Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aspek-Aspek Dalam Self Control

Jejak Pendidikan- Berdasarkan konsep Averill terdapat tiga aspek dalam kemampuan mengontrol diri, yaitu;

1) Behavior Control (Mengontrol perilaku).
Merupakan suatu tindakan pribadi terhadap lingkungan. Aspek ini terdiri dari 2 komponen, yaitu: mengatur pelaksanaan (regulated administration), dan memodifikasi stimulus (stimulus modifiability). Kemampuan mengatur pelaksaan merupakan kemampuan individu untuk menentukan siapa yang akan mengendalikan situasi atau keadaan dirinya sendiri atau sesuatu diluar dirinya. Individu yang memiliki kemampuan mengontrol diri dengan baik akan bisa perilakunya sendiri, dan kalau individu tersebut tidak mampu, maka akan memakai sumber eksternal dari luar dirinya. Kemampuan mengatur stimulus yaitu kemampuan untuk mengetahui bagaimana dan kapan suatu stimulus yang tidak dikehendaki datang.

2) Cognitive Control (Mengontrol Kognisi).
Merupakan kemampuan individu untuk mengolah isu yang tidak diinginkan dengan cara menginterpretasikan, menilai, atau menggabungkan suatu kejadian dalam suatu kerangka kognitif sebagai penyesuaian psikologi untuk mengurangi tekanan. Aspek ini terdiri dari 2 komponen, yaitu: memperoleh informasi ( information gain) dan melaksanakan evaluasi (apparsial). Informasi yang dimiliki individu atas suatu kejadian yang tidak menyenangkan sanggup diantisipasi dengan banyak sekali pertimbangan, serta individu akan melaksanakan evaluasi dan berusaha untuk menafsirkannya melalui segi-segi faktual secara subjektif.

3) Decisional Control (Mengontrol Keputusan).
Kemampuan untuk menentukan hasil yang diyakini individu, dalam menentukan pilihan akan berfungsi baik dengan adanya suatu kesempatan, kebebasan, atau kemungkinan pada diri individu untuk menentukan kemungkinan tindakan. Aspek ini terdiri dari 2 komponen juga, yaitu: mengantisipasi insiden dan menafsirkan peristiwa, dimana individu sanggup menahan dirinya. Kemampuan mengontrol diri tergantung dari ketiga aspek di atas, kontrol diri ditentukan oleh seberapa jauh aspek itu mendominasi atau terdapat kombinasi dari beberapa aspek dalam mengontrol diri.


Sumber:
Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawita S., “Teori-Teori Psikolog”, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media),
2014,

Posting Komentar untuk "Aspek-Aspek Dalam Self Control"