Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Pendidikan Agama Islam

-FUNGSI Pendidikan Agama Islam

Pendidikan agama Islam di sekolah berfungsi:
  1.    Pengembangan, ialah meningkatkan keimanan dan ketakwaan penerima didik kepada Allah Swt. yang telah ditanamkan dalam lingkungan keluarga.[1]
  2.  Penyaluran, ialah untuk menyalurkan penerima didik yang mempunyai talenta khusus dibidang agama semoga talenta tersebut sanggup berkembang secara optimal sehingga sanggup bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
  3.  Perbaikan, ialah untuk memperbaiki kesalahankesalahan, kekurangan-kekurangan, dan kelemahan-kelemahan penerima didik dalam keyakinan, pemahaman, dan pengamalan pedoman Islam dalam kehidupan seharihari.
  4. Pencegahan, ialah menangkal hal-hal negatif dari lingkungannya atau dari budaya lain yang sanggup membahayakan dirinya dan menghambat perkembangannya menuju insan Indonesia seutuhnya.
  5. Penyesuaian, ialah untuk beradaptasi dengan lingkungannya, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial dan sanggup mengubah lingkungannya sesuai dengan pedoman Islam.
  6. Sumber lain, ialah memperlihatkan pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.[2]
 [1] Abdul Majid, dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), h. 132-133.
[2] Ramayulis, Metodologi Pendidikan..., h. 21-22

Posting Komentar untuk "Fungsi Pendidikan Agama Islam"