Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Mendidik, Mengajar Dan Belajar

Jejak Pendidikan- Terdapat perbedaan fundamental antara mendidik dan mengajar, beberapa orang mungkin terjebak antara definisi mendidik dengan mengajar. Padahal, terdapat perbedaan yang fundamental antara keduanya. Mengajar merupakan acara teknis keseharian seorang guru. Semua persiapan guru untuk mengajar bersifat teknis. Hasilnya juga sanggup diukur dengan instrumen perubahan sikap yang bersifat verbalistis.

Tidak seluruh pendidikan yaitu pembelajaran, sebaliknya tidak semua pembelajaran yaitu pendidikan. Perbedaan antara mendidik dan mengajar sangat tipis, secara sederhana sanggup dikatakan mengajar yang baik yaitu mendidik. Dengankata lain mendidik sanggup memakai proses mengajar sebagai sarana untuk mencapai hasil yang maksimal dalam mencapai tujuan pendidikan Mendidik lebih bersifat acara berkerangka jangka menengah atau jangka panjang. Hasil pendidikan tidak sanggup dilihat dalam waktu akrab atau secara instan. Pendidikan merupakan acara integratif olah pikir, olah rasa, dan olah karsa yang bersinergi dengan perkembangan tingkat pikiran sehat akseptor didik.

Mengajar yang diikuti oleh acara belajar-mengajar secara bersinergi sehingga materi yang disampaikan sanggup meningkatkanwawasan keilmuan, tumbuhnya keterampilan dan menghasilkan peru materi sikap mental/kepribadian, sesuai dengan nilai-nilai absolute dan nilai-nilai nisbi yang berlaku di lingkungan masyarakat dan bangsa bagi anak didik yaitu acara mendidik.

Mendidik bobotnya yaitu pembentukan sikap mental/kepribadian bagi anak didik , sedang mengajar bobotnya yaitu penguasaan pengetahuan, keterampilan dan keahlian tertentu yang berlangsung bagi semua insan pada semua usia. Contoh seorang guru matematika mengajarkan kepada anak pintar menghitung, tapi anak tersebut tidak penuh perhitungan dalam segala tindakannya, maka acara guru tersebut gres sebatas mengajar belum mendidik.

Posting Komentar untuk "Konsep Mendidik, Mengajar Dan Belajar"