Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Murabahah

jejak pendidikan-pengertian murabahah

Murabahah ialah perjanjian jual-beli antara bank dengan nasabah. Bank syariah membeli barang yang diharapkan nasabah lalu menjualnya kepada nasabah yang bersangkutan sebesar harga perolehan ditambah dengan margin laba yang disepakati antara bank syariah dan nasabah.
Murabahah, dalam konotasi Islam intinya berarti penjualan. Satu hal yang membedakannya dengan cara penjualan yang lain ialah bahwa penjual dalam murabahah secara terperinci memberi tahu kepada pembeli berapa nilai pokok barang tersebut dan berapa besar laba yang dibebankannya pada nilai tersebut. Keuntungan tersebut sanggup berupa lump sum atau menurut persentase Jika seseorang melaksanakan penjualan komoditi/barang dengan harga lump sum tanpa memberi tahu berapa nilai pokoknya, maka bukan termasuk murabahah, walaupun ia juga mengambil laba dari penjualan tersebut. Penjualan ini disebut musawamah.

Ketentuan umum murabahah dalam bank syari'ah
1.      Bank dan nasabah harus melaksanakan kesepakatan murabahah yang bebas riba.
2.      Barang yang diperjualbelikan tidak diharamkan oleh syariah Islam.
3.      Bank membiayai sebagian atau seluruh harga pembelian barang yang telah disepakati kualifikasinya.
4.      Bank membeli barang yang diharapkan nasabah atas nama bank sendiri, dan pembelian ini harus sah dan bebas riba.
5.      Bank harus memberikan semua hal yang berkaitan dengan pembelian, contohnya jikalau pembelian dilakukan secara hutang.
6.      Bank lalu menjual barang tersebut kepada nasabah (pemesan) dengan harga jual senilai harga beli plus keuntungannya. Dalam kaitan ini Bank harus memberitahu secara jujur harga pokok barang kepada nasabah beserta biaya pelengkap yang diperlukan, misal ongkos angkut barang.
7.      Nasabah membayar harga barang yang telah disepakati tersebut pada jangka waktu tertentu.
8.      Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan atau kerusakan kesepakatan tersebut, pihak bank sanggup mengadakan perjanjian khusus dengan nasabah.

9.      Jika bank hendak mewakilkan kepada nasabah untuk membeli barang.

Posting Komentar untuk "Murabahah"