Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Macam-Macam Metode Inkuiri

Jejak Pendidikan- Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada proses belajar, aktivitas, dan kreativitas akseptor didik dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Metode Inkuiri berdasarkan Hanafiah (2009:77) merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan akseptor didik untuk mencari dan menyidik secara sistematis, kritis, dan logis sehingga mereka sanggup menemukan sendiri pengetahuan, sikap, dan ketrampilan sebagai wujud adanya perubahan perilaku.

Sedangkan metode Inkuiri berdasarkan Subrata (2000:54) dalam bukunya Strategi Pembelajaran mengemukakan bahwa metode inkuiri mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses generalisasi dan menguji hipotesa.

Menurut Jean Piaget (dalam Ratnawulan, 2008:23) mengemukakan bahwa inkuiri merupakan metode yang mempersiapkan akseptor didik pada situasi untuk melaksanakan eksperimen sendiri secara luas biar melihat apa yang terjadi, ingin melaksanakan sesuatu, mengajukan pertanyaan, mencari tanggapan sendiri, dan menghubungkan inovasi yang satu dengan inovasi yang lain, membandingkan apa yang ditemukan dengan yang ditemukan akseptor didik lain.

Ada beberapa macam Metode Inkuiri berdasarkan Hanafiah (2009:77), yaitu:

a. Inkuiri terpimpin

Yaitu pelaksanaan inkuiri dilakukan atas petunjuk guru. Keduanya dimulai dari pertanyaan inti, guru mengajukan aneka macam pertanyaan yang melacak, dengan tujuan untuk mengarahkan akseptor didik ke titik kesimpulan yang diharapkan. Selanjutnya siswa melaksanakan percobaan untuk menandakan pendapat yang dikemukakannya.


b. Inkuiri bebas

Yaitu akseptor didik melaksanakan penyelidikan bebas sebagaimana seorang ilmuwan. Antara lain problem dirumuskan sendiri, penyelidikan dilakukan sendiri, dan kesimpulan diperoleh sendiri.

c. Inkuiri bebas yang dimodifikasi

Yaitu problem diajukan guru didasarkan teori yang sudah dipahami akseptor didik. Tujuannya untuk melaksanakan penyelidikan dalam rangka menandakan kebenarannya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Macam-Macam Metode Inkuiri"