Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Pembelajaran Tematik

pembelajaran tematik mempunyai karakteristik-karakteristik juga sebagai berikut : 

Berpusat kepada penerima didik 
Pembelajaran tematik berpusat kepada penerima didik. Factor ini pas dgn pendekatan pembelajaran moderen yg lebih tidak sedikit menempatkan penerima didik sbg objek belajar, sedangkan guru lebih banyak berperan sbg fasilator ialah memperlihatkan kemudahan-kemudahan pada penerima didik utk melakukan aktivitas belajar. 


Memberikan pengalaman langsung 
Pembelajaran temati bisa memperlihatkan pengalaman serta-merta pada penerima didik. Dgn pengalaman serentak ini, penerima didik dihadapkan kepada satu buah yg kasatmata ( konkrit ) yang merupakan basic utk mendalami hal-hal yg lebih abstrak. 

Pemisahan pembelajaran tidak begitu jelas 
Konsentrasi pembelajaran diarahkan terhadap pembahasan tema-tema yg paling bersahabat berkenaan dengan kehidupan penerima didik. 



Menyajikan gagasan bermacam macam mata pelajaran 
pembelajaran tematik menyajikan konsep-konsep dari beraneka mata pelajaran. Dgn demikian penerima didik mampu mendalami konsep-konsep tersebut dengan cara utuh. Aspek ini digunakan utk menunjang penerima didik dalam memecahkan masalah-masalah yg dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. 

Bersifat fleksibel 
Pembelajaran tematik bersiat luwes (fleksibel) di mana guru mampu mengaitkan materi didik dari satu mata pelajaran bersama mata pelajaran yang lain, bahkan mengaitkan dgn kehidupan penerima didik & kondisi lingkungan di mana sekolah & penerima didik berada. 


Hasil membelajaran sesuai dgn ketertarikan & kepentingan penerima didik. 
Peserta Didik dikasih peluang utk memaksimalkan potensi yg dimilikinya sempurna dgn minat & kebutuhannya. 

Menggunakan prinsip berguru sambil main & menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Karakteristik Pembelajaran Tematik"