Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Media Pembelajaran

Jejak PendidikanMenurut Oemar Hamlik (1985:63) 4 pembagian terstruktur mengenai media pembelajaran, yaitu:
  1. Alat visual yang sanggup dilihat, contohnya filmstrip, transparansi, micro projection, papan tulis, bulletin board, gambar-gambar, ilustrasi, chart, grafik, poster peta dan globe.
  2. Alat-alat yang bersifat auditif atau hanya sanggup didengar misalnya; phonoghaph record, transkripsi elektrik, radio, rekaman pada tape recorder.
  3. Alat-alat yang sanggup dilihat dan didengar, contohnya film dan televisi, benda-benda 3 dimensi yang biasanya dipertunjukkan, misalnya: model, spicemens, kolam pasir, peta elektrik, koleksi diorama dan proyeksi.
     Media ini juga sanggup disebut media pandang Macam-macam Media Pembelajaran


Sri Anitah mengklasifikasikan media pembelajaran menjadi 4, yaitu:
  1. Media Visual. Media ini juga sanggup disebut media pandang, alasannya seseorang sanggup menghayati media tersebut melalui penglihatannya. Misalnya: karikatur, poster, diagram, grafik peta dan lainya.
  2. Media Audio. Media audio merupakan suatu media untuk memberikan pesan dari pengirim ke peserta pesan melalui indra pendengaran. Misalnya: radio, tape recoeder, CD, mp3 dan lainya.
  3. Media Audio Visual. Media audio visual merupakan media yang sanggup dilihat dan diamati sekaligus sanggup mendengarkan sesuatu dari media ini. Misalnya: slide bunyi dan televisi.
  4. Multimedia. Multimedia dikala ini sinonim dengan computer based yang mengkombinasikan teks, grafis, audio, bahkan video ke dalam satu penyajian digital. Contoh multimedia dalam pendidikan dan pelatihan; slide yang disinkronkan dengan audiotape, videotape, CD-ROM, World Window Web, dan lain sebagainya.


Rujukan:
Musfiqon, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, ( Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012).

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Media Pembelajaran"