Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Konselor

Jejak Pendidikankonselor (Guru BK) yaitu seorang tenaga profesional yang memperoleh pendidikan khusus di sekolah tinggi tinggi dan mencurahkan seluruh waktunya pada pelayanan bimbingan.

Konselor sekolah termasuk salah satu anggota staf sekolah yang bekerja secara profesional dengan administrator, guru dan personil penunjang lainnya serta orang renta untuk memungkinkan perkembangan siswa secara total.

Konselor sekolah merupakan spesialis, dalam arti menguasai sejumlah pengetahuan dan ketrampilan khusus untuk menyelenggarakan teknik-teknik pelayanan individual dan kelompok. Termasuk acara konselor dalam pengumpulan dan penafsiran data dan isu wacana siswa dan lingkungannya untuk selanjutnya dipakai bersama siswa, guru, administrator, dan orang renta demi kepentingan siswa itu sendiri.

Dengan demikian guru bimbingan dan konseling memiliki peran sangat penting dalam menangani siswa yang bermasalah dan memberikan motivasi, mendampingi, dan menjadi daerah bagi siswa dalam memecahkan  di sekolah yang bersifat pribadi, keluarga, dan lain sebagainya yang berdampak pada kendala proses berguru siswa.


Sumber:
W.S. Winkel ,” Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan”, (Yogyakarta: Media Abadi), 2006,

Posting Komentar untuk "Pengertian Konselor"