Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Dalam Pendidikan Adat

Jejak Pendidikan- Metode berasal dari Bahasa Yunani methodos yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka, metode menyangkut kasus cara kerja untuk sanggup memahami objek yang menjadi target ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan, atau bagaimana cara melaksanakan atau membuat sesuatu.

Proses terbentuknya akhlak. Pembentukan budpekerti itu berlangsung secara berangsur-angsur dan bukan hal yang sekali jadi, melainkan sesuatu yang berkembang oleh lantaran itu pembentukan budpekerti ialah suatu proses yang akan menghasilkan suatu hasil yang baik jika perkembangan itu sanggup berlangsung dengan baik demikian juga sebaliknya. Bukan kasus gampang menumbuhkan budpekerti yang mulia. Hal tersebut sanggup dilakukan dengan aneka macam metode, diantaranya yaitu:

a. Metode teladan
Pembentukan sikap dengan teladan berarti membentuknya dengan cara mendidik dengan memberi contoh. Baik berupa perbuatan, maupun dalam berfikir. Keteladanan dalam pendidikan merupakan bab dari sejumlah metode yang efektif dalam mempersiapkan dan membentuk anak didik secara spiritual, moral dan sosial, lantaran seorang pendidik merupakan rujukan ideal dalam pandangan anak.

b. Metode ceramah
Yaitu penerangan dan penuturan secara ekspresi oleh guru terhadap anak didik di kelas. Dengan kata lain sanggup pula dikatakan bahwa metode ceramah tersebut ialah suatu cara penyajian isu melalui penerangan dan pengarahan secara ekspresi oleh guru terhadap akseptor didik. Makan akan memberi motivasi dan dorongan untuk berbuat kebaikan.

c. Metode pembiasaanMetode adaptasi dilakukan secara bertahap. Dalam hal ini termasuk mengubah kebiasaan-kebiasaan negatif menjadi kebiasaan atau sikap positif. Dalam upaya membuat kebiasaan yang baik / faktual ini sanggup dilakukan dengan dua cara, antara lain ditempuh dengan proses bimbingan dan latihan serta dengan cara mengkaji aturan-aturan Tuhan yang terdapat di alam raya yang bentuknya amat teratur. Pembiasaan yang baik sangat penting bagi pembentukan tabiat anak atau akseptor didik dan juga akan terus besar lengan berkuasa pada anak itu hingga hari tuanya. Menanamkan adaptasi pada bawah umur terkadang sukar dan memakan waktu lama. Akan tetapi segala sesuatu yang telah menjadi kebiasaan akan sukar pula diubah. Maka dari itu, lebih baik menjaga bawah umur atau akseptor didik semoga mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang baik daripada terlanjur mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik.

Sumber:
  1. Ashadi Falih , B A & Cahyo Yusuf, Akhlak Membentuk Pribadi Muslim, (Semarang: Aneka Ilmu, 1973).
  2. Toshihiko Izutsu, Etika Beragama dalam Qur’an. Terj. Ethico Religious Concept in the Qur’an, (Jakarta:Pustaka Firdaus, 1993).

Posting Komentar untuk "Metode Dalam Pendidikan Adat"