Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps)

Jejak Pendidikan- Berdasarkan pengertian model pembelajaran kooperatif tipe TPS sebelumnya, lebih terperinci akan dipaparkan bagaimana mekanisme atau langkah-langkah dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Menurut Muslimin (2009) langkah-langkahThink Pair Share ada tiga, yaitu: Thinking (berpikir), siswa diberi pertanyaan dan harus memikirkan tanggapan secara individu.Pairing (berpasangan), siswa dengan sobat sebangku mendiskusikanyang telah dipikirkan pada tahap thinking, dan Sharing (berbagi), siswa berpasangan membuatkan hasil diskusi kepada seluruh kelas.

Pelaksanaan pembelajaran memakai model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada penelitian ini memakai langkah-langkah menyerupai tersebut di atas dengan pembiasaan pada siswa kelas V B yang menjadi kelas penelitian. Berikut langkah-langkahnya yaitu:

  1. Think, guru membimbing siswa ketika mencari masukan tanggapan atau pendapat yang bersumber dari buku yang relevan secara individu atas pertanyaan yang diberikan kepada siswa.
  2. Pair, mengembangkan kegiatan berpikir siswa dalam berdiskusi tanggapan satu sama lain dengan sobat sebangku, dan mengupayakan siswa aktif dalam diskusi dengan sobat sebangku di belakang/ di depannya atau dalam kelompok (kelompok terbentuk).
  3. Share, membimbing aktivitas penyajian hasil diskusi masing-masing kelompok yang ditanggapi oleh kelompok lain.

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps)"