Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Belajar

Jejak Pendidikan- Hasil berguru sering kali dipakai sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh seseorang menguasai materi yang sudah diajarkan. Untuk mengaktualisasikan hasil berguru tersebut diharapkan serangkaian pengukuran memakai alat penilaian yang baik dan memenuhi syarat. Pengukuran demikian dimungkinkan alasannya pengukuran merupakan kegiatan ilmiah yang sanggup diterapkan pada bebagai bidang termasuk pendidikan. 

Hasil Belajar sanggup dijelaskan dengan memahami dua kata yang membentuknya, yaitu “hasil” dan “belajar”. Pengertian hasil (product) menunjuk pada suatu perolehan jawaban dilakukannya suatu acara atau proses yang menjadikan berubahnya input secara fungsional. 

Hasil produksi ialah perolehan yang didapat alasannya adanya kegiatan mengubah materi (raw material) menjadi barang jadi (finished goods). Hal yang sama berlaku untuk memperlihatkan batasan bagi istilah hasil panen, hasil penjualan, hasil pembangunan, termasuk hasil belajar. Dalam siklus input-proses-hasil, hasil sanggup dengan terang dibedakan dengan input jawaban perubahan oleh proses. Begitu pula dalam kegiatan belajar-mengajar, sesudah mengalami belajar, siswa berubah prilakunya dibanding sebelumnya.


Rujukan: 
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Pustaka Pelajar: Yogyakarta, 2009).

Posting Komentar untuk "Hasil Belajar"