Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Think Talk Write

Jejak Pendidikan- Pada metode pembelajaran think talk write ini mempunyai langkah-langkah yaitu:

  1. Guru membagikan Lomba Kompetensi Siswa yang memuat soal yang harus dikerjakan oleh siswa serta petunjuk pelaksanaannya.
  2. Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (3-5 siswa).
  3. Siswa berinteraksi dan berkolaborasi dengan sobat satu grup untuk membahas isi catatan (think) dan hasil catatan tersebut dikomunikasikan (talk).
  4. Dari hasil diskusi, akseptor didik secara individu merumuskan pengetahuan berupa tanggapan atas soal dalam bentuk goresan pena (write).
  5. Kegiatan simpulan pembelajaran yaitu menciptakan refleksi dan kesimpulan atas bahan yang dipelajari. Sebelum itu, dipilih beberapa siswa atau perwakilan kelompok untuk menyajikan jawabannya.

Menurut Silver dan Smith, peranan dan kiprah guru dalam mengefektifkan penggunaan metode think talk write (TTW). Pertama, mengajukan pertanyaan dan kiprah yang mendatangkan keterlibatan dan menantang setiap siswa untuk berfikir. Kedua, mendengarkan secara hati-hati inspirasi siswa. Ketiga, menyuruh siswa mengemukakan inspirasi secara verbal dan tulisan. Keempat, tetapkan apa yang digali dan dibawa siswa dalam diskusi. Kelima, tetapkan kapan memberi informasi, mengklarifikasi persoalanpersoalan, memakai model, membimbing dan membiarkan siswa berjuang dengan kesulitan. Keenam, memonitoring dan menilai partisipasi siswa dalam diskusi dan tetapkan kapan dan bagaimana mendorong setiap siswa untuk berpartisipasi

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Think Talk Write"