Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Sd/Mi Revisi 2018

Model Silabus Tematik Terpadu Kurikulum  Model Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2018
Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018, silabus lengkap dalam model satu paket, untuk SD SD/MI k13 Revisi tahun 2018 semester 1 dan 2, tak spesialuntuk silabus dan sumbangan jam kurikulum 2013 dalam model silabus ini namun juga beberapa teladan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk Kurikulum 2013.
Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018, dikembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan yaitu suatu model, satuan pendidikan sanggup membuatkan silabus tematik dengan mengambil tema yang diadaptasi dengan karakteristik satuan pendidikan.  Satuan pendidikan juga sanggup pribadi memakai model silabus ini atau sanggup juga dengan mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan. Selain itu, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu sanggup memakai Silabus Mata Pelajaran di SD/MI yang terpisah dari dokumen ini.

Daftar Tema Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018


Kurikulum 2013 mempunyai tujuan khusus untuk mempersiapkan generasi gres dan penerus bangsa yang mempunyai kemampuan hidup sebagai pribadi dan masyarakat negara yang diberiman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta bisa berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.  Untuk itu, perancangan kurikulum 2013 perlu memperhatikan kebutuhan siswa ketika ini dan di masa depan yang dinamis ditengah efek globalisasi dan kemajemukan masyarakat Indonesia.

Memperhatikan konteks global dan kemajemukan masyarakat Indonesia itu, misi dan orientasi kurikulum 2013 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus semoga siswa mempunyai kompetensi yang diharapkan bagi kehidupan masyarakat di masa sekarang dan di masa menhadir. Kompetensi yang dimaksud mencakup tiga kompetensi, yaitu: (1) menguasai pengetahuan; (2) mempunyai keterampilan atau kemampuan menerapkan pengetahuan; (3) menumbuhkan perilaku spiritual dan etika sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Kompetensi perilaku spiritual dan perilaku sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa

Tema “Organ Gerak Hewan dan Manusia” dengan sub tema “Di Kandang Kelinci” dan pembagian terstruktur mengenai RPP pembelajaran “Hari-1” dipilih sebagai teladan semoga satuan pendidkan lain bisa mencontoh cara pengembangan disesuikan dengan karakteristik/kekhasan sekolah masing-masing. Berikut teladan silabus yang selanjutnya dijabarkan dalam bentuk RPP.

Download Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018


Pembelajaran tematik terpadu mempunyai prinsip-prinsip sebagai diberikut:

  1. Peserta didik mencari tahu, bukan didiberi tahu.
  2. Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan kompetensi melalui tema yang paling bersahabat dengan kehidupan penerima didik.
  3. Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berkaitan dengan aneka macam konsep, keterampilan dan sikap.
  4. Sumber mencar ilmu tidak terbatas pada buku.
  5. Siswa sanggup bekerja secara berdikari maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik acara yang dilakukan
  6. Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran semoga sanggup mengakomodasi siswa yang mempunyai perbedaan tingkat kecerdasan, pengalaman, dan ketertarikan terhadap suatu topik.
  7. Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak sanggup dipadukan sanggup diajarkan tersendiri.
  8. Memdiberikan pengalaman pribadi kepada siswa(direct experiences) dari hal-hal yang positif menuju ke abstrak.
  9. Pembelajaran tematik yang dirancang dalam silabus bukan yaitu urutan Pembelajaran, melainkan bentuk Pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar guru sanggup melaksanakan penyesuaikan.

Unduh Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018 melalui tautan link diberikut ini.

Unduh File :
Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018

Demikian warta terkena Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaa...

Posting Komentar untuk "Model Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Sd/Mi Revisi 2018"