Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Dan Manfaat Metode Croosword Puzzle

Jejak Pendidikan- Setiap proses pembelajaran yang dicetuskan maka tujuannya ialah untuk meningkatkan kwalitas siswa maka metode ini mempunyai Kelebihan sebagai berikut:
  1. Untuk mengukur tingkat kemampuan siswa
  2. Melibatkan partisipasi siswa secara langsung
  3. Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan
Hal ini dikarenakan banyaknya nama asmaul husna sehingga peneliti sanggup mengetahui perihal tingkat kemampuan siswa apakah siswa sudah bisa memahami semua materi hingga 99 nama asmaul husna. Juga menciptakan siswa menjadi lebih aktif dan mengarah siswa untuk memikirkan tanggapan yang akan diisi dalam kotak yang telah peneliti sediakan. Serta bagi siswa akan merasa bahagia dan menciptakan ingin tau dan membangkitkan minat siswa untuk berguru disaat peneliti memberi soal pernyataan yang masih kurang dipahami siswa khususnya dalam materi asmaul husna.

Dengan demikian guru akan mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman dan pengetahuan siswa perihal materi yang telah di sampaikan. Hal ini menjadi materi penilaian bagi guru apakah tujuan pembelajaran telah tercapai atau belum.

Selanjutnya manfaat yang diperoleh dari metode croosword puzzle adalah:

a. Dapat Mengasah Daya Ingat
Ketika teka-teki disodorkan, anak akan menyisir semua pengalaman- pengalamannya hingga waktu itu. Selanjutnya ia akan memilah-milih semua pengalamannya itu sekiranya cocok (sesuai) untuk menjawab teka-teki yang ada. Dengan demikian, manfaat teka-teki sebagai pengasah daya ingat telah didapatkan oleh seorang anak. Misalnya Ar-Rahman artinya maha pengasih, hasil dari pembelajaran menghasilkan untuk siswa bahwa Allah yang mempunyai sifat yang maha pengasih maka setiap hamba niscaya mendapat rahmat daari Allah. Sehingga menghasilkan siswa yang lebih kental agama terutama dalam bidang aqidah.

b. Belajar Klasifikasi

Hanya jenis teka-teki yang meminta tanggapan terkait golongan yang diminta, semisal buah-buahan, binatang, alat transportasi, nama-nama seseorang, nama-nama benda dan sebagainya. Ketika anak disodori teka-teki tersebut, maka seorang anak juga mendapat kesempatan untuk beradu pengetahuan dengan lawan mainnya.

Materi asmaul husna sangat cocok untuk diterapkan metode ini, hal ini dikarenakan sangat banyak nama-nama Allah yang harus dipahami dan dimengertikan oleh siswa, maka oleh alasannya ialah demikian ketepatan metode sangat menentukan keberhasilan siswa. Maka menurut ciri-ciri kecocokan yang dijelaskan diatas, metode crossword puzlle sangat sempurna untuk diterapkan dalam materi asmaul husna yang menghasilkan tingkat keberhasilan siswa lebih tinggi.

c. Mengembangkan Kemampuan Analisa
Hampir semua jenis teka-teki memilikinya. Ketika sebuah pertanyaan disodorkan, seorang anak akan mengulas kembali seluruh pengalamannya dan menganalisis pengalaman-pengalaman itu. Mana yang cocok untuk menjawab dan mana yang cocok untuk beragumentasi terhadap tanggapan yang dipilihnya.

Sehingga menciptakan siswa kembali mengingat semua pengetahuannya, hal ini dikarenakan semoga siswa sanggup menjawab dan mengisi teka-teki dengan nama asmaul husna yang tepat, didukung dengan telah adanya kitak yang harus di isi sehingga tanggapan yang di jawab oleh siswa condong mendekati pada kebenaran.

d. Menghibur
Ketika anak sedang diberi teka-teki untuk dijawab, secara tidak eksklusif ia akan melupakan ingatan-ingatan tertentu. Jika anak sedang cemas misalnya, kecemasan itu akan terganti dengan kesibukannya dalam mencari tanggapan dari teka-teki yang ada.

Keseriusan dan fokus serta ketelitian sangat diutamakan dalam menjawab soal yang disodorkan, sehingga siswa lebih teliti dan untuk menjawanya mereka mereview semua asmaul husna, hal ini dilakukan semoga tanggapan yang diisi oleh siswa menjadi lebih sempurna dan benar.

e. Merangsang Kreativitas
Secara tidak eksklusif anak juga akan dibantu teka-teki untuk menyalurkan potensi-potensi kreatifitas yang dimilikinya. Di dalam mempertahankan tanggapan misalnya, anak akan berguru beragumentasi, menentukan bahasa yang gampang dipahami orang lain dan mencari cara-cara alternatif untuk menjawab. Tidak jarang ketika mencari tanggapan soal, seorang anak akan menemukan pertanyaan-pertanyaan gres yang belum tentu didapatkan sebelumnya.

Membuat siswa lebih kaya pemahaman perihal asmaul husna dan pada kebiasaannya siswa eksklusif mengaplikasikannya terutama pada mitra sekelasnya akan di sodorkan pernyataan yang gres khususnya pada materi asmaul husna.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Dan Manfaat Metode Croosword Puzzle"