Karakteristik Pembelajaran Tematik
pembelajaran tematik mempunyai karakteristik-karakteristik juga sebagai berikut :
Berpusat kepada penerima didik
Pembelajaran tematik berpusat kepada penerima didik. Factor ini pas dgn pendekatan pembelajaran moderen yg lebih tidak sedikit menempatkan penerima didik sbg objek belajar, sedangkan guru lebih banyak berperan sbg fasilator ialah memperlihatkan kemudahan-kemudahan pada penerima didik utk melakukan aktivitas belajar.
Baca Juga (Pengertian Pembelajaran Tematik)
Memberikan pengalaman langsung
Pembelajaran temati bisa memperlihatkan pengalaman serta-merta pada penerima didik. Dgn pengalaman serentak ini, penerima didik dihadapkan kepada satu buah yg kasatmata ( konkrit ) yang merupakan basic utk mendalami hal-hal yg lebih abstrak.
Pemisahan pembelajaran tidak begitu jelas
Konsentrasi pembelajaran diarahkan terhadap pembahasan tema-tema yg paling bersahabat berkenaan dengan kehidupan penerima didik.
Baca Juga (kelebihan dan kekurangan)
Menyajikan gagasan bermacam macam mata pelajaran
pembelajaran tematik menyajikan konsep-konsep dari beraneka mata pelajaran. Dgn demikian penerima didik mampu mendalami konsep-konsep tersebut dengan cara utuh. Aspek ini digunakan utk menunjang penerima didik dalam memecahkan masalah-masalah yg dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Bersifat fleksibel
Pembelajaran tematik bersiat luwes (fleksibel) di mana guru mampu mengaitkan materi didik dari satu mata pelajaran bersama mata pelajaran yang lain, bahkan mengaitkan dgn kehidupan penerima didik & kondisi lingkungan di mana sekolah & penerima didik berada.
baca Juga (Kumpulan Pengertian)
Hasil membelajaran sesuai dgn ketertarikan & kepentingan penerima didik.
Peserta Didik dikasih peluang utk memaksimalkan potensi yg dimilikinya sempurna dgn minat & kebutuhannya.
Menggunakan prinsip berguru sambil main & menyenangkan.
Posting Komentar untuk "Karakteristik Pembelajaran Tematik"