Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Hasil Mencar Ilmu Sejarah

Jejak Pendidikan- Salah satu kiprah guru yaitu mengevaluasi taraf keberhasilan rencana dalam pelaksanaan berguru mengajar. Evaluasi tersebut dilakukan untuk memilih nilai berguru siswa melalui acara penilaian atau pengukuran hasil belajar. Dari hasil berguru diperoleh sanggup diketahui tingkat keberhasilan mengajar guru dan berguru penerima didik.

Menurut Sudirman (dalam Djamarah, 2000: 209) pengambilan keputusan perihal hasil berguru merupakan suatu keharusan bagi seorang guru biar sanggup mengetahui berhasil tidaknya anak didik dalam proses berguru mengajar.

sedangkan berdasarkan Ibrahim (1996: 86), untuk sanggup mengetahui tercapai tidaknya tujuan pengajaran serta kualitas proses berguru mengajar yang telah dilaksanakan perlu dilakukan suatu perjuangan penilaian atau penilaian terhadap hasil pembelajar siswa.


Hasil berguru diperoleh dari proses penilaian hasil berguru siswa. Rendahnya hasil berguru yang diperoleh siswa tidak semata-mata disebabkan oleh kemampuan siswa tersebut dalam berguru tetapi juga bisa disebabkan oleh kurang berhasilnya guru dalam mengajar. Dengan kata lain, melalui hasil berguru sanggup dilihat interaksi keterkaitan keberhasilan berguru antar siswa yang berguru dengan guru sebagai pengajar.

Dimyati (2002: 3) menyatakan: 
Hasil berguru merupakan hasil dari suatu interaksi tindak berguru dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tidak mengajar diakhiri dengan proses penilaian hasil belajar. Dari sisi siswa, hasil berguru merupakan berakhirnya penggal dan puncak proses belajar.

Untuk meraih hasil berguru yang optimal siswa melaksanakan suatu perjuangan pencapaian terhadap tujuan yang ingin dicapai. Usaha tersebut merupakan suatu perbuatan yang mengarah pada pembiasaan tugas-tugas berguru siswa. 

Menurut Ahmadi (1984: 35) hasil berguru yaitu hasil yang dicapai dari suatu usaha, dalam hal ini perjuangan berguru dalam perwujudan prestasi berguru siswa yang sanggup dilihat pada setiap kali mengikuti tes. 

Sedangkan Dimyati (2002:4) beropini bahwa, efek pengajaran yaitu hasil yang sanggup diukur, ibarat tertuang dalam angka rapor, angka dan ijazah atau kemampuan siswa untuk melanjutkan bahan atau pokok bahasan selanjutnya.

Berdasarkan pendapat diatas, maka sanggup diketahui bahwa hasil berguru Sejarah yaitu hasil yang telah diperoleh sesudah siswa menerima pengetahuan selama proses berguru mengajar pada mata pelajaran IPS Sejarah yang diwujudkan dalam bentuk nilai (angka) dan diperoleh sesudah mengikuti tes atau kuis melalui pengukuran (evaluasi) berguru Sejarah siswa.

Posting Komentar untuk "Konsep Hasil Mencar Ilmu Sejarah"