Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suhu [Lengkap]: Pengertian, Rumus, Perbandingan, Teladan Konversi

Materi IPA Fisika Kelas X/10 - Pelajaran hari ini membahas tentang Suhu. Adapun hal-hal yang akan kita pelajarin yaitu: pengertian, rumus, perbandingan, dan teladan soal konversi suhu.

Tahukah kalian nama alat untuk mengukur suhu? Jawabannya ialah Termometer. Jenis-jenis termometer ada 6 antara lain: termometer alkohol/raksa, termometer bimetal, termometer hambatan, termometer gas, termokopel, dan pirometer.

Lalu, apa yang dimaksud dengan suhu? Suhu yakni suatu besaran yang mengatakan derajat panas atau hambar suatu benda. Satuan suhu yakni Kelvin (K). Untuk lebih jelasnya mengenai bahan Suhu ini. Marilah kita simak secara seksama bahan ini.

 Tahukah kalian nama alat untuk mengukur suhu Suhu [LENGKAP]: Pengertian, Rumus, Perbandingan, Contoh Konversi


Pengertian Suhu


Suhu yakni suatu besaran yang menyatakan derajat panas atau hambar dari suatu benda.

Dalam kehidupan sehari-hari biasanya kita untuk mengukur suhu lebih sering memakai indera peraba kita. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka diciptakanlah termometer yang dipakai untuk mengukur suhu dengan valid.

Rumus Konversi Suhu Celcius


Konversi dari ke Rumus
Celsius Fahrenheit °F = °C × perbandingan suhu + 32
Fahrenheit Celsius °C = (°F − 32) / perbandingan suhu
Celsius kelvin K = °C + 273
kelvin Celsius °C = K − 273

Perbandingan Suhu


Celcius : Reamur : Fahreinheit : Kelvin = 5 : 4 : 9 : 5


Perbandingan skala suhu ini sanggup kita gunakan untuk mengubah suatu nilai satuan skala suhu ke dalam satuan skala suhu lainnya.

Namun khusus untuk satuan skala Fahrenheit (harus ditambah atau dikurang 32), dan skala Kelvin (ditambah atau dikurang 273).

Mengapa sanggup begitu? Berikut penjabarannya:


Celcius Reamur Fahrenheit Kelvin
Titik beku pada suhu 0°C Titik beku pada suhu 0°R Titik beku pada suhu 32°F Titik beku pada suhu 273 K
Titik didih Air pada suhu 100°C Titik didih Air pada suhu 80°R Titik didih Air pada suhu 212°F Titik didih Air pada suhu 373 K
Nilai selisih skala suhu antara titik beku dengan titik didih yakni 100 derajat Nilai selisih skala suhu antara titik beku dengan titik didih yakni 80 derajat Nilai selisih skala suhu antara titik beku dengan titik didih yakni 180 derajat Nilai selisih skala suhu antara titik beku dengan titik didih yakni 100 derajat


Contoh Soal Konversi Suhu



Soal Pembahasan
1.) 212°F = ….. K ? Ubah suhu dalam skala Fahrenheit ke skala Celcius, kemudian ubah suhu dalam skala Celcius ke skala Kelvin.
T°C = (100/180)(T°F – 32)
T°C = (5/9)(T°F– 32)
T°C = (5/9)(212 – 32)
T°C = (5/9)(180)
T°C= (5)(20)
T°C= 100
2.) 86°F = ….. °C ? Untuk memperoleh suhu dalam skala Celcius (T°C), kurangi suhu dalam skala Fahrenheit dengan 32 (T°F – 32) kemudian kalikan dengan 5/9.
T°C = (100/180)(T°F – 32)
T°C = (5/9)(T°F – 32)
T°C = (5/9)(86 – 32)
T°C = (5/9)(54)
T°C = (5)(6)
T°C = 30
3.) 50°C = ….. K ? T = T°C + 273
T = 50 + 273
T = 323


Baca juga: Pengertian Kalor - Perpindahan, Satuan, Teori, Kapasitas, Rumus

Demikianlah artikel hari ini perihal Suhu [LENGKAP]: Pengertian, Rumus, Perbandingan, Contoh Konversi. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini supaya berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Suhu [Lengkap]: Pengertian, Rumus, Perbandingan, Teladan Konversi"