Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Layanan Bimbingan Konseling

Jejak Pendidikan- Ada beberapa jenis-jenis layanan bimbingan konseling diantaranya yaitu:

  1. Orientasi, adalah layanan yang membantu akseptor didik memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah/madrasah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk beradaptasi serta mempermudah dan memperlancar tugas akseptor didik dilingkungan yang baru.
  2. Informasi, adalah layanan yang membantu akseptor didik mendapatkan dan memahami banyak sekali warta diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan pendidikan lanjutan.
  3. Penempatan dan Penyaluran, adalah layanan yang membantu akseptor didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang sempurna di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, jadwal latihan, magang, dan acara ekstra kurikuler.
  4. Penguasaan Konten, adalah layanan yang membantu akseptor didik menguasai konten tertentu, terumata kompetensi dan atau kebiasaan yang berkhasiat dalam kehidupan disekolah, keluarga, dan masyarakat.
  5. Bimbingan dan Konseling Perorangan, yaitu layanan yang membantu akseptor didik dalam mengentaskan duduk masalah pribadinya.
  6. Bimbingan Kelompok, adalah layanan yang membantu akseptor didik dalampengembangan pribadi, kemampuan relasi sosial, acara belajar, karir/jabatan, dan pengambilan keputusan, serta melaksanakan acara tertentu melalui dinamika kelompok.
  7. Bimbingan dan Konseling Kelompok, adalah layanan yang membantu akseptor didik dalam pembahasan dan pengentasan duduk masalah eksklusif melalui dinamika kelompok.
  8. Konsultasi, adalah layanan yang membantu akseptor didik dan atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau duduk masalah akseptor didik.
  9. Mediasi, yaitu layanan yang membantu akseptor didik menuntaskan permasalahan dan memperbaiki relasi antar mereka

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Layanan Bimbingan Konseling"