Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Dan Balasan Usbn Bahasa Indonesia Smp 2019 K13

Latihan Soal dan Jawaban USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 K13. Selamat tiba di blog Soal Prediksi, yang sobat sebagaimana ketahui bahwa pada tahun fatwa kemarin ada banyak sekali kebijakan gres yang di rilis pada dunia pendidikan di Indonesia. Baik itu yakni penerapan soal HOTS, penyelenggaraan USBN pengganti UNBK, dan penggunaan naskah soal uraian pada Ujian Nasional.

Terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMP/MTs, sobat niscaya akan menghadapi yang namanya soal HOTS.; Dimana penalaran tingkat tinggi dibutuhkan, walau tidak sesulit yang dihadapi jenjang Sekolah Menengan Atas sederajat.

Contoh latihan soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 yang dibagikan di artikel ini bisa sobat gunakan untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk dari hal yang admin sebutkan di atas. Memperbanyak materi pembelajaran akan bisa menguntungkan sobat dalam hal mengingat struktur soal yang sekiranya akan digunakan dan sudah diubahsuaikan dengan kisi - kisi USBN terkait. 

Latihan Soal dan Jawaban USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 K13

Prediksi Soal, bisa saya katakan sedemikian rupa menimbang dari keseluruhan soal ini dibentuk dengan contoh kisi - kisi USBN Sekolah Menengah Pertama 2019 yang terintegrasi pada kurikulum 2013
Kisi - Kisi USBN SMP, DOWNLOAD

Yapp, sebaiknya sobat sudah mulai menyidik apakah mata pelajaran Indonesia di sekolah sudah memakai Kurikulum 2013 atau kurtilas atau belum. Jika sudah maka sobat sudah sempurna menentukan artikel Latihan Soal dan Jawaban USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 K13 ini.


Latihan Soal dan Jawaban USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama  Latihan Soal dan Jawaban USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 K13

Ketentuan naskah soal sudah admin sesuaikan dengan soal orisinil USBN Sekolah Menengah Pertama 2019, yaitu soal pilihan ganda dan uraian. 


Kalangan guru, orang tua, bimbel pun juga bisa memakai soal bahasa indonesia yang blog Soal Prediksi bagikan ini sebagai materi latihan untuk anak didik yang berada di bawah ajarannya. 

Karena admin juga sudah memperlihatkan dokumen Pdf siap print yang bisa dicetak secara masal di bawah ini, silahkan di download.
Latihan Soal dan Jawaban USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 K13 Pdf, DOWNLOAD

Okelah, ini yakni soal - soalnya, Silahkan dipelajari...

Soal Pilihan Ganda

1. Berdasarkan hasil penelitian, satu pohon bila dikonversi ke rupiah bisa menghasilkan oksigen senilai Rp 1.174.000,00 per hari. Tentu pohon-pohon yang ditebang secara asal-asalan akan mempengaruhi ekosistem yang ada. Jika keseimbangan alam terganggu, dampaknya akan sangat dirasakan oleh manusia. Padahal fungsi pohon itu sendiri untuk menyerap air dan menyediakan oksigen secara gratis. Bayangkan saja apabila kila harus membeli oksigen untuk bernafas, berapa biaya yang kita keluarkan?
Arti istilah dikonversi dalam paragraf tersebut yakni …. 
A. Dibentuk
B. Ditukar
C. Digunakan
D. Dihasilkan

Jawaban : B

2. Cermati kutipan teks tanggapan kritis berikut!
Mungkin ada sebagian atau bahkan kebanyakan orang renta dan juga siswa Sekolah Menengah Pertama seringkali dibingungkan denganpilihan ini.Terutama bagi siswa kelas 9 yang sebentar lagi akan lulus dan harussegera menentukan pilihannya.Kita harus mempertimbangkan
Kekurangan dan kelebihan dari masing-masinsebelum kita memilihnya.
Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah….
A.Siswa Sekolah Menengah Pertama kelas 9 gundah Menentukan pilihan masuk SMAatau Sekolah Menengah kejuruan setelah lulus.
B.Pilian yang Menentukan bagi siswa Sekolah Menengah Pertama kelas 9 untuk melanjutkan Sekolah Menengan Atas atau Sekolah Menengah kejuruan setelah lulus.
C.orang renta siswa Sekolah Menengah Pertama yang harus Menentukan pilihan Sekolah Menengan Atas atau Sekolah Menengah kejuruan bagi anaknya setelah lulus.
D.Siswa Sekolah Menengah Pertama kelas 9 harus sanggup Menentukan pilihan masuk Sekolah Menengan Atas atau Sekolah Menengah kejuruan setelah Lulus
Jawaban : D

3. Bacalah kutipan teks berikut!
Menyikapi permasalhan tersebut bukan hanya guru yang bertanggung jawab atas ketidakberlangsungan pembelajaran sastra di sekolah.Namun perlu ditelaah lebih lanjut mengenai kurikulum dari pemerintah yang hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran Bahasa Indonesia.Tidak sanggup dipungkiri juga minat siswa terhadap sastra sangat rendah.
Kutipan paragraf di atas merupakan salah satu struktur teks tanggapan kritis yaitu….
A.evaluasi
B.deskripsi teks
C.penegasan ulang 
D.ringkasan
Jawaban : C

4. Simak kutipan berikut!
Mungkin tidak banyak orang menyadari bahwa bergotong-royong sarapan yakni salah satu diam-diam untuk menjaga kesehatan .Tidak peduli seberapa sibuknya Anda,penting untuk mengisi materi bakar untuk tubuh Anda sehingga energi Anda terpenuhi sepanjang hari.Selain memberi energi pada tubuh,sarapan juga mempunyai manfaat lain yang tidak kalah pentingnya.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah….
A.Apa yang dimaksud dengan sarapan?
B.Di mana tempat sarapan yang paling tepat?
C.Mengapa sarapan itu penting? 
 D.Bagaimanakah sarapan yang sempurna itu?
Jawaban : A

5. Bacalah teks berikut
Bahan masakan yang pertama yang sangat baik untuk kesehatan tubuh ialah sayuran dengan kandungan serat yang berlimpah. Kandungan serat sangatlah baik bagi sistem pencernaan. Hampir semua jenis sayuran mengandung serat dan sanggup melancarkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme yang lancarakan menjauhkan tubuh dari bermacam-macam penyakit dan yang utama sanggup menjauhkan tubuh dari obesitas atau kelebihan berat badan
Makna kata metabolisme dalam paragraf tersebut yakni ….
A. Proses peredaran darah dalam tubuh tanpa proses kimia dan fisika.
B. Pertukaran zat pada organisme yang mencakup proses kimia dan fisika
C. Proses pengolahan masakan dalam tubuh tanpa proses kimia dan fiika 
D. Hasil proses pengolahan masakan dalam tubuh melalui proses kimia  
Jawaban : B

6. Bacalah teks berikut
Di bangunan Taman Kupu kita sanggup menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini terletak di samping gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung sanggup melihat secara pribadi banyak sekali jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.
Ide pokok paragraf tersebut yakni .…
A. Panorama kupu-kupu
B. Bangunan Taman Kupu
C. Berbagai jenis kupu-kupu
D. Penangkaran kupu-kupu

Jawaban : B

7. Bacalah teks berikut
Banyak di antara kita bertanya, “Apakah melihat matahari secara pribadi ketika gerhana matahari sanggup mengakibatkan buta?” Untuk menanggapi fenomena ini kita lebih mengetahuinya melalui ilmu sains. Dalam sains yang dimaksud gerhana matahari yakni sebuah fenomena posisi bumi, matahari, dan bulan sejajar berada dalam satu garis lurus. Pada ketika itu bulan akan melintas di antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan bulan ketika fase total terjadi, bulan menutupi matahari lantaran matahari akan terlihat menyerupai menjulur dari pinggir belahan yang ditutupi bulan. Dalam keadaan itu melihat matahari tidak membuat mata menjadi buta. Ini sesuai dengan pernyataan Thomas Djamaludin bahwa melihat gerhana matahari total secara pribadi mengakibatkan kebutaan merupakan mitos modern.
Simpulan isi teks tersebut yakni ...
A.Melihat matahari ketika gerhana matahari bisa mengakibatkan kebutaan.
B.Gerhana matahari merupakan fenomena alam ihwal sejajarnya bumi, matahari, dan bulan.
C.Ketika fase total gerhana, kemana matahari terlihat menjulur pada belahan tertentu.
D.Melihat pribadi matahari ketika gerhana matahari tidak mengakibatkan kebutaan.

Jawaban : D

8. Bacalah paragraf berikut!
Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh semoga tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.
Simpulan paragraf tersebut yang sempurna yakni ...
A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
B. Tidur yang cukup sanggup meningkatkan imunitas diri.
C. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas sanggup melindungi diri dari penyakit.
D. Tidur yang cukup yakni tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam
Jawaban : C

9. Bacalah paragraf tersebut!
Perundang-undangan terkait penanganan kesehatan perlu ditinjau kembali semoga pengelola kesehatan masyarakat bisa lebih terintegrasi, hal ini diungkapkan ketua forum tunjangan aturan kesehatan Iskandar Istorus, disela diskusi kesehatan masyarakat Indonesia. Undang-undang yang ada perlu ditinjau lagi . 
Ringkasan paragraf tersebut adalah…….. 
A. Diskusi ihwal kesehatan masyarakat Indonesia ditinjau lagi.
B. Perundang-undangan ihwal kesehatan perlu di tinjau kembali.
C. Sambutan ketua forum tunjangan aturan kesehatan ditanggapi.
D. Pengelola kesehatan masyarakat harus di intregarasi
jawaban : B

10. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah mempunyai satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Tempat sampah berupa tong besar atau drum. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Alam permai melaksanakan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan 
Teks 2
Perjalanan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng aja. Dimulai dari seorang mitra yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat, itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang out ke cafe di sekitar kota Medan, toh sama aja rasanya. Temyata melepaskan rasa galau
di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian yang masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba, tempat yang indah di Sumatra Utara.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut yakni ....
A. Teks 1: kalimat efektif, Teks 2: kalimat tidak efektif.
B. Teks 1: memakai kata baku, Teks 2: memakai kata tidak baku.
C. Teks 1: bahasa gampang dipahami, Teks 2: bahasa berbelit-belit.
D. Teks 1: bahasa santai, Teks 2: bahasa resmi.
Jawaban : B

11. Perhatikan paragraf berikut! 
 (1) Sudah banyak telaah ilmiah yang membahas duduk masalah teknologi. (2) Namun, masih jarang yang sudi menelaah duduk masalah yang mungkin timbul sebagai jawaban dari teknologi itu. (3) Permasalahan yang ditimbulkan oleh teknologi itu barangkali belum terhayati oleh manusia. (4) Padahal manusialah yang menciptakan, mengalami dan mendapatkan jawaban positif atau negatif teknologi itu.
Ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Jawaban : D

12. Bacalah paragraf berikut!
Pemanasan global disebabkan oleh beberapa aspek. Pertama, polusi karbon dioksida jawaban penggunaan pembangkit listrik materi bakar fosil. Kedua, polusi karbon dioksida jawaban proses pembakaran bensin pada mesin motor. Ketiga, penggunaan gas metana di bidang pertanian dan peternakan. Keempat, penebangan pohon secara liar tanpa penanaman kembali Kelima, penggunaan pupuk kimia secara berlebihan.
Teks eksplanasi tersebut, isinya dikembangkan dengan pola pengembangan . . . A. kausalitas 
B. kronologis 
C. ilustrasi 
D. klasifikasi
Jawaban : D

13. Cerita ini baik dan gampang ditangkap. Pengarang menyajikan duduk masalah yang positif dan sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya sanggup diterima daypikir serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan panjang lebar huruf tokoh-tokohnya. Makara dongeng tidak kabur. Sayang pengarang sering mengulang-ulang kata porno. Dalam satu buku, mungkin lebih dari empat kisah. 
Kalimat yang mengungkapkan keunggulan buku adalah...
A. dongeng sanggup diterima daypikir dan tidak membosankan
B. huruf tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang.
C. pengarang menghidupkan dongeng dengan dongeng porno dan menghalangi
D. dongeng diungkapkan menyerupai lazimnya dongeng yang lain
Jawaban : A

14. Bacalah teks fabel berikut.

Di tepi hutan hiduplah seekor monyet dan seekor kura-kura. Pada suatu hari, monyet mengajak kura-kura menanam pohon pisang.
"Kura-kura, mari kita menanam pohon pisang," ajak monyet.
"Ayo, kau di sebelah kanan saya di sebelah kiri," jawab kura-kura.
Hari berganti hari. Setiap hari kura-kura merawat pohon pisangnya.
"Tumbuh, tumbuhlah pohon pisangku," kura-kura bernyanyi riang.
Monyet hanya melihat tingkah kura-kura sambil tiduran di rerumputan.
"Apa kabar Monyet? Bagaimana pohon pisangmu?" sapa kura-kura kepada monyet.
"Biarkan saja, besok-besok juga berbuah," jawab monyet sombong.
Kata tercetak miring tersebut mengandung makna....
A. monyet sangat rajin
B. kura-kura sangat pemalas
C. monyet sangat pemalas
D. kura-kura sangat raji

Jawaban : C

15. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Sebuah kendaraan beroda empat colt berplat nomor merah berhenti persis di depan kedai kasur Alin. Murni berdebar-debar, kalau-kalau orang yang turun dari kendaraan beroda empat itu utusan hotel yang memesan tiga puluh kasur single itu. Ia berusaha tersenyum dan menyembunyikan giginya yang terlalu menonjol ke depan. Orang berpakaian pegawai itu juga tersenyum membalas.
"Maaf, Bu. Saya pegawai ketertiban Balaikota. Apakah racun api Ibu masih baik? Boleh saya periksa?"
Kata tercetak miring tersebut mengandung makna....
A. bangunan tempat berjualan
B. bangunan tempat memproduksi barang
C. bangunan tempat menitipkan barang
D. bangunan tempat menumpuk barang
Jawaban : A

16. Bacalah kutipan dongeng berikut!
Seorang pemburu yang tidak terlalu berani, sedang mencari jejak seekor singa. Dia kemudian berteman dengan seorang penebang kayu di dalam hutan. Dia pun bertanya kepada penebang itu bila saja ia melihat gejala jejak singa atau tahu di mana singa itu bersarang.
Kutipan teks tersebut merupakan alur belahan ....
A. pengenalan
B. perumitan
C. peleraian
D. penyelesaian
Jawaban : A

17. Cermatilah kutipan fabel berikut!
“Hore!”teriak para serangga ketika melihat kodok-kodok itu pergi.Sambil menari-nari mereka mengangkat tubuh Paman Belalang dan melempar-lemparkannya ke udara.Kakek cacing mengucapkan terima kasih kepada paman Belalang yang sudah menyelamatkan desa. Semenjak itu,Paman Belalang tidak menjadi pemurung lagi.Ia menyadari dirinya masih mempunyai kegunaan walaupun telah kehilangan kakinya.Setiap malan ia pun bergabung dengan para serangga lainnya untuk berpesta.Pman Belalang selalu bermain gitar dan bernyanyi riang.Para serangga pun sangat menyukainya.Mereka selalu ikut berpetuaklang dengan Paman Belalang dengan perahunya.
Kutipan teks dongeng tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…. 
A .orientasi 
B.komplikasi 
C. resolusi 
D. koda
Jawaban : C

18. Cermatilah kutipan fabel berikut 
1 Saat pertengahan keledai dengan santainya berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat rencana semoga kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi. Yaitu keledai memperlihatkan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau meminumnya. "Kenapa kau tidak mau meminum air ini saja?" kata kuda.
"Aku tidak haus," jawab keledai.
Kuda memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun jatuh tertidur. "Hmmm...benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku," batin Kuda.
Simpulan makna simbol dalam fabel di atas yakni ....
A. Jangan gampang percaya terhadap orang lain
B. Jangan menganggap siapa pun lemah
C. Berhati-hatilah terhadap orang yang gres dikenal
D. Berbuat baik atau jelek kepada orang lain akan mengenai kepada diri sendiri.
Jawaban : D

19. Bacalah teks berikut!
“Nis, maafin saya kalau ada salah” ucap Yola kepada Nisa di hadapan teman-temannya. Ia menguatkan diri menemui Nisa dan kawan-kawannya seorang diri.
“Hah? Sejak kapan Yola?” Nisa menatap Yola tidak percaya, begitu juga teman-teman lainnya.
“Yola gres belajar, Nisa. Maafin Yola kalau selama ini telah membuat Nisa sama teman-teman benci Yola,” bunyi parau Yola mengiang di indera pendengaran Nisa, terang sekali ia menahan air matanya yang sudah menunggu untuk meluncur di pipinya.
Dalam hitungan sepersekian detik, Nisa memeluk Yola. Pelukan sahabat yang sudah usang ia tidak rasakan. Ia peluk sekuat-kuatnya sambil menangis. Mutia, Zsazsa, Tasya, dan Aisyah juga ikut memeluk tubuh Yola. Siapa yang tidak rindu dengan pelukan sahabat yang hangat?
Lia dan Fajar yang memperhatikan mereka dari balik dinding tersenyum bangga. Apalagi Fajar bisa membuat Yola tersenyum lagi. “Misi kita selesai Lia,” desisnya, Lia membalasnya dengan senyum. Hari itu juga, mereka dekat dengan baik kembali.



(Fitrah karya Zhilan Zhalila)
Simpulan isi kutipan cerpen tersebut yakni ...
A. Memberi maaf merupakan perbuatan mulia.
B. Fitrah sanggup memecah belah persahabatan.
C. Setiap orang merindukan persahabatan sejati. 
D. Hubungan persahabatan sanggup dipulihkan kembal
Jawaban : D

20. Bacalah kutipan cerpen berikut!
(1) Wulan heran, mengapa lelaki itu begitu baik mau membayarkan ongkos busnya. Padahal wualn tidak kenal sama sekali. (2). “Astaga , jangan-jangan……” melintas pikiran jelek dibenaknya, (3) jangan-jangan leleki itu amau menculiknya, ia membayariku supaya ia tidak curiga kepadanya.” (4). Jantung wulan kembali berdegup kencang. (5). Baru kemarin , ia membaca ihwal penculikkan bawah umur .(6). Seingat wulan lelaki itu juga dari sekolahnya.
Pesan tersirat dari kutiban cerpen tersebut adalah….
A. kita harus mewaspadai seseorang yang belum kita kenal
B. kita harus waspada di setiap kesempatan.
C. Kita tidak bisa membedakan orang baik dan orang jahat.
D. Kita harus berbuat kepada siapa saja
Jawaban : A

21. Teks 1
Geovano. Bocah kecil dengan kemeja putih yang membuatnya nampak higienis pagi itu. Usianya yang belum genap 5 tahun, tak menjadi penghalang segala aksinya yang penuh akal.
Seperti kali ini, kakinya tengah melangkah mendekati sebuah pohon besar. Tak usang kemudian ia sudah berada di salah satu dahan pohon dan tengah berusaha menggapai rambutan merah itu. Diulurkan tangan mungilnya itu sekuat tenaga, namun tak hingga juga.
Hingga tiba-tiba dahan kecil itu patah lantaran tak sanggup menahannya. Geovano pun terjatuh. Kemeja yang ia kenakan kini tak lagi putih. Namun sudah terkena noda ketika ia terjatuh.
Teks 2
Deraian air mata itu terus mengalir sedari tadi. Menyusuri pipi yang memar itu. Tapi seorang perempuan paruh baya itu masih tak puas memukulinya dengan sapu.
Sejak simpulan hidup ayahnya 7 tahun yang lalu, Maya sering menerima perlakuan kasar dari ibunya. Hingga banyak warga yang beranggapan bahwa ibunya terkena gangguan jiwa.
Maya memang anak yang besar lengan berkuasa dan tegar. Gadis berkulit sawo matang itu sangat mencintai ibunya meski ia sering tersiksa karenanya. 

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut yakni ....
Jawaban : C

22.Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Jawaban : A

23. Teks I
Yang begini urusan rumah tangga susahnya hidup kini ini, semua berlaku bagai hirau tak hirau juga. Kepentingannya hanyalah kesenangan dirinya. Burungnya lebih perlu kepadanya daripada anak-anaknya. Hampir tak pernah ia bertanya, bagaimana sekolah Aleh dan Enah.
Teks II
Pada awalnya Mona selalu bersikap masbodoh pada Evan lantaran Mona tida pernah menyukai Evan. Namun, akibatnya bertahap Mona mulai mencintai Evan dan sudah mulai melupakan sahabatnya yang pergi tanpa kabar. Dan ia telah senang bersama Evan.
Perbedaan ciri penggunaan bahasa percakapan kedua teks di atas yakni ....
A. Teks I: bahasa lugas,
Teks II: bahasa klise
B. Teks I: bahasa sehari-hari,
Teks II: bahasa klise
C. Teks I: klise,
Teks II: lugas
D. Teks I: bahasa sehari-hari,
Teks II: bahasa lugas
Jawaban : C

24. Cermatilah kalimat berikut!
Setiap atlit profesionil, pada ketika bertanding niscaya memakai metoda bermain secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang sempurna yakni ...
A. atlet, propesional, methoda, konsekuwen, amatiran
B. atlet, profesionil, metode, konsekuen, amatiran
C. atlet, profesional, metode, konsekuen, amatiran
D. atlit, profesi, methodik, konsekwen, amatir
Jawaban : C

25. Cermati kalimat berikut!
Tubuhnya [...] terhadap penyakit cacar dikarenakan telah disuntik anticacar.
Istilah kesehatan yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. erupsi
B. bisul
C. imun
D. steril 
Jawaban : C

26. Perhatikan kalimat berikut!
Barmin memperdalam fatwa agamanya [...] imannya meningkat.
Konjungsi yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. dan
B. untuk
C. semoga
D. kemudian
Jawaban : C

27. 1) Terpancar wajah berseri, ketika penghuni panti diajak bernyanyi.
(2) Mereka memberi sumbangan dana dan mengadakan hiburan organ tunggal.
(3) Kami berbaur bersama dalam kegembiraan.
(4) Kegiatan itu dipusatkan di Panti Wredatama.
(5) Kegiatan itu berakhir sempurna pukul 16.00.
(6) OSIS Sekolah Menengah Pertama Bunda melaksanakan aktivitas bakti sosial.
Urutan kalimat tersebut yang sempurna untuk laporan adalah....
A. (6), (4), (2), (1), (3), (5)
B. (4), (3), (2), (5), (2), (1)
C. (6), (5), (4), (3), (1), (2)
D. (4), (3), (2), (6), (5), (1)
Jawaban : A

28.  Cermatilah paragraf berikut!
Ketertiban berlalu lintas di jalan raya menjadi tanggung jawab bersama antara pihak kepolisian dan pengguna jalan. Pengguna jalan mempunyai kewajiban mentaati peraturan kemudian lintas. Pengguna jalan dilarang menerobos lampu merah dan rambu kemudian lintas. [...] Terhadap hal ini polisi berkewajiban memberi teguran atau hukuman kepada pengguna jalan yang melaksanakan pelanggaran.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ...
A. Hal ini sanggup mencelakakan pengguna jalan yang lain.
B. Bisa jadi pengguna jalan akan celaka.
C. Pengguna jalan telah melanggar tata tertib berlalu lintas. 
D. Polisi mengawasi pelaku yang melanggar peraturan kemudian lintas
Jawaban : C

29. Perhatian kutipan paragraf berikut!
Pembongkaran portal dan polisi tidur, di Jakarta Barat berlangsung diperumahan Puri Indah. Sebagian warga, memprotes pembongkaran ini. Warga merasa tidak pernah diberi tahu, perihal pembongkaran tersebut.

Perbaikan penulisan tanda baca koma pada paragraf tersebut yang sempurna yakni ...
A. Tanda koma dihilangkan setelah polisi tidur, warga, dan diberitahu.
B. Tanda koma digunakan setelah kata Jakarta Barat, memprote, dan merasa.
C. Tanda koma sebaiknya digunakan sebelum kata berlangsung, dan pembongkaran.
D. Tanda koma yang digunakan dalam paragraf tersebut sudah benar dan tepat
Jawaban : A

30. Bacalah kutipan teks buku harian berikut!
Minggu, 7 Januari 2018 Pagi ini saya benar-benar sial, hp hadiah tahun gres dari kakakku, tanpa sengaja diban-ting adikku ke lantai dengan sekeras-kerasnya.Kucubit adikku. Dia menangis keras sekali sambil memandangku. Aku panik, segera kupeluk adikku. Kami menangis bersama-sama. Kupandangi hp yang awut-awutan di lantai.Aku mengeluh dalam hati,sedih sekali.
Cerpen yang sesuai dengan catatan buku harian di atas yakni ...
A. Minggu pagi, rumah sepi, saya sendiri di rumah. Tiba-tiba hp kesayanganku dibanting adikku. “ Nakal, kamu!” teriakku. Kutangisi hpku yang hancur. “Sial..sial..sial..! teriakku.
B. Minggu pagi, tiba-tiba terdengar bunyi “ praaak” dari ruang keluarga. Aku berlari ke arah itu dan kulihat hpku sudah awut-awutan dibanting adikku. “ Adik..!” teriakku sambil mencubitnya keras-keras.
C. Minggu pagi, tiba-tiba terdengar bunyi “ praaak” dari ruang keluarga. Aku berlari ke arah itu dan kulihat hpku sudah awut-awutan dibanting adikku. “ Adik..!” teriakku sambil mencubitnya keras-keras. Kami bertengkar hebat.
D. Minggu pagi, tiba-tiba terdengar bunyi “ praaak” dari ruang keluarga. Aku berlari ke arah itu dan kulihat hpku sudah awut-awutan dibanting adikku. “ Adik..!” impulsif kucubit adikku. Dia menangis. “ Ya, Tuhan...
Jawaban : D

31. Bacalah teks berikut!
1) Proses perkembangan gawai di kalangan sampaumur meningkat pesat. (2) Proses itu berkembang secara perlahan dan tidak disadari oleh mereka. (3) Bagi mereka gawai bukan hanya sebagai wahana atau media komunikasi, tetapi dijadikan sebagai ajang bergengsi untuk selalu mengikuti tren gres dari maraknya gawai yang mengakibatkan sebagai gaya hidup. (4) Kesenjangan sosial terjadi di kalangan bawah, menengah, dan atas. (5) Dampak negatif kesenjangan sosial tersebut ialah menumbuhkan sifat malas, ketidakpuasan terhadap sesuatu, gampang putus asa, kecemburuan sosial, dan kriminalitas. (6) Untuk itu perlu adanya kontrol mengenai fungsi utama memakai gawai. (7) Gawai merupakan sebuah penemuan dari teknologi terbaru dengan fitur terbaru yang mempunyai fungsi mudah dan lebih berguna.
Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (6) dan (7)
Jawaban : C

32. Perhatikan kalimat berikut!
(1) Perpustakaan sekolah merupakan sumber belajar. (2) Sebagai sumber berguru hendaknya tersedia buku bagi siswa dan guru demi kelancaran aktivitas berguru dan mengajar. (3) Siswa dan guru sanggup membaca dan meminjam buku yang tersedia di perpustakaan. (4) Petugas perpustakaan haruslah seorang ibu.
Agar menjadi paragraf yang padu,perbaikan kalimat nomor (4) yang sempurna yakni ...
A. Petugas manajemen di perpustakaan ditangani oleh pegawai.
B. Pegawai di perpustakaan itu haruslah yang disiplin.
C. Profesional sangat dituntut di perpustakaan.
D. Perpustakaan hendaknya ditangani oleh petugas yang profesional.
Jawaban : D

33. Perhatikan kalimat berikut!
Persoalan [...] tidak sepenuhnya bisa dikendalikan dengan pestisida.
Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat di atas yakni ...
A. Benih
B. Hama
C. Irigasi
D. Panen
Jawaban : B

34. Perhatikan kutipan berikut. 
 Asupan air putih yang cukup setiap hari sanggup menjaga [ ... ] tubuh.
Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. kesehatan
B. kebersihan
C. kesejukan
D. kelenturan
Jawaban : A

35. Bacalah secara cermat kalimat-kalimat berikut!
(1) Namun, anehnya kami tidak merasa lelah sama sekali
(2) Kami berangkat menuju Pantai Tambak Rejo pada pukul 07.00
(3) Setibanya di sana kami segera bermain dengan gembira.
(4) Jarak pantai dari rumah kami cukup jauh.
Susunan kalimat acak tersebut semoga menjadi sebuah paragraf yang padu adalah...
A. (2) – (1) – (3) – (4)
B. (2) – (4) – (1) – (3).
C. (2) – (1) – (4) – (3).
D. (1) – (2) – (3) – (4).
Jawaban : B

36. Cermati paragraf berikut! 
Indonesia kini mempunyai empat destinasi menarik; Danau Toba, daerah Candi Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Keempat lokasi pelesir tersebut patut menjadi fokus percepatan industri pariwisata. Oleh lantaran itu, setiap warga Indonesia perlu mengkampanyekan empat lokasi tersebut.
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik koma (;) pada paragraf tersebut yakni .…
A. mengikuti kata yang merupakan pernyataan diikuti pemerincian
B. digunakan untuk memisahkan perincian yang satu dengan yang lain
C. digunakan untuk menggantikan kata penghubung dan
D. memisahkan belahan pada kalimat beragam setara
Jawaban : A

37. Cermati teks mekanisme berikut!
Anda sanggup menyaksikan gerhana matahari dengan kacamata gerhana. Jika tidak mempunyai kacamata gerhana, Anda bisa membuatnya. Berikut cara membuat kacamata gerhana.
(1) Sediakan materi dan alat berupa kertas karton yang kuat, negatif film hitam-putih, cutter atau gunting, serta lem.
(2) Buatlah pola kacamata dengan karton sesuai ukuran mata Anda kemudian potonglah.
(3) Warnai pola dengan cat air sempurna di tengah yang ditandai dengan garis putus-putus.
(4) Lubangi karton yang sudah dibentuk pola pada belahan mata kiri dan kanan.
(5) Potong negatif film sesuai ukuran lubang pada karton, kemudian rekatkan dengan lem pada lubang karton tersebut. Selamat mencoba!
Alasan ketidakpaduan teks mekanisme tersebut yakni ....
A. pernyataan umum tidak bekerjasama dengan langkah-langkah
B. epilog tidak menggambarkan topik ihwal kacamata gerhana
C. kalimat ketiga pada teks tidak koheren dengan kalimat sebelum dan sesudahnya 
D. langkah aktivitas dan epilog tidak bekerjasama langsun
Jawaban : C

38. Perhatikan kalimat berikut!
Penggunaan ejaan yang sempurna terdapat pada kalimat…
A.Para murid-murid sedang menuju ke perpustakaan untuk meminjam buku.
B.Semua penerima seminar mengikuti aktivitas dengan baik.
C.Siswa-siswa saling bertanya jawab duduk masalah kebersihan lingkungan.
D.Kabupaten Blitar menerima Penghargaan Adipura dari Presiden Republik Indonesia
Jawaban : D

39. Perhatikan kalimat berikut!
Kami senang lantaran selama ini belum pernah ada tunjangan alat sekolah ungkap Sumiran Kepala Dusun Ngompro.
Penggunaan tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut yakni ...
A.Kami senang lantaran selama ini belum pernah ada tunjangan alat sekolah, ungkap Sumiran, Kepala Dusun Ngompro 
B."Kami senang lantaran selama ini belum pernah ada tunjangan alat sekolah, ungkap Sumiran, Kepala Dusun Ngompro".
C."Kami senang lantaran selama ini belum pernah ada tunjangan alat sekolah". Ungkap Sumiran, Kepala Dusun Ngompro 
D."Kami senang lantaran selama ini belum pernah ada tunjangan alat sekolah," ungkap Sumiran, Kepala Dusun Ngompro.
Jawaban : D

40. Cermati kalimat berikut!
Kemampuan negara dalam menguasai [...] informasi merupakan hal esensial.
Kata dengan ejaan yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. tehnologi
B. teknologi
C. tekhnologi
D. teknoloji
Jawaban : B

Soal Uraian

41. Bacalah kedua kutipan teks laporan berikut!
Tulislah perbedaan pola penyajian teks laporan tersebut disertai alasan jawabanmu!
Jawaban :
Teks 1 : pola penyajian laporan deskripsi lantaran laporan tersebut menggambarkan ihwal lokasi, tempat, dan bentuk fisik objek yang dilaporkan.
Teks 2: pola penyajian laporan narasi lantaran menggambarkan ihwal laporan yang lebih menekankan pada urutan waktu/kronologis.



42. Cermati kutipan cerpen berikut!
Angin pergantian ekspresi dominan semakin kencang berhembus,mengantar hawa masbodoh yang menembus ketebalan jaket yang kukenakan. Aku mencicipi suasana malam ini tidak biasanya.Aku merasa ada yang aneh.Bulu kudukku berdiri.Sesekali lolongan anjing dikejahuan menambah suasana malam semakin mencekam.Kuletakkan Quran kecil di pangkuanku ke tempatnya. Aku berdiri menuju kamar di samping surau.Langkahku tiba-tiba terhenti.Sekelebatan saya melihat bayangan hitam di bawah pohon nangka di samping rumah.Aku menajamkan penglihatan.

(Santet karya Ida Royani ,S.Pd.) 
Buatlah dua kalimat komentar yang menyatakan keunggulan sesuai dengan kutipan cerpen diatas !
Jawaban :
1.Cerpen tersebut sangat menarik lantaran menggambarkan suasana malam yang menyeramkan dan diperkuat dengan lolongan anjing.
2.Latar suasana dan latar waktu dalam cerpen tersebut saling mendukung untuk menghadirkan dongeng yang lebih menarik.


43.Perhatikan fakta berikut!
  1. Pemberlakuan larangan parkir di jalan protokol 
  2. Tiga puluh pengendara kendaraan beroda empat melanggar 
  3. Dilakukan penggembokan ban kendaraan 

Susunlah sebuah teks yang sesuai denga fakta tersebut !
Jawaban :
Larangan parkir di sepanjang jalan protokol diberlakukan. Akan tetapi, tiga puluh pengendara kendaraan beroda empat masih melanggar. Petugas kemudian melaksanakan penggembokan ban kendaraan yang parkir di jalan protokol itu

44. Perhatikan paragraf berikut!
Sebelum berangkat ke pulau Bali,semua siswa menerima pengarahan dari bapak Kepala Sekolah semoga berhati-hati di tempat wisata,terutama di tanah lot.Selain gelombang tinggi,tempat tersebut dianggap suci oleh pemeluk agama hindu
Tentukan kata yang salah ejaannya dan berikan alasan yang sempurna !
Jawaban :
1.pulau seharusnya Pulau
2.bapak seharusnya Bapak
3.tanah lot seharusnya Tanah Lot
4.hindu seharusnya Hindu Alasannya disertai nama geografis,nama merujuk pada orang dan nama agama.


45. Salah satu penyebab sepinya penonton di stadion dalam kejuaraan sepak bola yakni kwalitas (1) pertandingan yang belum baik. Dalam hal ini fihak (2) instruktur dan oficial (3) juga bertanggung jawab membentuk team (4) yang handal .
Perbaiki kata yang dicetak miring tersebut semoga menjadi kalimat yang efektif!
Jawaban :
1. kwalitas menjadi kualitas
2. fihak menjadi pihak
3. oficial menjadi ofisial
4. team menjadi tim



Soal Bahasa Indonesia memang memakan banyak tempat, lantaran keseluruhan teks dongeng dan mekanisme yang berada di model soal tersebut. Yang menjadi kelemahan sobat kemungkinan yakni tidak bisa membagi waktu yang tersedia selama 90 menit, dan bisa menggunakannya secara maksimal untuk mengerjakan Soal USBN Bahasa Indonesia tahun 2019 kelak.

Semoga Latihan Soal dan Jawaban USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 K13 yang admin bagikan ini bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar di bawah, serta share artikel ini bila perlu.

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Dan Balasan Usbn Bahasa Indonesia Smp 2019 K13"