Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Kedisiplinan Dalam Berorganisasi Terhadap Prestasi Berguru Mahasiswa

Jejak pendidikan- Kedisiplinan merupakan hal yang tidak bisa terlepas dari seseorang dalam melaksanakan sebuah kegiatan. Dalam dunia pendidikan kedisiplinan juga harus ditegakkan oleh setiap penerima didik dalam menempuh proses mencar ilmu mengajar. 

Pada proses pendidikan seorang penerima didik akan mendapatkan dua hal antara lain eksekusi dan hadiah, kedua hal tersebut menjadi konsekuensi yang harus diterima. Hal tersebut harus kita lakukan, alasannya kedisiplinan memiliki efek yang besar terhadap prestasi mencar ilmu seseorang dalam proses pembelajaran.
 Kedisiplinan merupakan hal yang tidak bisa terlepas dari seseorang dalam melaksanakan sebuah Pengaruh Kedisiplinan Dalam Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa


Kedisiplinan tidak semata-mata diberlakukan untuk menakut-nakuti penerima didik, akan tetapi hal ini dilakukan untuk menumbuh kembangkan sikap disiplin dalam jiwa setiap penerima didik. Proses pembelajaran dilakukan untuk memperlihatkan sebuah perubahan sikap pada penerima didik yang merupakan perubahan mendasar alasannya terkait dengan sikap dan kompetensi penerima didik. Melalui banyak sekali cara seorang pendidik membimbing penerima didiknya biar sanggup mencapai tingkat kemampuan tertinggi. 

Akan tetapi semua hal tersebut tergantung pada tingkat kedisiplinan penerima didik dalam belajar. Menurut penelitian memang ada efek antara disiplin terhadap prestasi mencar ilmu seorang penerima didik. Seseorang yang berdisiplin dalam mencar ilmu memiliki tingkat kompetensi lebih tingg dibandingkan dengan seseorang yang tidak berdisiplin.

1. Disiplin Diawali Dengan Paksaan
Penerapan sikap disiplin dalam jiwa seseorang tidaklah semudah mengedipkan mata, dibutuhkan sebuah paksaan terhadap seseorang yang menjadi objek kita dalam menumbuhkan sikap disiplin pada dirinya.

Pemaksaan memang dianggap sesuatu yang tidak baik, tetapi hal ini memang dibutuhkan. Pemaksaan yang dilakukan terus menerus akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik apabila pemaksaan tersebut bersifat positif, dan apabila kebiasaan itu sudah mandarah daging maka hal itu akan menjadi suatu kebutuhan. Kedisiplinan yang telah menjadi kebutuhan dari diri seseorang akan membawanya pada kondisi yang terbaik dan mengarahkannya pada pencapaian tujuan yang telah direncanakan.

Prestasi mencar ilmu memang sangat dipengaruhi oleh kedisiplinan dari diri sendiri seorang penerima didik, sehingga dibutuhkan kesadaran dari penerima didik tersebut untuk mengikuti kedisiplinan yang diterapkan di dalam forum pendidikan. Semua itu sanggup tercapai dengan diawali dengan pemaksaan terhadap teladan hidup penerima didik dan semua sivitas akademik forum pendidikan. Dari sinilah sanggup terlihat bagaimana tugas sesungguhnya dari forum pendidikan apakah memang mengharapkan sebuah kedisiplinan yang elok dari anggotanya atau tidak.

2. Disiplin Kunci Semua Keberhasilan
Kesuksesan atau keberhasilan tidak lebih hanya beberapa kedisiplinan sederhana yang kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan kedisiplinan dan keputusan yang kita lakukan setiap hari mengantarkan kita menjadi seseorang yang mendapatkan keberuntungan maupun kegagalan nyata. Tidak sedikit orang yang gagal dikala salah mengambil keputusan dan salah memakai prinsip dalam hidupnya.

Sebaliknya tidak sedikit pula orang yang berhasil alasannya mereka sempurna dalam mengambil sebuah keputusan dan juga sempurna dalam memakai prinsip dalam hidupnya dengan penuh kedisiplinan, arif memakai waktu, dan bertanggungjawab. Disiplin yakni kunci keberhasilan segala hal, alasannya semakin tinggi tingkat kedisiplinan kita maka tingkat keberhasilan kita dalam melaksanakan segala aktivitas akan ikut meningkat. Kedisiplinan yang kita maksudkan di sini yakni disiplin waktu, disiplin belajar, disiplin aktivitas atau organisasi, dan disiplin dalam segala hal. Penerapan disiplin yang tinggi dan ketat akan menerangkan sebesar apa pengaruhnya terhadap prestasi belajar
seseorang.

Apabila sikap disiplin sudah tertanam dalam jiwa seseorang, maka setiap perjuangan yang dilakukannya akan memperlihatkan hasil yang memuaskan. Belajar dengan disiplin akan menghindarkan diri dari rasa malas untuk belajar, dengan demikian sebuah keberhasilan akan gampang tercapai dengan baik dan memuaskan. Berdisiplin berarti berusaha untuk menaati segala ketentuan yang ada untuk mencapai prestasi dengan baik.

Belajar dengan disiplin yang terarah menghindarkan seseorang dari rasa malas dan menyebabkan kegairahan seseorang dalam belajar. Hal ini akan meningkatkan daya kemampuan belajarnya. Dengan demikianprestasi mencar ilmu yang baik akan gampang tercapai dan memuaskan bila kedisiplinan sudah tertanam dalam diri seseorang.

Prestasi mencar ilmu merupakan akhir dari bentuk mencar ilmu terutama mencar ilmu yang berdisiplin, sehingga dari banyak sekali uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa disiplin dan prestasi mencar ilmu saling mempengaruhi satu sama lainnya, sehingga semakin tinggi mencar ilmu seseorang semakin besar pula prestasi yang akan dicapainya.

Adapun disiplin yang mempengaruhi hasil mencar ilmu seseorang antar lain adalah:

a. Disiplin Belajar
Belajar yang baik yakni mencar ilmu dengan penuh disiplin yang tinggi, dengan disiplin yang tinggi untuk melalui instruksi pedomanpedoman yang baik dalam perjuangan mencar ilmu maka seseorang tersebut akan mempunyai metode mencar ilmu yang baik. Sifat malas-malasan, ingin yang instan saja, tidak mau bersusah payah memusatkan pikiran, kebiasaan termenung dan gangguan lainnya selalu menjadi penghalang mencar ilmu setiap orang. Akan tetapi gangguan tersebut sanggup diatasi dengan menumbuhkan sikap disiplin yang tinggi.

b. Disiplin Ibadah
Disiplin ibadah yang ditekankan yaitu shalat sempurna waktu sebagaimana disebutkan dalam al-Quran surat an-Nisa ayat 103:
Maka apabila kau telah menuntaskan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. kemudian apabila kau telah merasa aman, Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu yakni fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. QS. An-Nisa: 103

c. Disiplin Waktu
Waktu yakni hal yang sangat berharga bagi kita semuanya untuk hidup di dunia ini. Hal ini dikarenakan waktu yang sudah terlewati tidak akan bisa kita kembalikan lagi. Seperti dalam pepatah mengatakan “Lan Tarji‟a al-Ayyaamu Alladzi Madzot” tidak akan kembali lagi hari yang telah berlalu. Maka dari itu kita harus memakai waktu yang tersisa ini dengan baik untuk kegiatankegiatan yang bermanfaat dan positif demi keberhasilan dan kesuksesan kita.

d. Disiplin Pribadi
Disiplin inilah yang harus selalu tertanam dalam setiap individu. Disiplin sebagai perwujudan disiplin yang lahir dari kepatuhan atas aturan-aturan yang mengatur sikap individu. Disiplin yang mantap pada hakikatnya akan tumbuh dan terpancar dari hasil kesadaran manusia. Disiplin yang tidak bersumber dari hati nurani insan akan menghasilkan disiplin yang lemah dan tidak bertahan lama.

Disiplin diri yakni kekuatan yang bisa membentengi kita dan mempertahankan apa yang menjadi cita-cita kita. Jangan hingga kita melupakan hal-hal yang mendasar terkait dengan apa yang menjadi tanggung jawab, termasuk juga disiplin pribadi.

e. Disiplin Kelompok
Disiplin kelompok sebagai perwujudan yang lahir dari sikap taat, patuh terhadap aturan-aturan (hukum) dan negara-negara yang berlaku pada kelompok-kelompok atau bidang-bidang kehidupan manusia. Disiplin kelompok lebih diharapkan dalam aktivitas berorganisasi maupun kumpulan-kumpulan tertentu dengan tujuan yang sama.

f. Disiplin Nasional
Wujud disiplin yang lahir dari sikap patuh yang ditujukan oleh seluruh lapisan masyarakat terhadap aturan-aturan, nilai-nilai yang berlaku secara nasional dan sudah menjadi milik bangsa. Bangsa yang baik sanggup kita lihat dari warganya yang selalu berdisiplin terhadap peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Semakin besar tingkat kedisiplinan warga negara maka akan semakin gampang mencapai tujuan nasional, selain itu pencapaian taraf hidup dan kesejahteraan yang semakin meningkat.

Posting Komentar untuk "Pengaruh Kedisiplinan Dalam Berorganisasi Terhadap Prestasi Berguru Mahasiswa"