Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Metode Hattawiyah

Jejak Pendidikan- Metode berasal dari Bahasa Yunani Greek, yakni metha berarti melalui cara, jalan, alat atau gaya. Dengan kata lain, metode artinya jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, W.J.S. Poerwardaminta menyampaikan bahwa metode ialah cara yang teratur dan berfikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud.

Sedangkan dalam kamus bahasa Indonesia kontemporer, metode ialah cara kerja yang sistematis ntuk mempermudah acara dalam mencapai maksudnya.5 Dalam metodologi pengajaran agama Islam pengertian metode ialah suatu cara seni dalam mengajar

 metode artinya jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu Pengertian Metode HattawiyahSecara terminologi atau istilah, berdasarkan Mulyanto Sumardi, bahwa metode ialah rencana menyeluruh yang bekerjasama dengan penyajian bahan pelajaran secara teratur dan tidak saling bertentangan dan didasarkan atas approach. Selanjutnya H. Muzayyim Arifin menyampaikan bahwa metode ialah salah satu alat atau cara untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Metode Hattawiyah adalah cara cepat membaca al-Qur’an yang dimulai dari pengenalan aksara Hijaiyyah, tanda baca, melalui aksara latin kecuali aksara alif dan hamzah ( ء ). Untuk cara memakai metode Hattawiyah tidak sama dengan metode Iqra’, alasannya metode Hattawiyah baru sanggup dilaksanakan sesudah murid cendekia membaca aksara latin dengan lancar.


Metode Hattaiwyah ini terealisasi dengan sempurna dan baik, akan berdampak konkret kepada murid yaitu murid yang buta pada awalnya dengan aksara Hijaiyah dan tidak tahu sedikitpun dengan aksara al-Qur`an dapat atau cendekia membaca al-Qur`an dalam masa 4,5 jam, atau enam kali belajar.

Rujukan: 

Muhammad. Hatta Usman, Metode Hattawiyyah, Darulfikir, Kuala Lumpur Malaysia, 1996,
Muzayyim Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1987.
Peter Salim, et-al, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Modern, English, Jakarta 1991. 

Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Kalam Mulya, Jakarta, 2001, 

Posting Komentar untuk "Pengertian Metode Hattawiyah"