
[....] bercabang-cabang
Menjilati bumi, terbelah
Menjilati alang-alang, meranggas
Menjilati ranting, kering
Menjilati sawah, petani [...]
Kemarau memutar pengecap
Porak-porandakan semua

(Sumber: https://brainly.co.id
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi di atas adalah....
A. (1) lurus, (2) susah
B. (1) kasar, (2) menangis
C. (1) panas, (2) nestapa
D. (1) panjang, (2) merintih
Jawaban : D

29. Cermatilah kutipan puisi berikut!
Pedagang asongan itu sedang menjajakan koran di terminal bus. 
Variasi yang tepat untuk menggantikan kata menjajakan pada kalimat di atas yakni …
A. menjual
B. membagi
C. membawa
D. memberikan
Jawaban : A

30. Cermatilah kutipan puisi berikut! 
Adik berenang dengan gembira. 
 Kalimat yang mempunyai pola sama dengan kalimat di atas adalah...
A. Ayah membeli sepatu baru.
B. Paman mengayuh sepedanya.
C. Lionel berjalan dengan santai.
D. Palupi berbicara dengan adiknya
Jawaban : C

31. Cermati kalimat berikut!
Para pemimpin pada hari Jum’at (8/12) terus melaksanakan konsultasi intensip untuk mencari bentuk reaksi kolektif. 

Perbaikan kesalahan ejaan pada kalimat tersebut yakni ....
Jawaban : C

32. Bacalah kutipan wawancara berikut!
Pewawancara : “Gigi berlubang, gusi berdarah, dan plak pada gigi apa penyebabnya, Dok?
Narasumber : “Ketiga problem kesehatan gigi tersebut pada dasarnya berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi atau menyikat secara asal-asalan.”
Pewawancara : “Untuk menggosok gigi yang baik itu, waktunya kapan aja, Dok?
Narasumber : “Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada ketika malam dan pagi hari.”
Pewawancara : “Terus bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar?”
Narasumber : “Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat.”

Narasi yang sesuai dengan kutipan wawancara tersebut yakni ...
A. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin tidak gosok gigi atau mengikat gigi asal-asalan. Waktu yang baik mengosok gigi yaitu pada malam hari dan pagi hari. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat.
B. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, menghilangkan sisa-sisa makanan, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat. Dengan demikian gigi akan tetap higienis dan terawat.
C. Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada ketika malam dan pagi hari. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, menghilangkan sisa-sisa makanan, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat. Jika hal tersebut dilakukan maka kita akan terhindar dari sakit gigi.
D. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi. Bisa juga kita cuma menyikat asal-asalan. Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada ketika malam dan pagi hari. Oleh alasannya itu, mari kita jaga kesehatan gigi kita dengan menjaga kebersihan gigi, tidak lupa menyikat gigi sehari dua kali, dan bila ada gangguan pada gigi segeralah pergi ke dokter gigi.
Jawaban : A

33. Cermatilah kalimat berikut!
Puluhan ribu para tenaga kerja Indonesia yang mengais rezeki ke aneka macam negara berbeda-beda nasibnya.
Kesalahan penggunaan kata dalam kalimat di atas adalah...
A. penggunaan kata ulang “berbeda-beda” tidak diharapkan
B. penggunaan kata “ para” yang mubazir
C. kata “puluhan ribu” seharusnya dihilangkan
D. kata “tetapi” seharusnya diganti “namun”
Jawaban : B

34. Cermati Paragraf Berikut!
(1) Pemerintah telah meluncurkan enam paket kebijakan ekonomi. 2) Paket kebijakan ekonomi tersebut bertujuan untuk merespon perlambatan ekonomi akhir tekanan global dan rendahnya absorpsi APBN. 3) Namun, menciptakan desa semakin terpinggirkan. 4) Kondisi tersebut disebabkan keenam paket kebijakan, pemerintah terlihat fokus dengan sektor industri, properti, infrastruktur atau konektivitas, kehutanan dan pertanian, pariwisata, alat transportasi, dan sumber daya air

Penggunaan kalimat yang tidak tepat pada paragraf di atas ditunjukkan nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban : C

35. Jenis penyakit pasien itu sanggup diketahui sehabis membaca hasil ..... laboratorium kesehatan.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas yakni . . . .
A. diagnosis
B. analisa
C. evaluasi
D. autopsi
Jawaban : A

36. Obat mujarab ini mempunyai aneka macam khasiat menyerupai .... peredaran darah, menambah nafsu makan, dan meningkatkan stamina.
Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang di atas ialah …
A. melancarkan
B. diperlancar
C. lancarkan
D. pelancaran
Jawaban : A

37. (1) Perum Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, menutup pendakian Gunung Prau, Jawa Tengah di awal 2018. (2) Langkah tersebut sebagai tindakan rutin yang dilakukan setiap tahun. (3) Ribuan pendaki berada di puncak Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. (4) Selama itu, akan dilakukan perbaikan jalur-jalur pendakian hingga acara penghijauan/konservasi.
Perbaikan kalimat (3) pada kutipan teks tersebut yakni ...
A. Penutupan tersebut mulai 5 Januari 2018 hingga 4 April 2018.
B. Pendaki yang tetap naik ketika masa penutupan dikenakan sanksi.
C. Pendaki yang tetap ingin mendaki harus izin terlebih dahulu.
D. Pendaki bisa menghubungi pos Gunung Prau terdekat.
Jawaban : B

38. Fifian tidak masuk sekolah, lantaran kakeknya meninggal dunia. 
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca koma pada kalimat di atas yang tepat adalah...
A. tanda koma tersebut perlu dihilangkan lantaran menciptakan kalimat tidak efektif
B. tanda koma perlu dihilangkan lantaran menciptakan kalimat tidak baku
C. tanda koma perlu dihilangkan lantaran menciptakan maksud kalimat menjadi rancu
D. tanda koma perlu dihilangkan lantaran induk kalimat mendahului anak kalimat
Jawaban : D

39. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kakak mengambil obat di apotek.
(2) Ibu menyimpan seluruh mainan adik dalam almari.
(3) Kualitas kertas majalah terbaru itu sangat baik.
(4) Mereka mendengarkan hikmah nenek dengan baik.
Kesalahan penggunaan ejaan terdapat pada kalimat nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Jawaban : B

40. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) “ Ayahmu sudah berangkat ke Bali sore tadi, Dit,” ucap ibu.
(2) Ibu ke pasar membeli sayuran: kangkung, bayam, sawi, dan bunga kol.
(3) Dewi tidak masuk sekolah, lantaran kepalanya terasa pusing.
(4) Apakah yang mengakibatkan nenek murung beberapa hari ini?
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Jawaban : C

Soal Uraian

41. Teks 1
Rita : Apa-apaan sih? Kok puisiku dicorat-coret?
(menahan marah)
Bayu : Maafin saya Rita. Habis Aku suka sih baca karya-karyamu. Aku ingin
menambahkan hiasan pada kepingan tepi kertas yang kosong biar terlihat lebih
indah. Tidak ada maksud lain.
Rita : Tapi mestinya kau minta izin padaku dulu, kan? Kau tak bisa berlaku
seenaknya terhadap karya orang lain. Meskipun kau berakal melukis.
Bayu : Iya,deh. Aku minta maaf ( sambal nyengir meratapi diri)

Teks 2
Pembuatan Nata de Coco
1) Saring air kelapa memakai saringan halus. Ini untuk menghilangkan, pecahan tempurung, serat sabut, atau kotoran lainnya.
2) Panaskan air kelapa tadi selama 30 menit.
3) Selama pemanasan berlangsung masukkan materi tambahan lainnya.
4) Sebelum pemanasan selesai tambahkan asam cuka hingga mencapai pH tertentu.
5) Pemanasan harus berhenti kalau sudah mencapai pH yang dimaksud.
Bandingkan pola penyajian dan penggunaan bahasa dari kedua teks tersebut!
a. Pola penyajian
Teks 1 : .......................................................................................................
Teks 2 : .......................................................................................................
b. Penggunaan bahasa
Teks 1 : .......................................................................................................
Teks 2 : ......................................................................................................

Jawaban :
a. Pola Penyajian
Teks 1: teks disajikan dalam bentuk percakapan tokoh/ obrolan
tokoh yang dilengkapi dengan petunjuk lakuan
Teks 2: teks disajikan dalam bentuk kalimat petunjuk melaksanakan
sesuatu yang disusun secara urut/ sistematis.
b. Penggunaan Bahasa
Teks 1: memakai kalimat pribadi dan tak pribadi
Teks 2: memakai kalimat perintah imperatif, terdapat
kalimat saran, mengandung ukuran yang jelas, dan mempunyai batasan.


42. Cermatilah cerpen berikut! ...
Di bawah pohon waru, Saidah sedang menggelar dagangannya nasi pecel. Jakun Karyamin turun naik, ususnya terasa pedih.
“ Masih pagi kok pulang, Min?” tanya Saidah. “Sakit?”
Karyamin menggeleng dan tersenyum. Saidah memperhatikan bibirnya yang membiru dan kedua telapak tangannya yang pucat. Setelah dekat, Saidah mendengar bunyi kuruyuk dari perut Karyamin.
“Makan, Min?”
“Tidak, beri saya minum saja. Lenganmu sudah ciut menyerupai itu, saya tak ingin menambah utang,”
“Iya, Min, iya. Tetapi kau lapar, kan?”
Karyamin tak menyahut.....
(Sumber: Cerpen Senyum Karyamin, Ahmad Tohari)

Galilah dua informasi tersirat dalam teks cerpen di atas!
1. ..........................................................................................................
2. ..........................................................................................................

Jawaban :
1. Karyamin kuli kerikil yang miskin, tetapi tidak suka menyusahkan orang lain.
2. Saidah citra pedagang kecil yang baik dan punya keiklasan serta kepedulian terhadap orang lain

43. Cermati kutipan latar belakang karya tulis berikut! Banyaknya penggunaan kendaraan bermotor yang mengesampingkan perhatian terhadap dampaknya bagi lingkungan secara perlahan namun niscaya pada akhirnya akan merugikan lingkungan tempat tinggal insan dan kehidupannya. “Para andal lingkungan telah menemukan indikasi adanya dampak yang besar bagi lingkungan dan dunia secara global akhir polusi dari asap kendaraan bermotor yang telah berkembang pesat ini.” (Bapedal, 1998).

Kendaraan bermotor kini merupakan hal yang sangat lazim kita saksikan di sepanjang jalan raya. Mulai dari kendaraan roda dua hingga roda empat, mulai dari kendaraan umum hingga kendaraan pribadi. Tentunya kendaraan bermotor ini mengeluarkan asap yang mengandung CO2, yaitu hasil pembakaran yang tidak tepat sehingga sanggup mengganggu proses pernapasan. Di samping itu, asap kendaraan bermotor juga sanggup mengakibatkan polusi udara yang sangat mencemari dan merusak lingkungan. Karena itulah kami tertarik menjadikan topik ini sebagai bahasan karya ilmiah sederhana yang akan kami tulis.

Tulislah :

 a) Judul yang sesuai kalau ditulis menjadi karya ilmiah!
b) Perumusan masalah!

Jawaban :
A. Judul : Cara Mengatasi Dampak Asap Kendaraan terhadap Lingkungan
b. Rumusan Masalah : Bagaimanakah cara mengatasi dampak asap kendaraan terhadap lingkungan?


44. Bacalah pararaf berikut!
Kebakaran hutan pada lereng Lawu Utara merupakan ancaman bagi ekosistem di wilayah itu. Ribuan hektar hutan yang masih menutupi sebagian lereng utara terancam rusak kalau terjadi kebakaran. Lereng utara termasuk wilayah Karanganyar, terdapat lebih daripada 6.000 hektar hutan aneka macam jenis.

Perbaikilah kesalahan penggunaan kata tercetak miring pada teks di atas!
Jawaban :
Kebakaran hutan di lereng Lawu Utara merupakan ancaman bagi ekosistem di wilayah itu. Ribuan hektar hutan yang masih menutupi sebagian lereng utara terancam rusak kalau terjadi kebakaran. Lereng utara termasuk wilayah Karanganyar, terdapat lebih dari 6.000 hektar hutan aneka macam jenis.

45. (1) Hai apa yang sedang kau lakukan di sini
(2) Karin berpesan nanti sepulang sekolah tunggu Kakak dulu ya Dik
Tulislah kembali kalimat-kalimat di atas dengan menunjukkan tanda baca yang tepat!
Jawaban :
(1) Hai, apa yang sedang kau lakukan di sini?
(2) Karin berpesan,” Nanti sepulang sekolah, tunggu Kakak dulu ya, Dik!”


Gimana?? Memang latihan soal bahasa Indonesia di KTSP membutuhkan waktu yang tidak sedikit mengingat soal per soal selalu disajikan teks yang membutuhkan kemampuan membaca cepat. Jika tidak, sobat tidak bisa mengerjakan soal yang tersisa dengan maksimal lantaran terbatasnya waktu.

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp 2019 Ktsp Dan Jawabannya"