Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Dan Manfaat Metode Jigsaw Leaning

Jejak Pendidikan- Berikut kami akan membahas wacana tujuan dan manfaat dari metode jigsaw, hal ini bertujuan biar para tenaga pendidik bisa lebih sanggup memaksimalkan perembesan bahan yang akan di terima oleh penerima didik, berikut uraiannya:

Tujuan Metode Jigsaw Leaning

Tujuan pembelajaran metode jigsaw yakni untuk melatih penerima didik biar terbiasa berdiskusi dan bertanggiungjawab secara individu untuk membantu memahamkan wacana sesuatu bahan pokok kepada teman sekelasnya. Pembelajaran yang memakai metode ini menganut pada teori kognitif Jean Piaget dan teori konstruktivisme. Teori konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Konstruktivisme bergotong-royong bukan merupakan gagasan yang baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan training pengalaman demi pengalaman. Pembinaan pengetahuan menyerupai ini menjadikan seseorang memiliki pengetahuan dan menjadi lebih dinamis.
 Berikut kami akan membahas wacana tujuan dan manfaat dari metode jigsaw Tujuan dan Manfaat Metode Jigsaw Leaning


Manfaat Metode Jigsaw Learning

Ada beberapa manfaat yang sanggup penulis simpulkan dari deskripsi wacana model pembelajaran jigsaw, di antara keuntungannya yakni sebagai berikut:
  1. Meningkatkan kemampuan diri tiap individu
  2. Saling mendapatkan kekurangan terhadap perbedaan individu yang lebih besar
  3. Konflik antar eksklusif berkurang
  4. Sikap apatis berkurang
  5. Pemahaman yang lebih mendalam
  6. Motivasi lebih besar
  7. Hasil berguru lebih tinggi
  8. Retensi atau penyimpanan lebih lama
  9. Meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi
  10. Cooperative learning sanggup mencegah keagresifan dalam sistem kompetisi dan keteransingan dalam sistem individu tanpa mengorbankan aspek kognitif.

Rujukan:

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi, Dan Implementsainya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran KTSP, Jakarta: (Bumi Aksara, 2011)

Posting Komentar untuk "Tujuan Dan Manfaat Metode Jigsaw Leaning"