Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nilai-Nilai Pendidikan Aksara Di Indonesia

Jejak Pendidikan- Delapan belas nilai pendidikan huruf yang wajib diterapkan di setiap proses pendidikan atau pembelajaran di Indonesia.

  1. Religius, sikap dan sikap yang patuh dalam melaksanakan agamanya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
  2. Jujur, sikap yang didasarkan pada upaya menimbulkan dirinya sebagai orang yang selalu   sanggup mengemban amanah dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.  
  3. Toleransi, sikap tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, entis, pendapat, sikap, tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
  4. Disiplin, tindakan yang memperlihatkan sikap tertib dan patuh pada aneka macam ketentuan dan peraturan.
  5. Kerja keras, sikap yang memperlihatkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi aneka macam kendala mencar ilmu dan tugas, serta menyelesaikantugas dengan sebaik-baiknya.
  6. Kreatif, berfikir dan melaksanakan sesuatu untuk menghasilkan caraatau hasil gres dari sesuatu yang telah dimiliki.
  7. Mandiri, sikap dan sikap yang tidak gampang bergantung pada orang lain dalam menuntaskan tugas-tugas.
  8. Demokratis, cara berpikir, bersikap, bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan dan orang lain.
  9. Rasa ingin tahu, sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.
  10. Semangat kebangsaan, cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
  11. Cinta tanah air, cara berpikir, betindak, dan berbuat yang memperlihatkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa, limgkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
  12. Menghargai prestasi, sikap, dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui serta menghormati keberhasilan sesuatu.
  13. Bersahabat atau komunikatif, tindakan yang memperlihatkan rasa bahagia berbicara, bergaul, dan berhubungan dengan orang lain.
  14. Cinta damai, sikap, perkataan, dan tindakan yang menimbulkan orang lain merasa bahagia dan kondusif atas kehadiran dirinya.
  15. Gemar membaca, kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca aneka macam      bacaan yang memperlihatkan kebajikan bagi dirinya.
  16. Peduli lingkungan, sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitarnya, dan berbagi upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
  17. Peduli sosial, sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi proteksi pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
  18. Tanggung jawab, sikap dan sikap seseorang untuk melaksanakan kiprah dan kewajibannya, yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, dan Tuhan Yang Maha Esa




Fadillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
http://www.pendidikankarakter.com/peran-pendidikan-karakter-dalam-melengkapi-kepribadian/ diakses pada tanggal 10 Desember 2014
Fitri Agus Zaenal,Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah,(Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,2012)
Mukhlas Samani, Menggagas Pendidikan Karakter, (Surabaya : SIC, 2010) cet ke-2.
Kementerian Pendidikan Nasional, Pendidikan Karakter, ( Jakarta : 2010 )

Posting Komentar untuk "Nilai-Nilai Pendidikan Aksara Di Indonesia"