Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah (History)

Jejak Pendidikan- Kata sejarah berasal dari beberapa bahasa diantaranya bahasa Arab (syajarotun) yaitu pohon. Seperti halnya akar pohon yang terus berkembang dari tingkat sederhana ke tingkat yang kompleks. Dalam perkembangannya menjadi akar, keturunan asal-usul, riwayat dan silsilah. Dalam bahasa Inggris (history), bahasa Yunani (istoria), bahasa Jerman (geschicht).

History berasal dari kata benda Yunani „istoria‟ yang berarti ilmu. Akan tetapi dalam perkembangan zaman, kata Latin yang sama artinya, yakni „scientia‟ lebih sering dipakai untuk menyebutkan pemaparan sistematis non-kronologis mengenai tanda-tanda alam, sedangkan kata istoria diperuntukan bagi pemaparan mengenai gejala-gejala, terutama hal ihwal manusia, dalam urutan kronologis.

Dilihat dari pemaparan asal kata sejarah diatas, menerangkan suatu insiden yang tidak jauh dari masa kemudian atau lampau. Pendifinisian ketika ini perlu sekiranya dirumuskan kembali melihat perkembangan kebutuhan zaman. Sehingga, kata sejarah itu sendiri mempunyai arti insiden masa lampau baik ditinjau dari segi waktu, tempat, serta pelaku.


Menurut Moh. Yamin, sejarah yakni ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa insiden yang dibuktikan dengan kenyataan. Sedangkan R. Moh Ali, membagi pengetian sejarah ada 3 yakni :
  • Sejarah yakni insiden atau insiden yang seluruhnya berkaitan dengan kehidupan manusia.
  • Sejarah yakni dongeng yang tersusun sistematis (teratur dan rapi).
  • Sejarah yakni ilmu yang menilik perkembangan insiden dan kejadian-kejadian pada masa lampau.

Berbagai teori yang dipaparkan oleh para tokoh diatas mengenai ruang lingkup sejarah. Setelah ditelaah dengan seksama sanggup disimpulkan bahwa sejarah ialah suatu bab dari ilmu pengetahuan yang didalamnya terdapat peristiwa-peritiwa masa lampau yang subyek yakni insan dengan memakai pendekatan waktu, tempat, dan silsilah dalam membuktikan kebenarannya.

Rujukan:
  1. Khoiru Ahmadi, Sofan Amri, Motode Pembelajaran IPS Terpadu “Analisis kritis ihwal metode, strategi, evaluasi, dan media pembelajaran bidang studi sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi dan informasi pembelajaran IPS Terpadu”, (Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2011).
  2. Badri Yatim, Historiografi Islam. (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997)

Posting Komentar untuk "Sejarah (History)"