Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Buku Pendidikan

Jejak pendidikan- Kategorisasi buku yang dipergunakan di sekolah selalu berubah-ubah dan berkembang. Perubahan tersebut sanggup dilihat dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 2 Tahun 2008. Dalam Permendiknas tersebut kategoriasai buku tidak hanya dibatasi untuk sekolah atau pendidikan dasar dan menengah, khususnya di sekolah, tetapi juga termasuk pendidikan tinggi.

Buku-buku yang sanggup dimanfaatkan dalam dunia pendidikan bermacam-macam. Namun demikian, apabila dilihat dari segi isi dan fungsinya, buku pendidikan setidak-tidaknya sanggup dibedakan menjadi tujuh jenis, ialah sebagai berikut:
  1. Buku acuan, ialah buku yang berisi informasi dasar perihal bidang atau hal tertentu.
  2. Buku pegangan, ialah buku berisi uraian rinci dan teknis perihal bidang tertentu.
  3. Buku teks atau buku pelajaran, ialah buku yang berisi uraian materi perihal mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi menurut tujuan tertentu, orientasi pembelajaran, dan perkembangan siswa, untuk diasimilasikan.
  4. Buku latihan, ialah buku yang berisi bahan-bahan latihan untuk memperoleh kemampuan dan keterampilan tertentu.
  5. Buku kerja atau buku kegiatan, ialah buku yang difungsikan siswa untuk menuliskan hasil pekerjaan atau hasil kiprah yang diberikan guru.
  6. Buku catatan, ialah buku yang difungsikan untuk mencatat informasi atau hal-hal yang dibutuhkan dalam studinya.
  7. Buku bacaan, ialah buku yang memuat kumpulan bacaan, informasi, atau uraian yang sanggup memperluas pengetahuan siswa perihal bidang

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Buku Pendidikan"