Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Dan Fungsi Mata Pelajaran Al-Qur’An Hadits

Jejak Pendidikan- Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits memiliki tujuan dan fungsi. Dan tujuan itu sendiri semoga penerima didik berangasan untuk membaca Al-Qur’an dan Al-Hadits dengan baik dan benar, serta mempelajarinya, memahami, meyakini kebenarannya, dan mengamalkan ajaran-ajaran dan nilai yang terkandung didalamnya sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh aspek kehidupannya.

Sedangkan fungsi dari mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits pada madrasah antara lain:

  1. Pengembangan, yakni meningkatkan keimanan dan ketaqwaan penerima didik dalam meyakini kebenaran pemikiran Islam yang sudah mulai dilaksanakan dalam lingkungan keluarga maupun jenjang pendidikan sebelumnya.
     Dan tujuan itu sendiri semoga penerima didik berangasan untuk membaca Al Tujuan Dan Fungsi Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
  2. Perbaikan, yakni memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman, dan pengalaman pemikiran islam penerima didik dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Pencegahan, yakni untuk menangkal hal-hal negative dari lingkungan atau budaya lain yang sanggup membahayakan diri penerima didik dan menghambat perkembangannya menuju insan Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.
  4. Pembiasaan, yakni menimbulkan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits sebagai petunjuk dan pedoman bagi penerima didik dalam kehidupannya sehari-hari.

Rujukan:

  1. Departemen Agama RI, Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah, (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004).
  2. Rochman Natawijdaya, Pengajaran Remedial, (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1980).

Posting Komentar untuk "Tujuan Dan Fungsi Mata Pelajaran Al-Qur’An Hadits"