Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Prestasi

Jejak Pendidikan- Pada dasarnya berguru yakni melaksanakan untuk merubah tingkah laris dan tindakan yang di alami oleh seseorang. Definisi prestasi yakni hasl yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya) (Kamus Umum Bahasa Indonesia, 1996:186).

Secara umum, prestasi merupakan hasil berguru yang diperoleh siswa dalam perjuangan belajar. Prestasi berguru juga diartikan sebagai kemampuan maksimal yang dicapai seseorang dalam suatu perjuangan yang menghasilkan pengetahuan atau nilai-nilai kecakapan.


Prestasi sanggup bersifat tetap dalam sejarah kehidupan insan alasannya yakni sepasang kehidupannya selalu mengejar prestasi berdasarkan bidang dan kemampuan masing-masing. Prestasi berguru sanggup menunjukkan kepuasan kepada orang yang bersangkutan, khususnya orang yang sedang menuntut ilmu di sekolah.





Prestasi mencakup segenap ranah kejiwaan yang berubah sebagai akhir dari pengalaman dan proses berguru siswa yang bersangkutan.

Prestasi yakni kemampuan aktual yang merupakan hasil interaksi antara aneka macam faktor yang mempengaruhi baik dari dalam maupun dari luar individu dalam berguru (Sardiman A.M, 2001:46). 

Prestasi merupakan hasil yang dicapai oleh seseorang setlah melaksanakan acara berguru dengan sebaik-baiknya (Oemar Hamalik, 2000:20). Prestasi merupakan perubahan tingkah laris ang diperlukan pada siswa sesudah dilakukan proses mengajar (Oemar Hamalik, 2004:48).

Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi berdasarkan Muhibin Syah dalam Sunariah (2007:144) yaitu:
1. Faktor internal siswa, meliputi:
  • Aspek fisiologis siswa, yaitu jasmani, mata, dan telinga.
  • Aspek psikologis siswa, yaitu intelegensi, sikap, minat, bakat, da motivasi.
2. Faktor eksternal siswa, meliputi:
  • Lingkungan social, yaitu keluarga, guru dan staf, masyarakat, dan teman.
  • Lingkungan nonsosial, yaitu rumah, sekolah, peralatan, dan alam.
3. Faktor pendekatan siswa dalam belajar, meliputi:
  • Pendekatan tinggi, yaitu pendekatan speculative dan pendekatan achieving.
  • Pendekatan sedang, yaitu pendekatan analytical dan pendekatan deep.
  • Pendekatan rendah, yaitu pendekatan reproductive dan pendekatan surface.

Posting Komentar untuk "Konsep Prestasi"