Latihan Soal Dan Kunci Tanggapan Usbn Biologi Sma 2019
Hai teman kembali lagi dengan soalprediksi.com. Pada artikel kali ini admin akan memperlihatkan latihan soal USBN biologi Sekolah Menengan Atas dan kunci tanggapan terbaru 2019 yang berjumlah 45 soal pilihan ganda dan uraian. Untuk soal pilihan ganda admin sudah memperlihatkan jawabannya lengkap per butir soal, sedangkan soal essay/uraian hanya soalnya saja. Makara teman bisa mencari dan mempelajarinya secara individu.
Selain memperlihatkan latihan soal dalam bentuk online, disini admin sudah memperlihatkan file PDF yang bisa teman download secara gratis. Asalkan tidak untuk di posting ulang di blog teman (copy paste).
Selain memperlihatkan latihan soal dalam bentuk online, disini admin sudah memperlihatkan file PDF yang bisa teman download secara gratis. Asalkan tidak untuk di posting ulang di blog teman (copy paste).
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Biologi Sekolah Menengan Atas 2019
USBN adalah sistem ujian simpulan semester 6 yang dimana hasil ujiannya akan memilih kelulusan sobat. Walau pun tidak keseluruhannya, dan ada faktor - faktor lainnya. Keseluruhan mata pelajaran akan diujikan pada USBN.
Dan mata pelajaran biologi ini ditujukan khusus untuk teman yang berada di jurusan Sekolah Menengan Atas MIPA/IPA. Materi ujiannya sudah terangkum lengkap pada kisi - kisi USBN biologi 2018/2019 terbaru yang sudah dirilis BSNP di laman resminya.
Apa saja sih?
Keanekaragaman hayati dan ekologi, struktur dan fungsi makhluk hidup, biomolekuler dan bioteknologi, genetika dan evolusi.
Ringkasan itu ialah materti pokok dari kurikulum 2013 yang sudah hampir keseluruhan sekolah sudah menggunakannya. Sedangkan untuk KTSP berdasarkan saya juga cocok saja untuk dibentuk materi latihan saja. Menimbang materinya tidak jauh berbeda.
Yapp, itu saja pendahuluan singkatnya. Berikut ini adalah Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Biologi Sekolah Menengan Atas 2019. Selamat mengerjakan...
Dan mata pelajaran biologi ini ditujukan khusus untuk teman yang berada di jurusan Sekolah Menengan Atas MIPA/IPA. Materi ujiannya sudah terangkum lengkap pada kisi - kisi USBN biologi 2018/2019 terbaru yang sudah dirilis BSNP di laman resminya.
Apa saja sih?
Keanekaragaman hayati dan ekologi, struktur dan fungsi makhluk hidup, biomolekuler dan bioteknologi, genetika dan evolusi.
Ringkasan itu ialah materti pokok dari kurikulum 2013 yang sudah hampir keseluruhan sekolah sudah menggunakannya. Sedangkan untuk KTSP berdasarkan saya juga cocok saja untuk dibentuk materi latihan saja. Menimbang materinya tidak jauh berbeda.
Yapp, itu saja pendahuluan singkatnya. Berikut ini adalah Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Biologi Sekolah Menengan Atas 2019. Selamat mengerjakan...
SOAL PILIHAN GANDA
1. “Seorang siswa melaksanakan penelitian tumbuhan kacang pada tiga petak yang berbeda de- ngan ukuran yang sama dan ditanami biji kacang dengan jumlah yang sama. Petak I diberi pupuk sangkar petak II diberi pupuk NPK, dan petak III tidak diberi pupuk. Ketiga petak menerima cahaya yang sama dan disiram air secukupnya. Setelah tiba waktu panen, ka- cang dikumpulkan dari masing-masing petak dan ditimbang beratnya”.
Variabel bebas yang dilakukan oleh siswa ialah … .
A. Tiga petak sawah dan ukuran sawah
B. Jumlah biji kacang dan berat hasil panen
C. Jenis pupuk dan intensitas cahaya
D. Itensitas cahaya dan volume air
E. Petak sawah dan jenis pupuk
Jawaban : E
2. Cermati gambar berikut!
Gambar mamalia di atas memperlihatkan adanya keanekaragaman tingkat … .
A. Gen
B. Jenis
C. Ekosistem
D. Gen dan Jenis
E. Takson
Jawaban : B
3. Perhatikan gambar flora berikut!
Keenam tumbuhan di atas dikelompokkan dalam kelas monokotil lantaran … .
B. Jenis
C. Ekosistem
D. Gen dan Jenis
E. Takson
Jawaban : B
3. Perhatikan gambar flora berikut!
Keenam tumbuhan di atas dikelompokkan dalam kelas monokotil lantaran … .
A. Tulang daun sejajar
B. Buahnya banyak
C. Pohonnya tinggi
D. Bentuk daun beraneka ragam
E. Habitatnya dataran rendah
Jawaban : A
4. Perhatikan alat reproduksi jamur berikut!
Berdasarkan gambar alat reproduksi tersebut, kesim- pulan yang benar perihal Jamur A dan B secara berurutan ialah bahwa … .
A. Jamur A Zygomicotina dan B Ascomycotina
B. Jamur A Ascomycoina dan B Deuteromycotina
B. Buahnya banyak
C. Pohonnya tinggi
D. Bentuk daun beraneka ragam
E. Habitatnya dataran rendah
Jawaban : A
4. Perhatikan alat reproduksi jamur berikut!
Berdasarkan gambar alat reproduksi tersebut, kesim- pulan yang benar perihal Jamur A dan B secara berurutan ialah bahwa … .
A. Jamur A Zygomicotina dan B Ascomycotina
B. Jamur A Ascomycoina dan B Deuteromycotina
C. Jamur A Ascomycotina dan B Basidiomycotina
D. Jamur A Basidiomycotina dan B Ascomycotina
Berdasarkan gambar, virus melaksanakan replikasi pada fase … .
A. Adsorbs
A. Adsorbs
B. Penetrasi
C. Perakitan
D. Sintesis
E. Pelepasan
Jawaban : E
6. Perhatikan dengan seksama gambar binatang invertebara berikut!
Kedua binatang di atas tergolong insekta,karena mempunyai kesamaan ciri, yaitu … .
Jawaban : C
7. Perhatikan diagram Daur unsur Nitrogen berikut!
Gambar 2, 4 dan 6 secara berurutan ialah … .
E. Pelepasan
Jawaban : E
6. Perhatikan dengan seksama gambar binatang invertebara berikut!
Jawaban : C
7. Perhatikan diagram Daur unsur Nitrogen berikut!
Gambar 2, 4 dan 6 secara berurutan ialah … .
A. Nitrogen (N2), Amoniak (NH4), dan Nitrit (NO2),
B. Fiksasi N2, Nitrit (NO2), dan Asimilasi ,
C. Amoniak (NH4), Nitrat (NO3), dan Nitrogen (N2)
D. Fiksasi N2, Amoniak (NH4), Nitrat (NO3)
E. Amoniak (NH4), Nitrit (NO2), Nitrat (NO3)
Jawaban : C
8. Tumpahan minyak di bahari berpotensi mengakibatkan pencemaran yang berdampak negatif pada ekosistem laut. Salah satu dampak negatif akhir tertutupnya permukaan bahari oleh tumpahan minyak ialah menurunnya populasi ... .
A. ikan kecil lantaran karena kadar garam air bahari berubah
B. zooplankton lantaran tidak sanggup melaksanakan fotosintesis
C. ikan besar lantaran kadar oksigen air bahari meningkat
D. fitoplankton lantaran tidak sanggup melaksanakan fotosintesis
E. terumbu karang di dasar bahari lantaran terganggunya sirkulasi air laut.
Jawaban : D
B. Fiksasi N2, Nitrit (NO2), dan Asimilasi ,
C. Amoniak (NH4), Nitrat (NO3), dan Nitrogen (N2)
D. Fiksasi N2, Amoniak (NH4), Nitrat (NO3)
E. Amoniak (NH4), Nitrit (NO2), Nitrat (NO3)
Jawaban : C
8. Tumpahan minyak di bahari berpotensi mengakibatkan pencemaran yang berdampak negatif pada ekosistem laut. Salah satu dampak negatif akhir tertutupnya permukaan bahari oleh tumpahan minyak ialah menurunnya populasi ... .
A. ikan kecil lantaran karena kadar garam air bahari berubah
B. zooplankton lantaran tidak sanggup melaksanakan fotosintesis
C. ikan besar lantaran kadar oksigen air bahari meningkat
D. fitoplankton lantaran tidak sanggup melaksanakan fotosintesis
E. terumbu karang di dasar bahari lantaran terganggunya sirkulasi air laut.
Jawaban : D
9. Gambar di samping merupakan salah satu aktivitas illegal loging. Praktek ini mempunyai ek- ses negatif yang sangat besar.
Berikut beberapa dampak negatif dari illegal loging:
1. Menurunnya pengendali air yang sanggup mencegah banjir
2. Hilangnya fungsi hutan sebagai penyimpan air
3. Berkurangnya kualitas dan kuantitas ekosistem
4. Kepunahan satwa alam hutan
5. Rentan terhadap peristiwa kekeringan
6. Menurunnya kualitas biodiversitas
Dampak negatif illegal loging yang mengganggu keanekagaraman hayati ialah … .
A. 1,3,dan 5
B. 2,3 dan 5
C. 2,4 dan 6
D. 3, 4 dan 6
E. 3, 5 dan 6
Jawaban : D
10. Perhatikan gambar sel berikut!
Organel sel yang berfungsi untuk oksidasi ma- kanan ialah yang bernomor … .
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
E. 1
Jawaban : D
11. Dari gambar membran sel tersebut di atas maka pecahan yang berjulukan protein integral, fosfolipid bilayer dan protein integral serta protein perifer ialah yang bernomor … .
A. 1,2,dan 3
B. 2,1 dan 3
C. 2, 3 dan 1
D. 3,2 dan 1
E. 3,4 dan 5
Jawaban : D
12. Perhatikan diagram percobaan berikut ini !
Peristiwa prosedur transport yang terjadi pada gambar tersebut ialah … .
A. osmosis
B. difusi
C. isotonik
D. transport aktif
E. imbibisi
Jawaban : A
13. Perhatikan gambar penampang batang monokotil berikut!
Bagian yang berfungsi mengedarkan zat masakan hasil fotosintesa dari daun ke seluruh tubuh ada- lah yang berlabel … .
A. A
B. 4
C. 3
D. 2
E. 1
Jawaban : D
11. Dari gambar membran sel tersebut di atas maka pecahan yang berjulukan protein integral, fosfolipid bilayer dan protein integral serta protein perifer ialah yang bernomor … .
A. 1,2,dan 3
B. 2,1 dan 3
C. 2, 3 dan 1
D. 3,2 dan 1
E. 3,4 dan 5
Jawaban : D
12. Perhatikan diagram percobaan berikut ini !
Peristiwa prosedur transport yang terjadi pada gambar tersebut ialah … .
A. osmosis
B. difusi
C. isotonik
D. transport aktif
E. imbibisi
Jawaban : A
13. Perhatikan gambar penampang batang monokotil berikut!
Bagian yang berfungsi mengedarkan zat masakan hasil fotosintesa dari daun ke seluruh tubuh ada- lah yang berlabel … .
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E
Jawaban : A
14. Perhatikan gambar jaringan berikut!
Pernyataan yang benar perihal jenis jaringan dan fungsi- nya ialah … .
Jawaban : E
15. Perhatikan bagan proses menstruasi berikut!
Berdasarkan diagram, pernyataan yang benar ten- tang pasca ovulasi ialah ... .
A. memacu hipofisis untuk memproduksi hormon FSH
B. menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron
C. bekerja sama dengan hormon FSH menghipnotis sel folikel mengeluarkan ovum
D. merangsang korpus luteum sehingga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron
E. Korpus luteum menghasilkan hormon progesteron.memeliharapertumbuhan endometrium
Jawaban : E
16. Perhatikan gambar nefron berikut!
Berdasarkan gambar tersebut, yang berfungsi untuk proses filtrasi dan yang menghasilkan urin sekunder berlangsung pada nomor ... .
Jawaban : A
14. Perhatikan gambar jaringan berikut!
Pernyataan yang benar perihal jenis jaringan dan fungsi- nya ialah … .
Jawaban : E
15. Perhatikan bagan proses menstruasi berikut!
Berdasarkan diagram, pernyataan yang benar ten- tang pasca ovulasi ialah ... .
A. memacu hipofisis untuk memproduksi hormon FSH
B. menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron
C. bekerja sama dengan hormon FSH menghipnotis sel folikel mengeluarkan ovum
D. merangsang korpus luteum sehingga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron
E. Korpus luteum menghasilkan hormon progesteron.memeliharapertumbuhan endometrium
Jawaban : E
16. Perhatikan gambar nefron berikut!
Berdasarkan gambar tersebut, yang berfungsi untuk proses filtrasi dan yang menghasilkan urin sekunder berlangsung pada nomor ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 1
Jawaban : B
17. Amir mengalami tanda-tanda berikut :
1. Nafsu makan dan berat tubuh menurun, sesak dada
2. Batuk kronis
3. Kelelahan
4. Sesak napas dalam waktu usang dan
5. Tidak sanggup disembuhkan dengan obat pelega
Berdasarkan tanda-tanda tersebut diduga Amir menderita penyakit … .
A. Asma
B. Faringitis
C. Empisema
D. Influenza
E. Bronchitis
Jawaban : A
18. Perhatikan gambar pembuluh darah berikut!
Jika pembuluh darah tersumbat dengan plaque menyerupai pada gambar, maka orang yang bersangkutan peredar- an darahnya terganggu lantaran penyumbatan. Orang tersebut menderita … .
A. Embolus
B. Gagaljantung
C. Atherosklerosis
D. Trombus
E. Aritmia
Jawaban : C
19. Hasil laboratorium Tuan Soni ialah sebagai berikut!
Dari hasil laboratorium, Tuan Soni diduga menderita penyakit ... .
B. 1 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 1
Jawaban : B
17. Amir mengalami tanda-tanda berikut :
1. Nafsu makan dan berat tubuh menurun, sesak dada
2. Batuk kronis
3. Kelelahan
4. Sesak napas dalam waktu usang dan
5. Tidak sanggup disembuhkan dengan obat pelega
Berdasarkan tanda-tanda tersebut diduga Amir menderita penyakit … .
A. Asma
B. Faringitis
C. Empisema
D. Influenza
E. Bronchitis
Jawaban : A
18. Perhatikan gambar pembuluh darah berikut!
Jika pembuluh darah tersumbat dengan plaque menyerupai pada gambar, maka orang yang bersangkutan peredar- an darahnya terganggu lantaran penyumbatan. Orang tersebut menderita … .
A. Embolus
B. Gagaljantung
C. Atherosklerosis
D. Trombus
E. Aritmia
Jawaban : C
19. Hasil laboratorium Tuan Soni ialah sebagai berikut!
Dari hasil laboratorium, Tuan Soni diduga menderita penyakit ... .
A. aids
B. tifus
C. hepatitis
D. flu burung
E. demam berdarah
Jawaban : D
20. Perhatikan tabel pertumbuhan kecambah kacang hijau!
Dari hasil pengamatan pertumbuhan kacang hijau selama 6 hari, ternyata kecambah yang ditumbuhkan ditempat gelap lebih cepat pemanjangan batangnya daripada di daerah te- rang. Hal ini disebabkan cahaya … .
A. Memacu kerja pigmen antosianin
B. Merusak hormon auksin ujung batang
C. Mengaktifkan hormon asam absisat
D. Menghambat kerja enzim pada kotiledon
E. Menguapkan air yang diharapkan kecambah
Jawaban : B
21. Perhatikan jalur metabolisme Piruvat berikut!
Dari bagan tersebut, nomor 2 dan 5 ialah ... .
A. Asam piruvat dan asetil ko-enzim A
B. Asetildehid dan etanol
C. Asam piruvat dan laktase
D. Asetildehide dan laktase
E. Asetil ko-enzim A dan siklus krebs
Jawaban : B
22. Pernyataan perihal inhibitor enzim yang benar berdasarkan gambar atau diagram berikut ialah … .
A. 1 inhibitor kompetitif, menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim se- sampai substrat tidak sanggup masuk; 2 inhibitor non kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif enzim dan mengakibatkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidak sesuai.
B. 1 inhibitor kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif enzim dan mengakibatkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidak sesuai; 2. Inhibitor non kompetitif menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim sehingga sub- strat tidak dapa tmasuk
C. 1 inhibitor kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif enzim dan mengakibatkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidak sesuai; 2. Inhibitor non kompetitif menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim sehingga sub- strat tidak sanggup masuk
D. 1 inhibitor non kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif enzim dan mengakibatkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidaksesuai; 2 inhibitor kompeti- tif, menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim sehingga substrat ti- dak sanggup masuk
E. 1 inhibitor kompetitif berupa malonat dan oksalosuksinat, yang bersaing dengan sub- strat suksinat; 2 inhibitor non kompetitif berupa senyawa kimia yang tidak menyerupai de- ngan substrat
Jawaban : A
23. Perhatikan data hasil percobaan enzim katalase berikut!
Data di atas mengambarkan bahwa kerja enzim katalase dipengaruhi oleh … .
A. Ekstrak hati dan pH 4
B. Ekstrak hati dan H2O2
C. H2O2 dan suhu
D. pH dan suhu
E. H2O2 dan pH 4
Jawaban : D
24. Amati dengan saksama diagram hubungan metabolisme berikut!
Berdasarkan diagram hubungan antara metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak di samping, maka a- sam amino memasuki daur krebs harus berubah ter- lebih dahulu menjadi senyawa … .
A. Amoniak – asam oksalo asetat
B. tifus
C. hepatitis
D. flu burung
E. demam berdarah
Jawaban : D
20. Perhatikan tabel pertumbuhan kecambah kacang hijau!
Dari hasil pengamatan pertumbuhan kacang hijau selama 6 hari, ternyata kecambah yang ditumbuhkan ditempat gelap lebih cepat pemanjangan batangnya daripada di daerah te- rang. Hal ini disebabkan cahaya … .
A. Memacu kerja pigmen antosianin
B. Merusak hormon auksin ujung batang
C. Mengaktifkan hormon asam absisat
D. Menghambat kerja enzim pada kotiledon
E. Menguapkan air yang diharapkan kecambah
Jawaban : B
21. Perhatikan jalur metabolisme Piruvat berikut!
Dari bagan tersebut, nomor 2 dan 5 ialah ... .
A. Asam piruvat dan asetil ko-enzim A
B. Asetildehid dan etanol
C. Asam piruvat dan laktase
D. Asetildehide dan laktase
E. Asetil ko-enzim A dan siklus krebs
Jawaban : B
22. Pernyataan perihal inhibitor enzim yang benar berdasarkan gambar atau diagram berikut ialah … .
A. 1 inhibitor kompetitif, menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim se- sampai substrat tidak sanggup masuk; 2 inhibitor non kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif enzim dan mengakibatkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidak sesuai.
B. 1 inhibitor kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif enzim dan mengakibatkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidak sesuai; 2. Inhibitor non kompetitif menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim sehingga sub- strat tidak dapa tmasuk
C. 1 inhibitor kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif enzim dan mengakibatkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidak sesuai; 2. Inhibitor non kompetitif menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim sehingga sub- strat tidak sanggup masuk
D. 1 inhibitor non kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif enzim dan mengakibatkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidaksesuai; 2 inhibitor kompeti- tif, menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim sehingga substrat ti- dak sanggup masuk
E. 1 inhibitor kompetitif berupa malonat dan oksalosuksinat, yang bersaing dengan sub- strat suksinat; 2 inhibitor non kompetitif berupa senyawa kimia yang tidak menyerupai de- ngan substrat
Jawaban : A
23. Perhatikan data hasil percobaan enzim katalase berikut!
Data di atas mengambarkan bahwa kerja enzim katalase dipengaruhi oleh … .
A. Ekstrak hati dan pH 4
B. Ekstrak hati dan H2O2
C. H2O2 dan suhu
D. pH dan suhu
E. H2O2 dan pH 4
Jawaban : D
24. Amati dengan saksama diagram hubungan metabolisme berikut!
Berdasarkan diagram hubungan antara metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak di samping, maka a- sam amino memasuki daur krebs harus berubah ter- lebih dahulu menjadi senyawa … .
A. Amoniak – asam oksalo asetat
B. Gliseraldehid-3p – asetil ko A
C. Asetil co A – asam piruvat
D. Amoniak – asam oksalo asetat
E. Asam piruvat – asetil ko A
Jawaban : B
25. Gambar berikut merupakan perangkat percobaan fotosintesis!
D. Amoniak – asam oksalo asetat
E. Asam piruvat – asetil ko A
Jawaban : B
25. Gambar berikut merupakan perangkat percobaan fotosintesis!
Pernyataan yang benar perihal percobaan dan kesimpulannya ialah … .
A. Ingen Houze, mengambarkan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum
B. IngenHauze, mengambarkan bahwa fotosintesa membutuhkan cahaya matahari
C. Sachs, mengambarkan bahwa fotosintesa mengahasilkan amilum
D. Sachs, mengambarkan bahwa fotosintesa membutuhkan CO2
E. Sachs, mengambarkan bahwa fotosintesis menghasilkan O2
Jawaban : C
26. Perhatikan gambar struktur DNA di samping!
Berdasarkan gambar, satu Nukleotida ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 6
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 6, dan 7
E. 4, 5, dan 8
Jawaban : B
27. Perhatikan bagan sintesis protein berikut ini!
Berdasarkan bagan sintesis protein tersebut yang ditunjukkan oleh X, Y, dan Z secara urut ialah … .
A. Transkripsi, Ribosom, RNAt
B. IngenHauze, mengambarkan bahwa fotosintesa membutuhkan cahaya matahari
C. Sachs, mengambarkan bahwa fotosintesa mengahasilkan amilum
D. Sachs, mengambarkan bahwa fotosintesa membutuhkan CO2
E. Sachs, mengambarkan bahwa fotosintesis menghasilkan O2
Jawaban : C
26. Perhatikan gambar struktur DNA di samping!
Berdasarkan gambar, satu Nukleotida ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 6
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 6, dan 7
E. 4, 5, dan 8
Jawaban : B
27. Perhatikan bagan sintesis protein berikut ini!
Berdasarkan bagan sintesis protein tersebut yang ditunjukkan oleh X, Y, dan Z secara urut ialah … .
A. Transkripsi, Ribosom, RNAt
B. Transkripsi, RNAd, RNAt
C. Replikasi, RNAd, Ribosom
D. Replikasi, Ribosom, RNAd
E. RNAd, RNAt, Transkripsi
Jawaban : A
28. Perhatikan gambar tahap-tahap pembentukan sperma yang terjadi di dalam testis berikut ini!
Berdasarkan pengamatan terhadap diagram, yang menunjuk- kan spermatogonium dan spermatid secara urut ialah yang bernomor .…
A. 1 dan2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4
Jawaban : C
29. Pada marmot, warna bulu hitam mayoritas terhadap albino dan bulu bergairah mayoritas terha- dap bulu halus. Marmot yang berbulu hitam bergairah dikawinkan dengan yang berbulu albino halus menghasilkan keturunan F-1 yang semuanya berbulu hitam kasar. Jika marmot dari keturunan F-1 tersebut dikawinkan dengan yang berbulu albino halus maka keturunannya yang berbulu hitam bergairah ialah sebanyak … .
A. 75 %
Jawaban : A
28. Perhatikan gambar tahap-tahap pembentukan sperma yang terjadi di dalam testis berikut ini!
Berdasarkan pengamatan terhadap diagram, yang menunjuk- kan spermatogonium dan spermatid secara urut ialah yang bernomor .…
A. 1 dan2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4
Jawaban : C
29. Pada marmot, warna bulu hitam mayoritas terhadap albino dan bulu bergairah mayoritas terha- dap bulu halus. Marmot yang berbulu hitam bergairah dikawinkan dengan yang berbulu albino halus menghasilkan keturunan F-1 yang semuanya berbulu hitam kasar. Jika marmot dari keturunan F-1 tersebut dikawinkan dengan yang berbulu albino halus maka keturunannya yang berbulu hitam bergairah ialah sebanyak … .
A. 75 %
B. 56 %
C. 37 %
D. 25 %
E. 6 %
Jawaban : D
30. Pada gandum gen H (hitam) epistasis terhadap gen K (kuning). Apabila kedua gen H dan K tidak muncul, gandum memperlihatkan fenotip putih. Bila gandum hitam (HHkk) disi- langkan dengan gandum kuning (hhKK), kemudian F1-nya disilangkan sesamanya, maka akan disilangkan gandum hitam, kuning, dan putih dengan rasio ....
A. 12 : 1 : 3
B. 12 : 3 : 1
C. 9 : 4 : 3
D. 9 : 3 : 4
E. 3 : 1 : 12
Jawaban : B
31. Bila ibu carrier dan ayah hemophilia maka kemungkinan anak-anaknya … .
A. Semua anak pria hemophilia
B. Semua anak wanita hemophilia
C. 50% turunannya hemophilia dan 50% lagi normal
D. 25% anaknya pria hemophilia dan 75% turunannya yang lain normal
E. Semua anak pria normal
Jawaban : C
32. Peta silsilah di bawah ini mengenai sifat butawarna yang terpaut kromosom X, kalau gen (C) untuk peng- lihatan normal dan gen (c) untuk buta warna.
Orang nomor berapa sajakah yang mempunyai gen (c)?
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 4 dan 6
C. 2, 4 dan 6
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 6
Jawaban : B
33. Perhatikan ciri-ciri kelainan berikut!
1. Gagal berpisah pada kromosom seks
2. Satu dari setiap 2000 kelahiran
3. Pria steril
4. Terbentuk kelenjar payudara
5. Pertumbuhan mental cenderung lambat
Kelainan dengan ciri-ciri tersebut termasuk menderita sindrom … .
A. Down
Jawaban : D
30. Pada gandum gen H (hitam) epistasis terhadap gen K (kuning). Apabila kedua gen H dan K tidak muncul, gandum memperlihatkan fenotip putih. Bila gandum hitam (HHkk) disi- langkan dengan gandum kuning (hhKK), kemudian F1-nya disilangkan sesamanya, maka akan disilangkan gandum hitam, kuning, dan putih dengan rasio ....
A. 12 : 1 : 3
B. 12 : 3 : 1
C. 9 : 4 : 3
D. 9 : 3 : 4
E. 3 : 1 : 12
Jawaban : B
31. Bila ibu carrier dan ayah hemophilia maka kemungkinan anak-anaknya … .
A. Semua anak pria hemophilia
B. Semua anak wanita hemophilia
C. 50% turunannya hemophilia dan 50% lagi normal
D. 25% anaknya pria hemophilia dan 75% turunannya yang lain normal
E. Semua anak pria normal
Jawaban : C
32. Peta silsilah di bawah ini mengenai sifat butawarna yang terpaut kromosom X, kalau gen (C) untuk peng- lihatan normal dan gen (c) untuk buta warna.
Orang nomor berapa sajakah yang mempunyai gen (c)?
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 4 dan 6
C. 2, 4 dan 6
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 6
Jawaban : B
33. Perhatikan ciri-ciri kelainan berikut!
1. Gagal berpisah pada kromosom seks
2. Satu dari setiap 2000 kelahiran
3. Pria steril
4. Terbentuk kelenjar payudara
5. Pertumbuhan mental cenderung lambat
Kelainan dengan ciri-ciri tersebut termasuk menderita sindrom … .
A. Down
B. Turner
Kesimpulan dari percobaan di atas ialah … .
A. Belatung berasal dari benda mati
A. Belatung berasal dari benda mati
B. Mahluk hidup berasal dari telur
C. Belatung berasal dari daging
D. Mahluk hidup terjadi dengan sendirinya
E. Belatung berasal dari telur lalat
Jawaban : E
35. Kejadian-kejadian yang terdapat di alam antara lain :
1. Banyak ditemukan Biston betularia hitam di Inggris sehabis revolusi industri.
2. Paruh burung menjadi lebih pendek lantaran mencari biji diantara batuan
3. Ditemukan lebih banyak belalang hijau di lapangan rumput
4. Kaki kuda bertambah panjang lantaran dipakai untuk berlari
Kejadian yang merupakan hasil dari proses seleksi alam ialah ... .
D. Mahluk hidup terjadi dengan sendirinya
E. Belatung berasal dari telur lalat
Jawaban : E
35. Kejadian-kejadian yang terdapat di alam antara lain :
1. Banyak ditemukan Biston betularia hitam di Inggris sehabis revolusi industri.
2. Paruh burung menjadi lebih pendek lantaran mencari biji diantara batuan
3. Ditemukan lebih banyak belalang hijau di lapangan rumput
4. Kaki kuda bertambah panjang lantaran dipakai untuk berlari
Kejadian yang merupakan hasil dari proses seleksi alam ialah ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
Jawaban : B
36. Bila pada populasi insan ada 9 orang mengalami gangguan mental untuk setiap 10000 populasi penduduk. Maka jumlah populasi insan yang heterozigot normal tiap 10000 penduduk ialah ... .
A. 582 orang
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
Jawaban : B
36. Bila pada populasi insan ada 9 orang mengalami gangguan mental untuk setiap 10000 populasi penduduk. Maka jumlah populasi insan yang heterozigot normal tiap 10000 penduduk ialah ... .
A. 582 orang
B. 291 orang
C. 109 orang
D. 91 orang
E. 9 orang
Jawaban : A
37. Contoh-contoh perihal analogi dan homologi antara lain sebagai berikut:
1) Sayap kupu-kupu dan sayap burung.
2) Sayap kupu-kupu dan tangan manusia.
3) Sayap burung dan tangan manusia.
4) Sayap kelelawar dan sayap burung.
5) Kaki insan dan kaki belakang kuda.
Pasangan organ tubuh yang termasuk organ homolog ialah nomor … .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 4 dan 5
Jawaban : E
38. Beberapa produk bioteknologi dalam bidang kesehatan antara lain sebagai berikut:
1) Antibiotic
2) Insulin
3) Pembuatan anggur
4) Antibodi monoklonal
Penerapan bioteknologi konvensional ditunjukkan oleh nomor … .
Jawaban : A
37. Contoh-contoh perihal analogi dan homologi antara lain sebagai berikut:
1) Sayap kupu-kupu dan sayap burung.
2) Sayap kupu-kupu dan tangan manusia.
3) Sayap burung dan tangan manusia.
4) Sayap kelelawar dan sayap burung.
5) Kaki insan dan kaki belakang kuda.
Pasangan organ tubuh yang termasuk organ homolog ialah nomor … .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 4 dan 5
Jawaban : E
38. Beberapa produk bioteknologi dalam bidang kesehatan antara lain sebagai berikut:
1) Antibiotic
2) Insulin
3) Pembuatan anggur
4) Antibodi monoklonal
Penerapan bioteknologi konvensional ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)
Jawaban : B
39. Implikasi bioteknologi bagi kehidupan insan umumnya bermanfaat dalam meningkat- kan kesejahteraan masyarakat. Dengan munculnya banyak sekali organisme unggul atau trans- genik yang begitu cepat, namun dipastikan akan muncul dampak negatif yang mungkin timbul ialah …. .
A. kerusakan ekosistem
B. pengikisan plasma nutfah
C. biaya rehabilitasi hutan meningkat
D. hilangnya daya dukung lingkungan
E. organisme resisten terhadap penyakit
Jawaban : E
40. Perhatikan tabel berikut perihal bioteknologi!.
Hal-hal yang benar dan sempurna dengan tabel di atas adalah… .
A. Merupakan bioteknologi modern dengan rekayasa genetika melalui fusi sel
B. antibodi monoklonal dihasilkan oleh industry farmasi tanpa melibatkan organisme hi- dup
C. Bioteknologi konvensional yang menggunakan pribadi tikus sebagai media dalam perco- baan
D. Transfer gen insan ke gen tikus sehingga sanggup menghasilkan antibodi monoklonal
E. Kemampuan sel kanker yang membelah dengan cepat menggagalkan percobaan terse- but.
Jawaban : A
SOAL URAIAN
41. Perhatikan gambar di bawah ini!
Jika hutan banyak ditebang untuk dibangun rumah dan gedung menyerupai tampak pada gambar di atas. Berikan 5 buah analisis mengenai hal yang akan terjadi berdasarkan hal tersebut!
42 Lengkapilah tabel prosedur pembentukan urin di bawah ini!
43. Untuk mengetahui bagaimana dampak pupuk urea terhadap kecepatan pembentukan bunga pada tumbuhan cabai. Buatlah proposal rancangan percobaan mencakup :
a. rumusan problem dan hipotesa
b. variable bebas dan terikat
c. parameter yang diukur
d. alat dan materi
e. cara kerja
44. Perhatikan percobaan terhadap erytrocyt berikut ini!
a. percobaan diatas ialah percobaan perihal proses…
b. Berikan analisismu apa yang akan terjadi terhadap erytrocyt pada masing – masing larutan dan mengapa hal tersebut bisa terjadi?
45. Perhatikan peta silsilah dari keluarga hemophilia berikut!
Pertanyaan:
a. Jelaskan 2 (dua) hal yang kau ketahui perihal penyakit hemophilia?
b. Berdasarkan peta tersebut, tentukanlah genotip orang 1 dan orang 2! Jelaskan jawabanmu!
Jawaban : B
39. Implikasi bioteknologi bagi kehidupan insan umumnya bermanfaat dalam meningkat- kan kesejahteraan masyarakat. Dengan munculnya banyak sekali organisme unggul atau trans- genik yang begitu cepat, namun dipastikan akan muncul dampak negatif yang mungkin timbul ialah …. .
A. kerusakan ekosistem
B. pengikisan plasma nutfah
C. biaya rehabilitasi hutan meningkat
D. hilangnya daya dukung lingkungan
E. organisme resisten terhadap penyakit
Jawaban : E
40. Perhatikan tabel berikut perihal bioteknologi!.
Hal-hal yang benar dan sempurna dengan tabel di atas adalah… .
A. Merupakan bioteknologi modern dengan rekayasa genetika melalui fusi sel
B. antibodi monoklonal dihasilkan oleh industry farmasi tanpa melibatkan organisme hi- dup
C. Bioteknologi konvensional yang menggunakan pribadi tikus sebagai media dalam perco- baan
D. Transfer gen insan ke gen tikus sehingga sanggup menghasilkan antibodi monoklonal
E. Kemampuan sel kanker yang membelah dengan cepat menggagalkan percobaan terse- but.
Jawaban : A
SOAL URAIAN
41. Perhatikan gambar di bawah ini!
Jika hutan banyak ditebang untuk dibangun rumah dan gedung menyerupai tampak pada gambar di atas. Berikan 5 buah analisis mengenai hal yang akan terjadi berdasarkan hal tersebut!
42 Lengkapilah tabel prosedur pembentukan urin di bawah ini!
43. Untuk mengetahui bagaimana dampak pupuk urea terhadap kecepatan pembentukan bunga pada tumbuhan cabai. Buatlah proposal rancangan percobaan mencakup :
a. rumusan problem dan hipotesa
b. variable bebas dan terikat
c. parameter yang diukur
d. alat dan materi
e. cara kerja
44. Perhatikan percobaan terhadap erytrocyt berikut ini!
a. percobaan diatas ialah percobaan perihal proses…
b. Berikan analisismu apa yang akan terjadi terhadap erytrocyt pada masing – masing larutan dan mengapa hal tersebut bisa terjadi?
45. Perhatikan peta silsilah dari keluarga hemophilia berikut!
Pertanyaan:
a. Jelaskan 2 (dua) hal yang kau ketahui perihal penyakit hemophilia?
b. Berdasarkan peta tersebut, tentukanlah genotip orang 1 dan orang 2! Jelaskan jawabanmu!
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Biologi Sekolah Menengan Atas 2019 PDF, DOWNLOAD
Demikian artikel tentang Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Biologi Sekolah Menengan Atas 2019. Semoga bermanfaat dan teman bisa mengerjakan USBN Sekolah Menengan Atas IPA/MIPA mendatang dengan lancar.
Posting Komentar untuk "Latihan Soal Dan Kunci Tanggapan Usbn Biologi Sma 2019"