Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Dan Kunci Tanggapan Usbn Ppkn Smk 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN PPKN Sekolah Menengah kejuruan 2019. HOTS dipakai pada naskah soal latihan yang admin bagikan di artikel PPKN USBN Sekolah Menengah kejuruan kali ini. Penalaran tingkat tinggi kemungkinan saja akan sobat dapatkan pengalamana. Seperti apa sih model soal HOTS.

Walau pun mata pelajaran PPKN SMK tidak begitu di nomer satukan oleh beberapa kalangan siswa. Tapi tetap saja sebagai warga negara Indonesia yang baik Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bersifat wajib untuk dipelajari.

Mata kuliah, mata ujian CPNS, mata ujian lainnya pun sering kali mengikutsertakan mapel ini.

Buat sobat yang masih belum mengetahuinya. Bahwa mata pelajaran PPKn hanya dikhususkan untuk sobat yang sekolahnya sudah memakai K13. Namanya pun berbeda, ada poin (P) yang merupakan kependekan dari Pancasila.

Sedangkan untuk KTSP hanya Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Makara kesimpulannya, latihan soal PPKN USBN Sekolah Menengah kejuruan ini berbasis Kurikulum 2013. Jika sekolah sobat belum menggunakannya, sobat sanggup mencari latihan soal lainnya yang sesuai dengan kurikulum yang diajarkan.

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN PPKN Sekolah Menengah kejuruan 2019




Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN PPKN Sekolah Menengah kejuruan  Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN PPKN Sekolah Menengah kejuruan 2019


Terdapat 45 butir soal dan Kunci jawaban yang sudah admin sediakan di bawah ini. tapi jangan berharap 100% bahwa soal yang tersebar di internet menyerupai punya ane ini akan tembus di USBN Sekolah Menengah kejuruan 2019. Yang perlu sobat lakukan hanya berusaha dan bekerja keras memperdalam materi PPKN USBN Sekolah Menengah kejuruan K13 yang sudah terangkum lengkap di kisi - kisi yang dibagikan pihak BSNP.

Sobat sanggup mengeceknya di artikel ini :
Cek : Kisi - kisi USBN PPKN Sekolah Menengah kejuruan

Buat para kalangan yang menginginkan soal di bawah ini dalam bentuk softfile, admin sudah membagikannya juga dalam bentuk PDF yang sanggup anda unduh di bawah  ini. Sedangkan copy paste pribadi tidak admin sertakan, terutama untuk sobat yang ingin posting ulang.
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN PPKN Sekolah Menengah kejuruan 2019 PDF, DOWNLOAD

Yapp, selamat mengerjakan.. Karena masih tergolong latihan, sobat tidak usah buru - buru dan memperdalam struktur soal yang terkandung di dalamnya.

A. PILIHAN GANDA

1. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam sila-sila Pancasila bersifat universal, didalamnya terkandung cita-cita, tujuan, serta nilai-nilai yang baik dan benar. Nilai dasar tersebut bersifat tetap dan terlekat pada kelangsungan hidup negara. Nilai-nilai dasar inilah yang akan diwujudkan dan dicapai bangsa Indonesia.
Nilai-nilai dasar tersebut merupakan nilai….
A. ideal
B. instrumental
C. praksis
D. filosofis
E. hakiki 
Jawaban : A

2. Menurut pendapat Notonagoro, Dardji Darmodihardjo, dan Hazairin, bahwa sila-sila dalam Pancasila merupakan rangkaian kesatuan dan kebulatan yang tidak terpisahkan alasannya tiap sila mengandung empat sila lainnya. Sila yang di atas menjiwai dan mencakup sila-sila di bawahnya. Kelima sila itu memperlihatkan suatu rangkaian urut-urutan yang bertingkat, di mana tiap-tiap sila mempunyai tempatnya sendiri di dalam rangkaian susunan kesatuan itu sehingga tidak sanggup dipindah-pindahkan atau ditukar urutannya.
Gambaran saling keterkaitan tersebut mempunyai pola sebagai …
A. hierarkhis – sistematis
B. hierarkhis piramidal
C. bertingkat dan berjenjang
D. dimensi filosofi yang terstruktur
E. ideologi yang lengkap dan teruji 
Jawaban : B

3. Pancasila selain mengandung nilai kerohanian yang mengakui pentingnya nilai material dan nilai vital secara seimbang, dikenal juga didalamnya nilai yang bersifat objektif yang sanggup dijelaskan sebagai berikut....
A. Pancasila sanggup di rubah oleh pembentuk negara itu sendiri
B. nilai-nilai Pancasila merupakan filsafat hidup yang paling sempurna
C. sila-silanya memperlihatkan adanya sifat abstrak, umum dan universal
D. nilai-nilai Pancasila timbul sebagai hasil kesepakatan para pendiri bangsa
E. nilai-nilai Pancasila mengandung nilai estetis, nilai etis dan nilai religius 
Jawaban : C

4. Jika kita memperhatikan fenomena sosial, banyak kesenjangan yang terjadi antara aspek normatif konstitusi dengan fakta yang terjadi. Seolah-olah demokrasi yaitu sebuah prinsip kebebasan yang terlepas dari aturan. Bagaimana sebaiknya supaya kesenjangan tersebut tidak semakin menjalar .…
A. masyarakat kurang memahami pengertian demokrasi
B. sistem demokrasi kurang sempurna dilaksanakan di Indonesia
C. sebaiknya pemerintah mengganti sistem demokrasi dengan sistem lain
D. masyarakat supaya selalu diberi sosialisasi ihwal sistem pemerintahan demokrasi
E. rakyat dan pemerintah harus berhubungan dalam memahami dan melaksanakan sistem demokrasi 
Jawaban : E

5. Penerapan sistem demokrasi di Indonesia semenjak merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga kini sering berganti-ganti dengan periodisasi yang cukup singkat dari sistem demokrasi liberal parlementer, demokrasi terpimpin hingga demokrasi Pancasila; alasannya selalu dimaknai berdasarkan kepentingan individu maupun kelompok masing-masing, sehingga gagal dan menyebabkan ketidak-stabilan politik. Pada akhirnya, kita kembali ke sistem demokrasi Pancasila. Hal ini membuktikan, bahwa.…
A. suatu negara bebas menerapkan sistem pemerintahan sesuai dengan jamannya
B. kegagalan dan keberhasilan dalam sistem pemerintahan ditentukan oleh banyak faktor antara lain stabilitas politik
C. demokrasi Pancasila paling cocok diterapkan alasannya sesuai dengan nilai-nilai jatidiri bangsa Indonesia
D. demokrasi Pancasila tidak sanggup menyesuaikan perkembangan jaman
E. Indonesia gres mencari bentuk sistem pemerintahan yang paling cocok untuk diterapkan 
Jawaban : C

6. Suatu negara niscaya membutuhkan kontitusi untuk mengatur praktik penyelenggaraan negara dan melindungi segenap hak-hak asasi warga negaranya. Konstitusi merupakan obyek penting yang terkandung dalam kehidupan ketatanegaraan suatu negara alasannya konstitusi....
A. mengatur penerapan pemisahan kekuasaan antar lembaga-lembaga negara
B. mengatur bagaimana penyelenggaran pemilihan umum yang demokratis
C. merupakan kesepakatan secara umum dikuasai pemegang bunyi terbanyak di DPR
D. menjamin terpenuhinya seluruh hak-hak asasi dariwarga negaranya
E. merupakan kesepakatan ihwal format kelembagaan organisasi negara 
Jawaban : B

7. Indonesia menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ke-60 pada tanggal 28 September 1950. Meskipun pernah keluar dari keanggotaan PBB pada tanggal 7 Januari 1965 sebagai bentuk protes atas diterimanya Malaysia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, dan masuk kembali pada tanggal 28 September 1966.

Hal ini sesuai dengan komitmen bangsa Indonesia dalam melaksanakan amanat tujuan nasional Indonesia berkaitan dengan kekerabatan internasional, yaitu .…
A. pembangunan kekerabatan internasiona Indonesia ditujukan untuk meningkatkan persahabatan dan kerjasama bilateral melalui aneka macam macam lembaga sesuai kepentingan nasional
B. bangsa Indonesia dalam membina kekerabatan dengan negara lain menerapkan prinsip politik luar negeri bebas aktif dan diabadikan bagi kepentingan nasional, terutama kepentingan pembangunan di segala bidang serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial
C. pola kekerabatan internasional yang dibangun oleh bangsa Indonesia sanggup dilihat dari kebijakan politik luar negeri Indonesia
D. bangsa Indonesia harus senantiasa meningkatkan kualitas kerjasama internasional yang dibangun dengan negara lain
E. bangsa Indonesia menjalin persahabatan yang baik dengan negara di dunia, terutama dengan negara-negara Afrika dan Asia atas dasar kerjasama membentuk satu dunia gres yang higienis dari imperialism dan kolonialisme 
Jawaban : B

8. Perhatikan gambar denah berikut ini : 


Bagian di atas menggambarkan alur tahapan pembukaan dan pengangkatan .…
A. Duta Besar
B. Perwakilan diplomatik
C. Diplomat
D. Kuasa Usaha
E. Atase-atase 

Jawaban : B

9. 1. Mempelajari bunyi pasal-pasalnya
2. Memahami fungsi dan tujuan Undang-Undang Dasar itu dibuat
3. Menyelidiki bagaimana simpel dan suasana kebatinannya
4. Banyak sedikitnya pasal-pasal yang ada di dalam Undang-Undang Dasar
5. mempelajari bagaimana terjadinya teks Undang-Undang Dasar
Yang termasuk dalam upaya untuk memahami dengan baik Undang-Undang Dasar suatu negara….
A. 1 – 2 – 3
B. 1 – 2 – 4
C. 1 – 2 – 5
D. 2 – 3 – 4
E. 1 – 3 – 5 

Jawaban : B

10. Berdasarkan kesepakatan, amandemen yang dilakukan terhadap Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 tidak serta merta mengubah Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945.Hal tersebut dikarenakan...
A. Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 merupakan hasil kesepakatan para pendiri negara
B. Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 memuat dasar filosofis yang mendasari seluruh pasal Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945
C. Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Pasal-pasal
D. Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 merupakan cerminan kepribadian bangsa Indonesia
E. Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 merupakan klasifikasi dari harapan bangsa Indonesia
Jawaban : B

11. Perhatikan sumber-sumber pendapatan daerah berikut ini
1. hasil retribusi daerah
2. dana perimbangan
3. hasil pajak daerah
4. hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan
5. Dana Alokasi Umum
Sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) ditunjukkan oleh nomor .…
A. 1 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 4
C. 2 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 5
E. 3 – 4 – 5 

Jawaban : B

12. Contoh partisipasi masyarakat dalam membantu upaya pemerintah mencapai tujuan negara “memajukan kesejahteraan umum” yaitu ….
A. mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku
B. mewakili Indonesia dalam konferensi internasional
C. mengikuti seleksi calon anggota Tentara Nasional Indonesia
D. membuat lapangan pekerjaan padat karya
E. menjadi guru sukarelawan untuk belum dewasa di daerah terpencil 

Jawaban : E

13. Sebagai salah satu pendiri dan negara anggota ASEAN, Indonesia berperan aktif dalam mewujudkan tujuan berdirinya Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community) yaitu mendorong efisiensi dan daya saing di tempat Asia Tenggara. Hubungan antara kiprah Indonesia dalam ASEAN dengan kesiapan dalam pembangunan nasional adalah....
A. mencari produk dalam negeri yang sulit bersaing di pasar ASEAN supaya beredar di pasar domestik
B. memudahkan arus kemudian lintas sumber daya insan untuk keluar dan masuk ke negara anggota
C. meningkatkan kualitas sumber daya alam dan tenaga kerja yang siap bersaing di pasar  ASEAN
D. menjadi pasar terbesar untuk menarik kunjungan wisatawan manca negara
E. menghindari persaingan bebas diantara produk-produk negara ASEAN 

Jawaban : C

14. Pada hakekatnya, urusan pemerintah pusat yang berskala nasional tidak diserahkan kepada daerah. Namun, khusus di bidang keagamaan sebagian kegiatannya sanggup ditugaskan pemerintah pusat kepada daerah sebagai upaya….
A. mencegah munculnya agama-agama yang tidak esuai dengan lokalitas suatu daerah
B. meningkatkan keikutsertaan daerah dalam menumbuh-kembangkan kehidupan beragama
C. memperlihatkan kebebasan kepada daerah dalam menyebarkan agama-agama gres
D. menghindari konflik dalam lembaga pusat pada dikala memutuskan kebijakan keagamaan
E. memperlihatkan pengukuhan terhadap keberadaan suatu agama 

Jawaban : A

15. Urusan pemerintahan yang dibagi antara pemerintah pusat, daerah provinsi, dan daerah kabupapten/kota berdasarkan prinsip akuntabilitas, efisiensi, eksternalitas, dan kepentingan strategis nasional yaitu urusan ….
A. konkuren
B. adikara
C. umum
D. otonomi
E. kiprah pembantuan 

Jawaban : A

16. Dalam melaksanakan otonomi, pemerintah daerah memakai asas….
A. otonomi dan kiprah pembantuan
B. sentralisasi, otonomi, dan kiprah pembantuan
C. sentralisasi dan desentralisasi
D. konsentrasi dan otonomi
E. sentralisasi, kiprah pembantuan, dan dekonsentrasi

Jawaban : E


17. Seseorang yang mempunyai penghayatan hidup, ikatan emosional, dan tingkah laris yang menempel dengan identitas suatu negara, maka kewarganegaraan seseorang itu termasuk jenis….
A. etimologis
B. psikologis
C. geografis
D. yuridis
E. sosiologis
Jawaban : B


18. Contoh efek yang terjadi apabila penunaian hak dan kewajiban antara rakyat dan negara timpang, adalah….
A. keadilan sosial sanggup tercapai
B. masyarakat adil dan tenang
C. konflik yang meluas di tengah masyarakat
D. pamor negara di dunia akan menurun
E. kepercayaan publik terhadap pemerintah meningkat

Jawaban : C

19. Salah satu hal penting dalam mewujudkan kemerdekaan mengemukakan pendapat yaitu adanya kebebasan yang dimiliki setiap individu, karena….
A. akan menghasilkan inspirasi yang sesuai dengan hati nuraninya
B. dijamin keberadaannya di dalam peraturan perundangan
C. akan menghasilkan pendapat yang secara umum dikuasai sama
D. mewujudkan pemerintahan yang berkeadilan sosial
E. menjamin menghasilkan keputusan yang berkualitas 

Jawaban : B

20. Upaya untuk melindungi belum dewasa dari penganiayaan dan diskriminasi, negara membentuk komisi khusus, yaitu….
A. Komnas HAM
B. KPAI
C. Kemenpora
D. organisasi kepemudaan
E. BIN 

Jawaban : A

21. Budaya politik partisipan sangat diharapkan sanggup mewujudkan tercapainya demokrasi Pancasila yang sehat dan bermartabat, alasannya masyarakat mempunyai kesadaran politik yang tinggi. Berikut merupakan rujukan penerapan budaya politik dalam sistem politik Indonesia yaitu ....
A. pengerahan massa untuk mempertahankan calon kepala daerah yang terlibat kasus aturan
B. memanfaatkan media umum untuk berkampanye dan kritik terbuka
C. memakai hak pilih dalam pemilu sesuai dengan hati nuraninya
D. aktif menyuarakan pandangan politiknya dalam demonstrasi
E. memakai segala cara dalam mencapai tujuan politiknya 

Jawaban : C

22. Tingginya tingkat kriminalitas yang terjadi akhir kemiskinan yaitu tanggungjawab pemerintah dalam aspek….
A. politik
B. ekonomi
C. hankam
D. budaya
E. pendidikan 

Jawaban : B

23. Contoh pemenuhan tanggungjawab negara kepada rakyatnya dalam aspek sosial melalui pendekatan kultural (cultural approach) adalah….
A. melaksanakan inspeksi mendadak ke pasar-pasar
B. melaksanakan investigasi mendadak ke instansi-instansi pelayanan publik
C. mendirikan bangunan-bangunan sekolah gres
D. memperlihatkan remisi bagi tahanan di lembaga pemasyarakatan
E. membuat poster-poster himbauan publik di tempat-tempat umum 

Jawaban : C

24. Paham yang menganggap bangsa sendiri paling unggul dibanding semua bangsa lain di dunia, disebut….
A. chauvinisme
B. rasisme
C. etnosentrisme
D. kosmopolitisme
E. internasionalisme 

Jawaban : A

25. Sebagai warga negara Indonesia kita sudah tidak aneh lagi dengan slogan Bhinneka Tunggal Ika. Slogan yang merupakan prinsip dari pandangan hidup negara kita terhadap kemajemukan suku-suku yang ada di dalamnya. Berdasarkan hal tersebut sanggup dismpulkan bahwa fungsi dari Bhinneka Tunggal Ika yaitu ….
A. menjadi landasan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
B. sebagai pedoman untuk menyebarkan kebudayaan daerah masing-masing
C. menjadi landasan dalam berperilaku antar suku bangsa yang berbeda-beda
D. sebagai pedoman menyusun amandemen terhadap Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945
E. menjadi landasan dalam menerapkan Pancasila sebagai ideologi terbuka 

Jawaban : A

26. Dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antarbangsa adalah….
A. negara akan lebih berdikari
B. negara akan disegani oleh bangsa-bangsa di dunia
C. tidak akan kuat kalau negara sudah maju
D. akan menyebabkan aneka macam duduk kasus baik dalam bidang politik, ekonomi, ataupun sosial
E. kesejahteraan rakyat cenderung lebih baik alasannya didukung pertumbuhan ekonomi tinggi 

Jawaban : D

27. Indonesia yaitu negara dengan keberagaman suku, etnik, budaya, agama serta karakteristik dan keunikan di setiap wilayahnya. Pada dasarnya keberagaman masyarakat Indonesia menjadi modal dasar dalam pembangunan bangsa. Oleh alasannya itu, sangat dibutuhkan sikap atau sikap warga negara yang sanggup memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, menyerupai sikap saling menghargai dan menghormati.
Berdasarkan ilustrasi, salah satu arti penting sikap/perilaku yang menunjang terciptanya kondisi tersebut yaitu untuk….
A. memperkuat posisi kebudayaan daerah di atas kebudayaan nasional
B. memperkecil segala hal yang berpotensi menyebabkan konflik di masyarakat
C. memperkuat kedudukan pemerintah pusat sebagai pemegang kedaulatan rakyat
D. memperkuat kedudukan bahasa daerah sebagai salah satu simbol persatuan
E. menghilangkan perbedaan antar suku bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 

Jawaban : E

28. Dilihat dari wilayahnya, perjanjian yang dibuat oleh negara-negara Masyarakat Ekonomi Eropa  (MEE), termasuk….
A. perjanjian regional
B. perjanjian bilateral
C. perjanjian multilateral
D. perjanjian internasional
E. law making treaty 

Jawaban : A

29. Tujuan pengesahan dalam pembuatan perjanjian internasional adalah….
A. supaya perjanjian tersebut memenuhi mekanisme internasional
B. melaksanakan pengamatan secara seksama terkait isi perjanjian yang tidak menguntungkan
C. supaya pemerintah tidak semuanya sendiri dalam membuat perjanjian internasional
D. supaya perjanjian tersebut menerima pengukuhan dunia internasional
E. memberi kesempatan kepada rakyat/wakil rakyat untuk mengadakan peninjauan

Jawaban : E

30. Persetujuan formal yang bersifat mengikat dan dibuat secara bersama oleh banyak negara, disebut….
A. traktat
B. piagaram
C. konvensi
D. protokol
E. persetujuan 

Jawaban :C

31. Berdasarkan Kongres Wina 1815, tingkatan perwakilan diplomatik yang paling tinggi adalah….
A. duta
B. envoy
C. duta besar
D. kuasa perjuangan
E. menteri residen 

Jawaban : C

32. Perhatikan jenis-jenis bahaya berikut
1. Separatisme
2. Sabotase
3. Kekerasan politik
4. Perang tak terbatas
Ancaman yang termasuk keamanan dalam negeri ditunjukkan oleh nomor….
A. 4
B. 1 dan 2
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 1, 2, dan 3 

Jawaban : E

33. Perhatikan pernyataan berikut
1. adanya penyalah-gunaan kekuasaan oleh pegawanegeri keamanan
2. belum cukup profesionalnya tindakan pegawanegeri keamanan dalam menghentikan dan mencegah konflik
3. kiprah kepala daerah yang belum optimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban daerahnya
4. bahaya terorisme internasional yang memakai dalil-dalil agama untuk membenarkan tindakan kejahatan
5. adanya pihak-pihak yang bersifat kooperatif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat
Hal-hal yang perlu diatasi guna mencapai pemantapan sistem keamanan dan ketertiban dalam negeri ditunjukkan oleh nomor….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4
E. 3, 4, dan 5 

Jawaban : A

34. Pak Budi dan Pak Andi berselisih paham ihwal pembagian hasil dari perjuangan kerjasama yang mereka lakukan selama ini. Pak Andi bersama teman-temannya menganiaya Pak Budi alasannya dituduh telah melaksanakan korupsi. Tindakan Pak Andi dilaporkan ke pihak yang berwajib oleh Pak Budi. Tindakan Pak Andi melanggar prinsip-prinsip aturan dalam bidang....
A. aturan publik
B. aturan privat
C. aturan ketenagakerjaan
D. aturan manajemen negara
E. aturan keluarga dan waris 

Jawaban : B

35. Wujud dari amanat pasal 24 C Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu dibentuknya….
A. Mahkamah Agung
B. Komisi Yudisial
C. Mahkamah Konstitusi
D. Pengadilan Negeri
E. Pengadilan Tinggi 

Jawaban : C

36. Salah satu pilar demokrasi yaitu prinsip Trias Politica yang membagi tiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif, dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yang sejajar satu sama lain. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara itu dibutuhkan supaya ketiga lembaga negara tersebut sanggup saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances (pengawasan dan perimbangan).
Indonesia juga mengenal ketiga lembaga tersebut dengan ciri karakteristik sendiri dalam implementasinya, yaitu dengan menerapkan sistem. …
A. separation of power
B. division of power
C. demokrasi dalam arti luas
D. bikameral
E. demokratis-monarkhi 

Jawaban : A

37. Presiden dalam menjalankan kiprah dan kewenangannya dibidang direktur melaksanakan kerjasama dengan DPR sebagai pelaksana kekuasaan legislatif yang pengaturan dan batasannya ditetapkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Contoh penerapan kerjasama tersebut dalam ketatanegaraan Indonesia adalah....
A. penyusunan rancangan undang-undang APBN untuk dilakukan pembahasan bahu-membahu
B. membuat undang-undang dan undang-undang dasar yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia
C. menafsirkan isi undang-undang dan memberi hukuman atas setiap pelanggaran
D. mengangkat gubernur dan bupati/walikota di seluruh wilayah Indonesia
E. menuntaskan kasus-kasus sengketa pertanahan dan sertifikas
Jawaban : A

38. Bhinneka Tunggal Ika sanggup menjadi instrumen mewujudkan persatuan dan kesatuan.
Hal tersebut alasannya Bhinneka Tunggal Ika….
A. Hanya dimiliki dan diyakini oleh bangsa Indonesia
B. Mempunyai nilai filosofis untuk menyatukan bangsa Indonesia
C. Dibuat oleh para cendekiawan untuk mewujudkan Indonesia merdeka
D. Mempunyai nilai historis yang tinggi bagi kerajaan-kerajaan di Nusantara
E. Mampu menghadapi tantangan jaman untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera
Jawaban : B

39. Banyak faktor yang menghambat integrasi nasional. Salah satunya yaitu etnosentrisme.
Etnosentrisme sanggup menghambat integrasi nasional, karena….
A. membanggakan kebudayaan luar negeri yang tidak sesuai kebudayaan nasional
B. menentang paham lain yang tidak sesuai dengan paham bangsa sendiri
C. masyarakat dibuat untuk menyayangi semua kebudayaan bangsa lain
D. masyarakat hanya diwajibkan menentukan salah satu kebudayaan yang mereka yakini kebenarannya.
E. mengagung-agungkan kebudayaan sendiri sehingga merendahkan kebudayaan masyarakat lain 

Jawaban : E

40. Perhatikan denah struktur ketatanegaraan RI berikut : 

Lembaga negara yang seharusnya ditulis dan diisikan di kotak yang kosong nomor 2 dan 4 adalah….
A. BPK dan Presiden
B. Presiden dan DPR
C. Presiden dan MPR
D. MPR dan DPD
E. DPR dan MPR 

Jawaban : C

B. SOAL URAIAN

41. Tujuan negara Indonesia secara terang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 pada alinea ke IV. Tuliskan rumusan tujuan nasional tersebut secara urut! 

Jawaban : 

1. Melindungi setiap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
2. Memajukan kesejahteraan umum
3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar perdamaian kekal dan keadilan sosial

42. Sebutkan siapakah yang menjadi warga negara Indonesia berdasarkan pasal 26 ayat (1) Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945! 
Jawaban : 
Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia orisinil dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara


43. Presiden dalam melaksanakan training dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/kota di bantu oleh gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di wilayah provinsi.

Sebutkan 4 (tugas) Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat! 

Jawaban : 
1. Mengkoordinasikan training dan pengawasan penyelenggaraan Tugas Pembantuan di Daerah kabupaten/kota.
2. Melakukan monitoring, evaluasi, dan supervisi terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kabupaten/kota yang ada di wilayahnya.
3. Memberdayakan dan memfasilitasi Daerah kabupaten/kota di wilayahnya.
4. Melakukan penilaian terhadap rancangan Perda Kabupaten/Kota ihwal RPJPD, RPJMD, APBD.

44. Demokrasi Pancasila mengandung beberapa nilai adab yang bersumber dari Pancasila. Sebutkan tiga nilai adab tersebut! 
Jawaban : 
a. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
b. Tidak memaksakan kehendak pada orang lain.
c. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

45. Tuliskan macam-macam norma yang berlaku untuk mengatur kehidupan insan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara!
Jawaban : 
a. Norma Agama
b. Norma Kesusilaan
c. Norma Kesopanan
d. Norma Hukum

Demikian Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN PPKN Sekolah Menengah kejuruan 2019 yang saya bagikan di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Dan Kunci Tanggapan Usbn Ppkn Smk 2019"